3 Keutamaan dan Manfaat Membaca Surat Ar-Rahman

Sabtu, 11 Juni 2022 - 15:32 WIB
loading...
3 Keutamaan dan Manfaat Membaca Surat Ar-Rahman
Siapa yang istiqamah membaca Surat Ar-Rahman maka Allah akan meridhai nikmat yang dikaruniakan kepadanya. Foto/Ist
A A A
Sebagian muslim mungkin belum mengetahui keutamaan dan manfaat membaca Surat Ar-Rahman. Dalam Al-Qur'an, Ar Rahman merupakan surat ke-55 terdiri dari 78 ayat.

Salah satu ciri khas surat ini adalah kalimat 'Fa biayyi alaa irobbikuma tukadzziban' yang diulang sebanyak 31 kali. Ayat tersebut bermakna "Maka nikmat Tuhan mana lagi yang kamu dustakan?".

Sama halnya dengan surat lainnya di Al-Qur'an, Surat Ar-Rahman juga memiliki keutamaan dan manfaatnya sendiri. Berikut tiga keutamaan Surat Ar-Rahman.

1. Meningkatkan Rasa Syukur kepada Allah
Sederhana tetapi sulit dilakukan, itulah rasa syukur. Sebagai makhluk ciptaan Allah, terkadang manusia lalai akan posisinya dan kerap menyalahkan Allah atas apa yang terjadi kepadanya.

Padahal sudah cukup jelas dalam Surat Ar-Rahman dikatakan "Nikmat Mana Lagi yang Kamu Dustakan?". Sebagai seorang muslim yang beriman, harusnya kita malu apabila terlalu sering mengeluh kepada Allah.

Manusia selalu beranggapan bahwa hidupnya selalu diliputi kesedihan dan kejelekan. Faktanya, dia tidak menyadari bahwa setiap detik kita bisa menghirup oksigen secara gratis, kita diberikan kesehatan untuk mencari rezeki, dan masih banyak lagi.

2. Mendapat Kemuliaan Mati Syahid
Seorang muslim yang memiliki kebiasaan membaca Surat Ar-Rahman, apabila meninggal, dia sama dengan mati syahid. Dalam Hadits yang diriwayatkan Imam Ja'far, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah bersabda:

"Barangsiapa membaca Ar-Rahman dan ketika membaca 'Fabiayyi alaa iRobbikuma tukadziban’ dan dia berucap "tidak ada satupun nikmatMu yang aku dustakan", maka jika dalam membacanya di malam hari kemudian dia meninggal, maka dia adalah mati syahid, jika membacanya di siang hari, kemudian ia mati, maka matinya seperti mati syahid."

3. Pengingat Bahwa Ada Makhluk Ciptaan Allah Selain Manusia
Dalam Surat Ar Rahman disebut pula bangsa jin selain manusia. Ddalam salah satu hadits disebutkan. Jabir berkata: "Nabi Muhammad shalallahu 'alaihi wassalam menemui para sahabatnya, lalu beliau membacakan mereka Surat Ar-Rahman dari awal hingga akhir, dan mereka semua terdiam. Beliau berkata: 'Aku telah membacakannya kepada jin pada malam berkumpulnya mereka, dan mereka meresponnya dengan jawaban lebih baik dari kalian semua. Saat aku sampai pada ayat 'Fabiayyi alaa irobbikuma tukadziban', mereka berkata kami tidak mendustakan apapun dari kenikmatan yang Engkau berikan, bagiMu segala puji." (HR at-Tirmidzi)

Dalam tafsir Ats-Tsaqolayn, Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: "Barangsiapa membaca surat Ar-Rahman, Allah akan menyayangi kelemahannya dan meridhai nikmat yang dikaruniakan kepadanya."

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2107 seconds (0.1#10.140)