30 Menit Jelang Geser ke Mekkah, Jamaah Haji Indonesia Tuntaskan Arbain di Nabawi

Minggu, 12 Juni 2022 - 23:19 WIB
loading...
30 Menit Jelang Geser ke Mekkah, Jamaah Haji Indonesia Tuntaskan Arbain di Nabawi
Dengan mengenakan pakaian ihram, jamaah haji asal kloter 1 Embarkasi JKG dan SOC bersiap ke Masjid Nabawi untuk menjalankan salat asar terakhir di Madinah. Foto: SINDOnews/Abdul Hakim
A A A
MADINAH - Keberangkatan jamaah haji asal kloter 1 Embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG) dan Solo (SOC) dari Madinah ke Mekkah , Minggu (12/6/2022) sore mendapat perhatian ketat dari petugas. Ini terjadi lantaran waktu keberangkatan jamaah sangat mepet.

Dari jadwal yang disusun Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, jamaah harus bertolak ke Mekkah pukul 16.00. Namun, sebelum berangkat, jamaah terlebih dahulu menuntaskan salat arbain terakhir, yakni salat asar. Waktu salat asar di Madinah dimulai pukul 15.40.



Mepetnya waktu ini pemberangkatan ini jauh-jauh hari telah diantisipasi oleh PPIH bersama jamaah. Disepakati, jamaah akan menjalani salat asar terlebih dahulu.

Namun agar waktu efektif, ketika berangkat ke Nabawi, jamaah sudah memakai kain ihram. Selain itu, tas tentengan dan koper jamaah sudah harus dimasukkan seluruhnya di bus. Hal ini bertujuan agar ketika jamaah rampung salat asar bisa bergegas naik bus tanpa harus masuk kamar hotel lagi.

Baca Juga: Kisah Haji Tukang Sol Sepatu, Seluruh Haji Diterima Allah Berkat Amalannya

Dari pantauan di Hotel Tabah Tower, tempat para jamaah menginap, belasan bus yang akan membawa jamaah menuju Mekkah telah siap sejak sekitar pukul 14.00.

Sejumlah jamaah bergiliran turun hotel untuk memasukkan tas dan kemudian menuju masjid. Para petugas dari sektor 1 Daker Madinah dan bagian transportasi juga sejak siang berada di lokasi. Mereka mengarahkan jamaah terkait nomor bus yang harus ditumpangi.



Jazuli, salah satu jamaah dari kloter 1 JKG mengatakan, dirinya telah mempersiapkan menuju Kota Suci Mekkah dengan sebaik-baiknya.

Selain terus menjaga kesehatan tubuh, Jazuli mengaku juga rajin menjalankan arahan dari pembimbing atau petugas.
"Alhamdulillah ini yang terakhir, tinggal salat asar saja terus berangkat," ujar jamaah asal Jagakarsa, Jakarta Selatan ini.

Slamet, jamaah lainnya juga mengaku senang akhirnya bisa menuntaskan salat 40 waktu di Masjid Nabawi. "Selama sembilan hari tidak ada rintangan berarti. Semuanya bisa lancar dan baik," terangnya.

Menurut keterangan Kepala Daker Madinah Amin Handoyo, pada hari pertama pergeseran ada 753 jamaah yang diberangkatkan ke Mekkah.

Sebelum sampai Mekkah, jamaah akan lebih dahulu berniat umrah di Bir Ali. Setiap harinya, nanti akan ada lima hingga enam kloter yang bergeser ke Mekkah untuk memulai prosesi haji.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2193 seconds (0.1#10.140)