6 Keutamaan Puasa Arafah, Nomor 1 Menghapuskan Dosa 2 Tahun

Senin, 04 Juli 2022 - 07:43 WIB
loading...
A A A
6. Disunnahkan bertakbir ba'da shalat Subuh pada hari Arafah (9 Dzulhijjah) hingga hari tasyrik yang terakhir (13 Dzulhijjah, pada waktu Ashar). Ucapan takbirnya adalah: Allahu Akbar, Allahu Akbar, Laa Ilaha Illalah Wallahu Akbar, Allahu Akbar, Wa Lillahil Hamd.

Imam Ahmad rahimahullah pernah ditanya, “Hadis apa yang mendukung amalan takbir dari shalat Subuh pada hari Arafah hingga hari tasyrik yang terakhir?” Jawab beliau, “Dalilnya adalah ijma' (kata sepakat para ulama), didukung dengan pendapat ‘Umar, ‘Ali, Ibnu ‘Abbas, Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu. (Lihat Al-Mughni, Al-Majmu’ Imam Nawawi, Irwa’ Al-Ghalil)

Dari ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata, “

“Kami pagi-pagi bersama Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dari Mina menuju Arafah, di antara kami ada yang bertalbiyah dan di antara kami ada yang bertakbir.” (HR. Muslim)

Sementara Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah mengatakan,

“Pendapat yang paling tepat dalam waktu bertakbir yang dipegang oleh jumhur shalaf dan fuqaha dari kalangan sahabat dan ulama madzhab, adalah dari waktu fajar pada hari Arafah hingga hari tasyrik terakhir setiap ba'da shalat.” (Majmu’ah Al-Fatawa)



Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1695 seconds (0.1#10.140)