Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah Berikut Fadhilahnya

Kamis, 07 Juli 2022 - 22:31 WIB
loading...
Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah Berikut Fadhilahnya
Bagi yang ingin melaksanakan Puasa Tarwiyah besok Jumat (8 Juli 2022), dianjurkan berniat pada malam ini. Foto/Ist
A A A
Bagi umat muslim yang melaksanakan Puasa Tarwiyah besok, Jumat (8 Juli 2022), dianjurkan berniat pada malam ini. Berikut bacaan niat puasa Tarwiyah dan Arafah.

Untuk diketahui, jadwal puasa sunnah Tarwiyah besok hari merujuk kepada waktu yang telah ditetapkan Pemerintah lewat Sidang Isbat Kementerian Agama. Bagi yang mengikuti Hisab Muhammadiyah atau ketetapan Saudi, maka malam ini dianjurkan berniat Puasa Arafah.

Perbedaan waktu ini tidak perlu kita persoalkan karena adanya perbedaan ijtihad para pakar astronomi dan ru'yah. Yang penting niat menunaikan ibadah puasa ikhlas karena Allah Ta'ala dan dalam rangka menghidupkan bulan Dzulhijjah serta mengikuti sunnah Nabi.

Fadhilah Puasa Tarwiyah dan Arafah
Puasa Arafah merupakan amalan yang tidak pernah ditinggalkan oleh Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam. Ini menunjukkan keutamaannya yang luar biasa.

أَرْبَعٌ لَمْ يَكُنْ يَدَعُهُنَّ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صِيَامَ عَاشُورَاءَ وَالْعَشْرَ وَثَلَاثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْغَدَاةِ

Artinya: "Ada empat perkara yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah yaitu puasa Asyura, puasa Arafah, puasa tiga hari setiap bulan dan shalat dua rakaat sebelum Subuh." (HR An-Nasa'i dan Ahmad)

Dari Abu Qotadah, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

Artinya: "Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyura (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu." (HR Muslim)

Dalam riwayat lain, Nabi bersabda: "Puasa di hari Tarwiyah (8 Dzulhijjah) akan mengampuni dosa setahun yang lalu. Sedangkan puasa hari Arafah (9 Dzulhijah) akan mengampuni dosa dua tahun." (HR at-Tirmidzi)

Bacaan Niat

1. Puasa Tarwiyah (8 Dzulhijjah)
نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ يَوْمِ التَّرْوِيَةِ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin 'an adaai sunnati yaumit Tarwiyah lillaahi ta'aalaa.
Artinya: "Aku niat puasa sunnah Tarwiyah besok hari karena Allah."

2. Puasa Arafah (9 Dzulhijjah)
نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ يَوْمِ عَرَفَةَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin 'an adaa i sunnati Arofah lillaahi ta'aalaa.
Artinya: "Aku niat puasa sunnah Arafah besok hari karena Allah."

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2364 seconds (0.1#10.140)