Muslimah, Ini Pentingnya Menyempurnakan Wudhu

loading...
Muslimah, Ini Pentingnya Menyempurnakan Wudhu
Banyak di antara kaum perempuan yang berwudhu dengan cepat, dan tergesa-gesa, sehingga mereka kurang memerhatikan wudhunya dengan sempurna. Foto ilustrasi/ist
Menyempurnakan wudhu sebelum mengerjakan salat wajib hukumnya. Karena wudhu sangat mempengaruhi salat kita. Secara syari’at wudhu ialah menggunakan air yang suci untuk mencuci anggota-anggota tertentu yang sudah diterangkan dan di-syari’atkan Allah Subhanahu wa ta’ala.

Allah menjalskan dalam firman-Nya :

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak melakukan salat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan, kedua mata kaki.......” (Q.S Al-Maidah : 6)

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pun bersabda: “Allah tidak akan menerima salat seseorang sebelum ia berwudhu’” (HR. Bukhari, Muslim dan Imam lainnya).

(Baca juga : Ketika Ada Dusta Di Antara Pasutri, Bagaimana Hukumnya? )

Juga sabda Rasulullah :

“Barangsiapa menyempurnakan wudhu’nya, kemudian dia pergi mengerjakan salat wajib bersama orang-orang dengan berjamaah atau di masjid (berjamaah), niscaya Allah mengampuni dosa-dosanya” (HR. Muslim).

Muslimah, itulah pentingnya menyempurnakan wudhu kita. Namun sayangnya, soal wudhu ini masih banyak diremehkan dan sering kurang diperhatikan oleh sebagian kaum perempuan . Dinukil dari, “Mukhalafaat Nisaiyyah”, 100 Mukhalafah Taqa’u fiha al-Katsir Minan Nisa-i bi Adillatiha Asy-Syar’iyyah”, karya Abdul Lathif bin Hajis al-Ghamidi, dijelaskan, banyak di antara mereka (kaum perempuan ini) berwudhu dengan cepat, tidak bersungguh-sungguh dalam membasuhnya dan tidak pula memperhatikannya.

(Baca juga : Malaikat Berebut Membaca Zikir Pendek Ini )

Mereka hanya sekadar membasahi anggota tubuhnya dengan air tanpa digosok atau disempurnakan basuhannya. Sehingga ada sebagian anggota tubuhnya yang tidak terbasahi air, terutama bagian dalam telapak kaki dan kedua mata kakinya.
halaman ke-1
cover top ayah
سَنَدۡعُ الزَّبَانِيَةَ
Kelak Kami akan memanggil Malaikat Zabaniyah, (penyiksa orang-orang yang berdosa),

(QS. Al-'Alaq:18)
cover bottom ayah
preload video