Tiga Perkara yang Dapat Mengangkat Derajat

Minggu, 28 Juni 2020 - 10:04 WIB
loading...
Tiga Perkara yang Dapat Mengangkat Derajat
Bersungguh-sungguh dalam menjalankan perintah Allah SWT dan meninggalkan larangan-nya, akan menghapus dosa dan mengangkat derajat hambaNya. Foto ilustrasi
A A A
Wanita dan laki-laki punya kesempatan yang sama untuk masuk surga dan mendapatkan ridha Allah Ta'ala. Hal itu sudah dijamin dan ditetapkan Allah. Bahkan, bukan tidak mungkin wanita dapat dengan mudah masuk surga jika melakukan amal kebaikan dan menjauhi syirik.

Hendaknya wanita juga menjauhi sifat ciri wanita yang sulit masuk surga. RasulullahSAW bersabda yang artinya : ” Apabila seorang wanita ( istri ) itu telah melakukan salat lima waktu, puasa bulan Ramadhan, menjaga harga dirinya dan menaati perintah suaminya, maka ia diundang di akhirat supaya masuk surga berdasarkan pintunya mana yang ia suka ( sesuai pilihannya ) . “( HR. Ahmad , Ibnu Hibban dan Thabrani )

Hakikatnya, amalan dasar yang memudahkan muslimah masuk surga adalah salat. Harus menjaga salat 5 Waktu. (Baca juga : Jika Bercadar Hanya Dianggap Sebagai Fashion )

Allah berfirman : ”Maka dirikankanlah salat itu ( sebagaimana biasa ) sesungguhnya shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang – orang yang beriman.” (Surah An – Nisa ayat 103 ). sebab itu wanita harus salat wajib sepanjang hari.

Diriwayatkan dari Jabir radhiyallahu'anhu. berkata, RasulullahSAW bersabda : ”Perumpamaan salat lima waktu adalah seperti seseorang yang mandi di sebuah sungai yang dalam yang mengalir di depan rumahnya sebanyak lima kali sehari. ”(HR. Muslim).

Selain itu, ada juga amalan yang perlu diketahui para muslimah , yakni amalan yang bisa menghapus kesalahan dan meningkatkan derajat muslimah.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu, berkata: "Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

_*"Sukakah engkau semua saya tunjukkan pada sesuatu amalan yang dengannya itu Allah akan menghapuskan segala macam kesalahan serta mengangkat pula dengannya tadi sampai beberapa darajat?" Para sahabat menjawab; "Baik, ya Rasulullah." Beliau bersabda:*_

_*"Yaitu menyempurnakan wudhu' sekalipun banyak menghadapi kesulitan, melangkahkan kaki untuk pergi ke masjid, serta menantikan salat setelah selesai salat yang satunya. Yang sedemikian itulah yang dinamakan ribat (perjuangan)." (HR. Muslim)*_

Pelajaran yang terdapat di dalam Hadis:

1. Menyempurnakan wudhu' sekalipun menghadapi kesulitan, misalnya di saat cuaca dingin sekali, sehingga airnya pun menjadi sangat dingin.

2. Dalam Hadis di atas dijelaskan bahwa senantiasa berthaharah yakni tetap suci dari hadats besar dan kecil, juga salat dan segala sesuatu yang dilakukan ditujukan untuk niat beribadah dan berbakti kepada Allah, adalah sama pahalanya dengan berjihad fii sabilillah.

3. Disebut tiga perkara itu karena musuh yang utama bagi manusia adalah hawa nafsunya.

Tiga amalan itu (yang disebut dalam hadis) untuk membendung jalan-jalan syetan dan hawa nafsu. Maka barang siapa bisa melestarikan tiga perkara di atas, akan dihapus kesalahannya dan diangkat derajatnya. (Baca juga : Amalan di Hari Jumat Bagi Muslimah yang Pahalanya Terus Mengalir )

Karena itu, marilah para muslimah , mulai saat ini bersungguh-sungguh dalam menjalankan perintah dan meninggalkan larangan. Yaitu takut akan hari ia dihadapkan kepada Allah dan takut akan keputusan Allah terhadap dirinya di hari itu. Lalu ia menahan hawa nafsunya dan tidak memperturutkannya serta menundukkannya untuk taat kepada Allah, surga tempatnya.

*وَأَمَّا مَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهِ وَنَهَى النَّفْسَ عَنِ الْهَوَى*

"Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya." (QS.An-Nazi'at: 40)*_

*فَإِنَّ الْجَنَّةَ هِيَ الْمَأْوَى*

"maka sesungguhnya surgalah tempat tinggal(nya)." (QS.An-Nazi'at: 41)*_
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2410 seconds (0.1#10.140)