Surat Yusuf Ayat 57: Balasan Bagi Orang yang Bertakwa

Senin, 08 Agustus 2022 - 06:30 WIB
loading...
Surat Yusuf Ayat 57: Balasan Bagi Orang yang Bertakwa
Dai lulusan Al-Azhar Mesir Ustaz Mukhlis Mukti Al-Mughni menjelaskan tafsir Surat Yusuf yang sarat hikmah dan pelajaran. Foto/Ist
A A A
Ustaz Mukhlis Mukti Al-Mughni
Lulusan Al-Azhar Mesir,
Yayasan Pustaka Afaf

Lanjutan ayat berikutnya yaitu Surat Yusuf Ayat 57, Allah mengingatkan tentang pahala Akhirat dan balasan bagi orang-orang beriman yang mengisi hidupnya dengan takwa. Ayat ini berkaitan dengan ayat sebelumnya dimana Allah memberi karunia besar kepada Nabi Yusuf 'alaihissalam atas kesabarannya menghadapi ujian.

Setelah Allah memberi kedudukan terhormat kepada Nabi Yusuf 'alaihissalam di negeri Mesir, Allah mengabarkan tentang balasan bagi orang yang bertakwa. Berikut firman-Nya:

وَلَاَجْرُ الْاٰخِرَةِ خَيْرٌ لِّلَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَكَانُوْا يَتَّقُوْنَ

Wa laa ajrul Aakhirati khairul lilladziina aamanuu wa kaanuu yattaquun.

Artinya: "Dan sesungguhnya pahala di akhirat itu lebih baik, bagi orang-orang yang beriman dan selalu bertakwa." (QS Yusuf Ayat 57)

Pesan dan Hikmah
1. Ayat ini menegaskan kembali bahwa kebaikan manusia tidak akan disia-siakan. Di antara balasan yang terbesarnya dipersiapkan Allah di Akhirat , yang lebih banyak, lebih nikmat dan lebih abadi.

2. Kebaikan manusia agar tidak sia-sia harus diikat dengan iman dan takwa. Allah akan selalu memperhatikan orang yang beriman dan bertakwa. Iman dan takwa menjadi hakikat hidup yang harus ditempuh dan diperjuangkan.

Mengutip tafsir Kemenag, di samping balasan di dunia, Allah menyediakan pula di akhirat balasan yang lebih baik. Lebih berharga dan lebih membahagiakan orang-orang beriman dan selalu bertakwa kepada-Nya.

Yaitu Surga Jannatun Na'im yang di dalamnya terdapat segala macam nikmat dan kesenangan yang belum pernah terlihat oleh mata. Belum pernah terdengar oleh telinga, dan belum pernah terlintas dalam hati manusia.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2133 seconds (0.1#10.140)