Sebelum Islam Ahlus Sunnah, Aliran Syiah Lebih Dahulu Masuk ke Nusantara

loading...
Sebelum Islam Ahlus Sunnah, Aliran Syiah Lebih Dahulu Masuk ke Nusantara
Tradisi Tabot di Bengkulu, warisan Syiah? Foto/Ilustrasi: antara
Sebelum Islam Ahlus-Sunnah wal Jama'ah atau Suni masuk ke Indonesia, aliran Syiah sudah terlebih dahulu masuk ke Asia Tenggara, termasuk Nusantara. Menurut Teori Persia, agama Islam masuk ke Indonesia pada rentang waktu abad ke-7 hingga ke-13. Adapun yang membawa Islam adalah para pedagang dari Persia.

Dalam buku berjudul "Islam dan Transformasi Masyarakat Nusantara" karya Moeflich Hasbullah disebutkan berdasarkan tempat, kalangan sejarawan membagi masuknya Agama Islam ke Indonesia dalam lima teori yakni Teori Arab, China, Persia, India, dan Turki. Ini kali kita membahas Teori Persia.

Baca juga: Kisah Laksamana Cheng Ho Menyebarkan Islam di Nusantara

Teori Persia juga merujuk pada sekian bukti-bukti sejarah adanya pengaruh Persia di Nusantara pada abad ke-11. Bukti-bukti teori Persia kebanyakan mengacu kepada pengaruh bahasa yang kemudian diteorikan bahwa Islam datang ke Nusantara berasal dari Persia.

Teori ini didukung oleh sejarawan seperti Prof Hoeseom Djajadiningrat dan Prof Umar Amir Husen.

Islam masuk ke Nusantara melalui Sumatera. Posisi Pulau Sumatera sangat dekat dengan Selat Malaka , yang merupakan pusat perdagangan serta bisnis pada saat itu. Sejak dulu, Selat Malaka telah dipenuhi oleh pedagang asing dari segala penjuru dunia, salah satunya adalah pedagang dari wilayah Timur Tengah seperti Persia.

Pedagang dari Persia inilah, yang selama berdagang juga sembari melakukan penyebaran agama Islam di Nusantara.

Salah satu bukti Teori Persia yang menjadi kelebihannya adalah adanya perayaan 10 Muharam di Bengkulu dan Sumatera Barat yang dikenal sebagai Tradisi Tabot.

Baca juga: Sejarah Tradisi Yasinan di Indonesia

Dalam buku berjudul "Tradisi Tabot pada Bulan Muharram di Bengkulu: Paradigma Dekonstruksi" karya Endang Rochmiatun disebutkan beberapa literatur menuliskan bahwa upacara Tabot merupakan acara mengenang gugurnya Imam Husein bin Ali bin Abu Thalib , cucu Nabi Muhammad SAW ketika dibunuh oleh tentara Yazid bin Muawiyah di Padang Karbala, Irak. Secara historis, tradisi Tabot erat kaitannya dengan pertumbuhan dan perkembangan agama Islam, khususnya Islam Syi'ah di Bengkulu.

Bukti lainnya adalah dalam beberapa buku yang memuat kosa kata Persia, yang diserap ke dalam bahasa Melayu. Azyumardi Azra, seperti dikutip Moeflich Hasbullah menyebut itu sebagai pengaruh kitab Aja'ib Al-Hind. Kitab ini adalah salah satu kitab Timur Tengah paling awal yang berbahasa Persia dan terdapat pengaruhnya di Nusantara.

Kitab ini ditulis oleh Buzurg bin Shariyar Al-Ramhurmuzi sekitar tahun 390/1000. Dalam kitab ini, menurut Azra, diceritakan bahwa di Kerajaan Sriwijaya ada kebiasaan duduk “bersila” saat menghadap raja, kebiasaan yang juga diwajibkan pada penduduk Muslim lokal.

Kata “barsila” disebut-sebut dalam kitab Aja'ib Al-Hind yang kemudian menjadi “bersila” dalam bahasa Melayu. Ini menunjukkan adanya pengaruh Islam Persia di Nusantara. Bahwa pada rakyat kerajaan Sriwijaya sudah ada kewajiban duduk “barsila” menunjukkan sudah adanya orang yang menjadi Muslim.

Informasi ini relevan dengan Teori Arab yang mengatakan bahwa Islam datang ke Nusantara pada abad ke-7/8 saat Kerajaan Sriwijaya sedang mengembangkan kekuasaannya.

Baca juga: Peringatan Maulid Nabi SAW, Diambil dari Tradisi Syiah?

Selain “barsila” yang dijelaskan Azra tersebut, ada lagi beberapa bahasa dan tradisi yang konon merupakan pengaruh Persia. “Abdas” di kalangan Masyarakat Sunda sangat populer yang artinya “wudhu.”

Masyarakat Sunda merasa seolah abdas adalah mereka padahal konon adalah berasal dari bahasa Persia. Di Sumatra Barat dahulu ada larangan (tabu) bermain bola karena diasosiasikan dengan kepala Husein bin Ali bin Abi Thalib yang ditendang-tendang oleh Yazid bin Muawiyah.

Bukti lain pengaruh bahasa Persia adalah pada bahasa Arab yang digunakan masyarakat Nusantara. Nurcholish Madjid sebagaimana dikutip Moeflich Hasbullah memberi contoh: “Kata-kata asal Arab dengan akhiran ta' marbuthah yang dalam keadaan berhenti (wakaf) dibaca “h” seperti shalat-un dibaca shalah, zakatun dibaca zakah, dan lain-lain, tetapi dalam bahasa Nusantara dibaca berturut-turut shalat, zakat, dan seterusnya.

Ini menunjukkan bahwa bahasa-bahasa Nusantara tidak dipinjam langsung dari Arab melainkan dari bahasa Persia dan bahasa Islam Asia daratan seperti bahasa Urdu, Pushto, Turki dan lain-lain” (Al-Qurtuby, 2003: 18).

Selain bahasa, bukti lain adalah adanya persamaan nisan pada makam Malik al-Shalih dan makam Maulana Malik Ibrahim, yang memiliki kemiripan dengan nisan yang ada di Persia.
halaman ke-1
cover top ayah
وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

(QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
cover bottom ayah
preload video