3 Doa Pendek Saat Mau Bersafar, Yuk Amalkan!

loading...
3 Doa Pendek Saat Mau Bersafar, Yuk Amalkan!
Ada doa-doa pendek yang bisa kita amalkan saat akan bepergian atau bersafar. Doa ini penting diamalkan, agar senantiasa berada dalam lindungan Allah Taala dan selamat selamat sampai di tujuan. Foto ilustrasi/ist
Ada doa-doa pendek yang bisa kita amalkan saat akan bepergian atau bersafar . Doa ini penting diamalkan, agar senantiasa berada dalam lindungan Allah Ta'ala dan selamat selamat sampai di tujuan.

Doa melakukan perjalan terdiri dari beberapa macam. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut doa yang dapat kita amalkan sebelum melakukan perjalanan ini, antara lain:

1. Doa keluar rumah

Ketika keluar dari rumah sebelum melakukan safar, hendaknya kita membaca doa ini terlebih dahulu:

بِاللَّه إِلاَّ قُوَّةَ وَلا حَوْلَ وَلا ،اللَّهِ عَلَى وَكَّلْتُتَ ، اللَّهِ بِسْمِ


“Bismilaahi tawakkaltu ‘alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi.”

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja."

Baca juga: Adab Seorang Muslim Ketika Sedang dalam Perjalanan

2. Doa bersafar (bepergian jauh)

Setelah keluar rumah dan hendak bepergian jauh, maka alangkah baiknya juga membaca doa ni:

الْاَهْلِ وَالْخَلِيْفَةُفِى السَّفَرِ فِى الصَّاحِبُ اَنْتَ اَللّٰهُمَّ عَنَّابُعْدَهُ وَاطْوِ هَذَا سَفَرَنَا عَلَيْنَا هَوِّنْ اَللّٰهُمَّ


“Allahumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waatwi ‘annaa bu’dahu. Allohumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli”.

Artinya: “Ya Allah, mudahkanlah kami berpergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam berpergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga."

3. Doa ketika melakukan perjalanan menggunakan kendaraan

Ketika bepergian jauh dengan menggunakan kendaraan, alangkah baiknya membaca doa berikut ini:

اَللَّهُ اَكْبَرُ اَللَّهُ اَكْبَرُ اَللَّهُ اَكْبَرُ سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِى سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِ وَالْخَلِيفَةُ فِى الأَهْلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِى الْمَالِ وَالأَهْلِ


Artinya: “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Mahasuci Dzat yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Rabb kami. Ya Allah… sesungguhnya kami memohon kepadaMu kebaikan, taqwa dan amal yang Engkau ridhai dalam perjalanan kami ini. Ya Allah, mudahkanlah segala urusan dalam perjalanan kami ini, pendekkanlah jarak dari jauhnya bepergian dan pengganti bagi keluarga yang kami tinggalkan. Ya Allah Engkau adalah teman dalam perjalanan dan wakil dalam keluarga. Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari kesulitan dalam bepergian, pemandangan yang menyedihkan dan jeleknya kembali baik bagi harta maupun keluarga kami.” (HR. Muslim).

Baca juga: Larangan Mengumbar Aib Diri dan Orang Lain, Begini Penjelasanya

Wallahu A'lam
(wid)
preload video