alexametrics

Ustaz Zulkifli: Jangan Tertipu, Harta Tak Dibawa Saat Mati

loading...
Ustaz Zulkifli: Jangan Tertipu, Harta Tak Dibawa Saat Mati
Ustaz Zulkifli Muhammad Ali (UZMA), Dai yang dijuluki ustaz akhir zaman. Foto/dok IG @zulkiflima
Ustaz Zulkifli Muhammad Ali (UZMA), Dai yang dijuluki ustaz akhir zaman memberi nasihat indah tentang hakikat kehidupan. Melalui akun IG-nya @zulkiflima, UZMA mengingatkan kaum muslimin agar tidak tertipu dengan perbendaharaan dunia.

Beliau menukil salah satu hadis Nabi, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

ﻳَﻘُﻮﻝُ ﺍﺑْﻦُ ﺁﺩَﻡَ ﻣَﺎﻟِﻰ ﻣَﺎﻟِﻰ – ﻗَﺎﻝَ – ﻭَﻫَﻞْ ﻟَﻚَ ﻳَﺎ ﺍﺑْﻦَ ﺁﺩَﻡَ ﻣِﻦْ ﻣَﺎﻟِﻚَ ﺇِﻻَّ ﻣَﺎ ﺃَﻛَﻠْﺖَ ﻓَﺄَﻓْﻨَﻴْﺖَ ﺃَﻭْ ﻟَﺒِﺴْﺖَ ﻓَﺄَﺑْﻠَﻴْﺖَ ﺃَﻭْ ﺗَﺼَﺪَّﻗْﺖَ ﻓَﺄَﻣْﻀَﻴْﺖَ



"Manusia berkata, 'Hartaku-hartaku'. Beliau SAW bersabda: "Wahai manusia, apakah benar engkau memiliki harta? Bukankah yang engkau makan akan lenyap begitu saja? Bukankah pakaian yang engkau kenakan juga akan usang? Bukankah yang engkau sedekahkan akan berlalu begitu saja?" (HR. Muslim No 2958). (Baca Juga: Dahsyatnya Akhir Zaman, Ini Pesan Ustaz Zulkifli Ali)

Ibnu Sammak Muhammad bin Shubaih rahimahullah berkata:

هب الدنيا في يديك ، ومثلها ضم إليك ، وهب المشرق والمغرب يجيء إليك ، فإذا جاءك الموت ، فماذا في يديك

"Anggaplah dunia ada di genggaman tanganmu dan ditambahkan yang semisalnya. Anggaplah (perbendaharaan) timur dan barat datang kepadamu, akan tetapi jika kematian datang, apa gunanya yang ada di genggamanmu?" (Siyarul A’lam An-Nubala 8/330). (Baca Juga: 7 Syarat 'La Ilaha illallah' Agar Diterima di Sisi Allah)

Janganlah kita lalai dan tertipu seolah-olah akan hidup di dunia selamanya dengan mengumpulkan dan menumpuk harta yang sangat banyak sehingga melalaikan kehidupan akhirat kita.

"Dunia memang kita butuhkan dan tidak terlarang kita mencari harta dan dunia akan tetapi harus kita tujukan untuk orientasi akhirat," kata beliau.

Demikian nasihat UZMA yang penuh hikmah dan pelajaran berharga. Semoga Allah Ta'ala memberi kita taufik-Nya agar dapat mengisi kehidupan ini dengan amal saleh yang mengantarkan kita kepada ridha dan surga-Nya. (Baca Juga: Doa dan Amalan Agar Dibangunkan Rumah di Surga)

Wallahu Ta'ala A'lam
(rhs)
cover top ayah
بَدِيۡعُ السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ؕ وَ اِذَا قَضٰٓى اَمۡرًا فَاِنَّمَا يَقُوۡلُ لَهٗ كُنۡ فَيَكُوۡنُ
(Allah) pencipta langit dan bumi. Apabila Dia hendak menetapkan sesuatu, Dia hanya berkata kepadanya, “Jadilah!” Maka jadilah sesuatu itu.

(QS. Al-Baqarah:117)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak