alexametrics

Doa dan Amalan Agar Dibangunkan Rumah di Surga

loading...
Doa dan Amalan Agar Dibangunkan Rumah di Surga
Salah satu masjid yang dibangun dengan pemandangan indah. Keindahan bangunan masjid ini tak dapat dibandingkan dengan keindahan rumah di surga. Foto/Istimewa
Dalam satu hadis Nabi (muttafaqun 'alaihi) dijelaskan bahwa sesungguhnya penduduk surga melihat-lihat pemilik kamar-kamar di atas mereka sebagaimana melihat bintang-bintang gemerlapan di langit dari timur atau barat karena perbedaan tingkat di antara mereka.

Mereka bertanya: "Wahai Rasulullah! itu rumah-rumah para Nabi yang tidak akan bisa mencapainya selain mereka? Nabi menjawab: Tidak, demi Allah yang jiwaku di tangan-Nya (dapat dicapai) oleh orang-orang yang beriman kepada Allah dan membenarkan para Rasul".

Betapa beruntungnya mereka yang mendapatkan rumah di surga. Karena tidak semua orang mendapatkan keindahan rumah di surga kecuali mereka yang memiliki amal saleh. (Baca Juga: Ingin Jadi Miliarder, Amalkan Doa Ini Setelah Salat Shubuh)



Ustaz Zulkifli Muhammad Ali (UZMA) memposting satu doa sebagai amalan untuk mendapatkan rumah di surga melalui akun IG-nya @zulkiflima, kemarin. Doa ini redaksinya sederhana dan mudah dihafal.

رَبِّ ٱبۡنِ لِي عِندَكَ بَيۡتٗا فِي ٱلۡجَنَّةِ⁣

ROBBIBNI LII 'INDAKA BAITAN FIL JANNAH

Artinya:
Ya Rabbku, bangunkanlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam surga. (Surah At-Tahrim ayat 11)⁣

Dalam tafsir Ibnu Katsir diceritakan bahwa doa ini adalah doa yang dipanjatkan oleh istri Fir'aun saat ia hendak disiksa karena beriman kepada Rabb Nabi Musa dan Harun, yaitu Allah Subhanahu wa Ta'ala. ⁣(Baca Juga: 7 Syarat 'La Ilaha illallah' Agar Diterima di Sisi Allah)

⁣Ibnu Jarir berkata: "Ismail bin Hafsh al-Abully menceritakan kepadaku, menceritakan kepadaku Muhammad bin Ja'far dari Sulaiman at-Taimy dari Abi Usman al-Hindy dari Salman berkata, 'saat istri Firaun disiksa di bawah terik matahari, Malaikat menyingkapinya dengan sayap-sayapnya lalu istri Firaun melihat rumahnya di surga'. Penyiksaan ini tak terasa baginya sebab ia telah melihat rumah di surga yang telah Allah persiapkan untuknya.⁣

Ustaz Zulkifli mengatakan, doa tersebut bisa kita lafalkan agar Allah membangunkan rumah di surga, tentunya dengan beriman sepenuhnya. Berbuat kebaikan dan mengajak kebaikan kepada saudara-saudara kita.⁣ [Baca Juga: Sahabat Bertanya Seperti Apakah Surga? Ini Kata Rasulullah SAW (1)]

Selain doa di atas, ada beberapa amalan yang memperoleh ganjaran rumah di surga. Dari Utsman bin Affan, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam juga bersabda:

مَنْ بَنَى مَسْجِدًا لِلَّهِ بَنَى اللَّهُ لَهُ فِى الْجَنَّةِ مِثْلَهُ

"Siapa yang membangun masjid karena Allah, maka Allah akan membangun baginya semisal itu di surga". (HR. Al-Bukhari, Muslim)

Amalan lain yang menyebabkan seseorang memperoleh rumah di surga adalah mengamalkan salat sunnah. Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barang siapa yang salat 12 rakaat sehari semalam maka akan dibangunkan untuknya rumah di surga." (HR Muslim). (Baca Juga: Doa Agar Tidak Stres Menghadapi Tekanan dan Kesulitan)

Wallahu A'lam
(rhs)
cover top ayah
لَـتَجِدَنَّ اَشَدَّ النَّاسِ عَدَاوَةً لِّـلَّذِيۡنَ اٰمَنُوا الۡيَهُوۡدَ وَالَّذِيۡنَ اَشۡرَكُوۡا‌ ۚ وَلَـتَجِدَنَّ اَ قۡرَبَهُمۡ مَّوَدَّةً لِّـلَّذِيۡنَ اٰمَنُوا الَّذِيۡنَ قَالُوۡۤا اِنَّا نَصٰرٰى‌ ؕ ذٰ لِكَ بِاَنَّ مِنۡهُمۡ قِسِّيۡسِيۡنَ وَرُهۡبَانًا وَّاَنَّهُمۡ لَا يَسۡتَكۡبِرُوۡنَ‏
Pasti akan kamu dapati orang yang paling keras permusuhannya terhadap orang-orang yang beriman, yaitu orang-orang Yahudi dan orang-orang musyrik. Dan pasti akan kamu dapati orang yang paling dekat persahabatannya dengan orang-orang yang beriman ialah orang-orang yang berkata, “Sesungguhnya kami adalah orang Nasrani.” Yang demikian itu karena di antara mereka terdapat para pendeta dan para rahib, (juga) karena mereka tidak menyombongkan diri.

(QS. Al-Maidah:82)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak