Doa Ketika Berumur 40 Tahun dan Rahasianya

Selasa, 23 Agustus 2022 - 22:56 WIB
loading...
Doa Ketika Berumur 40 Tahun dan Rahasianya
Ketika seseorang berusia 40 tahun hendaklah bersungguh-sungguh dalam hidup dan mendekatkan diri kepada Allah. Foto/dok irtaqi
A A A
Menjadi tua adalah sunnatullah dan semua orang akan mengalaminya. Banyak orang tidak menyadari bahwa Al-Qur'an membahas secara khusus tentang hakikat umur.

Bagi yang menginjak usia 40 tahun dianjurkan membaca doa yang diabadikan dalam Al-Qur'an berikut. Dalam perspektif Islam, usia 40 tahun merupakan masa di mana seseorang mencapai kematangan akal.



Ketika seseorang berusia 40 tahun maka Allah memberikan janji-Nya dalam Al-Qur'an yaitu kematangan. Inilah rahasia umur 40 tahun yang perlu kita ketahui. Maka hendaklah bersungguh-sungguh dalam hidup, menajamkan hikmah dan kebijaksanaan, membuang kejahilan, memperbanyak taubat dan lebih mendekatkan diri kepada-Nya.

Tak heran banyak tokoh pemimpin muncul secara matang pada usia ini. Lihat bagaimana Allah mengangkat Nabi Muhammad sholallohu 'alaihi wasallam menjadi Rasul pada usia 40 tahun. Beliau hanya diberi waktu 23 tahun melaksanakan tugas kenabiannya.

Dalam satu riwayat, Beliau bersabda: "Umur-umur umatku antara 60 hingga 70 tahun, dan sedikit orang yang bisa melampui umur tersebut." (HR. Ibnu Majah)

Doa Saat Berusia 40 Tahun
Dalam Al-Qur'an Surah Al-Ahqaf, Allah mengajarkan satu doa bagi hamba-Nya yang berumur 40 tahun. Allah Ta'ala berfirman: "Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai 40 tahun ia berdoa:

رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡ

Robbi auzi'niii an asykura ni'matakal latiii an'amta 'alayya wa 'ala waalidayya wa an a'mala sholihan tardhohu wa ashlih lii fii dzurrtatii, inni tubtu ilaika wa innii minal Muslimiin.

Artinya: "Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri (muslim)." (QS Al-Ahqaf Ayat 15)

Menurut Ibnu Katsir, ayat di atas memberikan petunjuk bahwa manusia apabila menjelang usia 40 tahun hendaklah memperbarui taubat dan kembali kepada Allah dengan bersungguh-sungguh.

Semantara Ibnu 'Abbas berkata: "Barang siapa telah mencapai umur 40 tahun, sedangkan perbuatan baiknya belum dapat mengalahkan perbuatan jahatnya, maka hendaklah ia bersiap-siap untuk masuk neraka."

Demikian doa ketika berusia 40 tahun dan rahasianya. Semoga Allah memberkahi usia kita dengan ketaatan.

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1131 seconds (0.1#10.140)