5 Ayat Yasin tentang Fenomena Alam Berikut Penjelasannya

Jum'at, 02 September 2022 - 05:10 WIB
loading...
A A A
Pada ayat selanjutnya Allah menyatakan: "Tidaklah mungkin bagi matahari mengejar bulan dan malam pun tidak dapat mendahului siang. Masing-masing beredar pada garis edarnya." (QS. Yasin Ayat 40)

4. Kapal Penuh Muatan Berlayar di Tengah Samudera
5 Ayat Yasin tentang Fenomena Alam Berikut Penjelasannya

Fenomena alam berikutnya adalah keberadaan kapal yang berlayar di tengah samudera. Kapal penuh muatan berlayar di tengah lautan atas izin-Nya. Berikut firman-Nya dalam Surat Yasin Ayat 41:

وَاٰيَةٌ لَّهُمۡ اَنَّا حَمَلۡنَا ذُرِّيَّتَهُمۡ فِى الۡفُلۡكِ الۡمَشۡحُوۡنِۙ

Artinya: "Dan suatu tanda (kebesaran Allah) bagi mereka adalah bahwa Kami angkut keturunan mereka dalam kapal yang penuh muatan." (QS Yasin Ayat 41)

Kapal yang berlayar di tengah lautan merupakan bukti kebesaran dan kekuasaan-Nya. Kapal yang mengangkut manusia dan barang-barang penuh muatan berlayar dari suatu negeri ke negeri yang jauh. Orang pertama yang membuat kapal adalah Nabi Nuh. Kapal itu dibuat atas perintah dan bimbingan Allah.

Di ayat berikutnya, Allah berfirman: "Dan Kami ciptakan (juga) untuk mereka (angkutan lain) seperti apa yang mereka kendarai." (QS Yasin Ayat 44)

5. Fenomena Api dari Kayu yang Kering
5 Ayat Yasin tentang Fenomena Alam Berikut Penjelasannya

Ayat berikutnya yang bercerita tentang fenomena alam adalah Surat Yasin Ayat 80. Pada surat ini Allah menyatakan bahwa Dia menjadikan api dari kayu yang kering untuk keperluan manusia. Berikut firman-Nya:

اۨلَّذِىۡ جَعَلَ لَـكُمۡ مِّنَ الشَّجَرِ الۡاَخۡضَرِ نَارًا فَاِذَاۤ اَنۡـتُمۡ مِّنۡهُ تُوۡقِدُوۡنَ

Artinya: "Yaitu (Allah) yang menjadikan api untukmu dari kayu yang hijau, maka seketika itu kamu nyalakan (api) dari kayu itu." (QS Yasin Ayat 80)

Maksud ayat ini, Allah menjadikan api untuk manisia dari kayu yang semula berupa pohon basah dan hijau. Begitu kayu itu kering, maka seketika itu dapat menghasilkan api dan mengambil manfaat darinya.

Dalam kehidupan sehari-hari, orang Arab terdahulu mengetahui bahwa ada beberapa jenis kayu yang jika digesekkan antara satu dengan lainnya akan memercikkan api. Inilah tanda kebesaran Allah untuk manusia agar mereka bisa menghangatkan badan, memasak, menggunakannya untuk penerangan, dan berbagai kebutuhan lainnya.

Demikian lima ayat tentang fenomena alam dalam Surat Yasin. Jika kita tadaburi dan renungkan ayat-ayat di atas, tidak ada alasan bagi kita untuk tidak bersyukur. Maha Suci Allah dan hanya kepada-Nya lah kita semua kembali.

Wallahu A'lam

Baca Juga: Rahasia dan Fadhillah Surat Yasin, Yuk Amalkan
(rhs)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1575 seconds (10.101#12.26)