4 Waktu Paling Berharga, Siapa yang Menjaganya Hidupnya Akan Berkah

loading...
4 Waktu Paling Berharga, Siapa yang Menjaganya Hidupnya Akan Berkah
Dalam sehari semalam terdapat empat waktu sangat berharga. Barangsiapa yang menjaganya maka hidupnya akan berkah dan mendapat keberuntungan dunia dan akhirat. Foto ilustrasi/Ist
Dalam Islam, waktu adalah nikmat yang sangat berharga dan beruntunglah mereka yang menjaganya. Allah menciptakan siang dan malam tentu di dalamnya terdapat rahasia dan keutamaan.

Saking berharganya waktu, Allah bersumpah atas nama waktu dalam beberapa surat Al-Qur'an. Di antaranya: وَٱلْعَصْرِ atau demi masa atau waktu Ashar (Surat Al-'Ashr Ayat 1). Kemudian وَالۡفَجۡرِۙ atau demi waktu Fajar (Surat Al-Fajar Ayat 1). Demi waktu Dhuha (matahari naik sepenggalah) وَالضُّحٰ (Surat Adh-Dhuha Ayat 1). Kemudian Surat Al-Lail Ayat 1: وَالَّيۡلِ اِذَا يَغۡشٰىۙ atau demi malam apabila menutupi siang.

Allah bersumpah demikian bukan tanpa sebab. Selain menjadi isyarat bahwa waktu-waktu tersebut punya keutamaan, manusia hendaknya tidak menyia-nyiakan nikmat waktu dalam sehari semalam.

Ulama kharismatik Yaman Habib Umar bin Hafizh dalam satu kajiannya menyebutkan ada empat waktu paling berharga dalam sehari semalam. Siapa yang menjaganya maka ia akan beruntung.

Sebagian ulama Ahli Makrifah berkata, barangsiapa yang senantiasa menjaga 4 waktu ini selama hidupnya, maka mereka meraih keberuntungan dari umur yang telah disia-siakan selama ini. Berikut empat waktu berharga tersebut:

1. Sesaat Sebelum Maghrib
Waktu ini memiliki keutamaan besar bagi yang mengetahuinya. Sebelum masuk Maghrib hendaklah dimanfaatkan dengan beristighfar atau bertasbih sambil menunggu tenggelamnya matahari.

2. Antara Maghrib dan Isya
Inilah keadaan bagi seseorang yang mengetahui keistimewaan waktu antara Maghrib dan Isya. Jika dia mengetahui keutamaan waktu ini maka dia juga mengetahui keutamaan istighfar di malam hari. Para salaf selalu menjaga waktu di awal dan akhir malam

3. Sesaat Sebelum Subuh (Waktu Sahur)
Waktu sebelum terbitnya Fajar ini dikenal dengan waktu sahur. Apabila awal dan akhir malam telah terjaga, maka waktu Subuhnya pun akan terjaga. Allah berfirman terkait keutamaan waktu sebelum Subuh ini. "(Juga) orang yang sabar, orang yang benar, orang yang taat, orang yang menginfakkan hartanya, dan orang yang memohon ampunan (istighfar) pada waktu sebelum fajar." (QS. Ali Imran: Ayat 17)

4. Setelah Sholat Subuh Sampai Terbitnya Matahari
Apabila awal dan akhir malam telah terjaga, maka waktu Subuhnya pun akan terjaga. Barangsiapa yang sholat Subuh berjamaah di musholla atau masjid, kemudian berdzikir sampai terbitnya matahari lalu dia sholat Isyroq 2 rakaat. Maka dia pulang ke rumah dengan pahala Haji dan umroh yang sempurna, sempurna, sempurna. Hadis ini diriwaytakan Imam Tirmidzi dengan sanad Hasan.

Rasulullah SAW juga bersabda: "Sungguh aku duduk berdzikir kepada Allah dengan sekelompok orang setelah sholat Subuh sampai terbitnya matahari, lebih aku cintai daripada membebaskan 4 budak dari keturunan Ismail."

Habib Umar menyampaikan firman Allah: "Dan bertasbihlah kepada Tuhanmu sebelum terbit dan tenggelamnya matahari. Wahai anak Adam, berilah Aku sesaat dari waktu Subuhmu dan menjelang Maghrib, maka aku cukupi di antara keduanya."

Demikian 4 waktu paling berharga dalam sehari semalam yang patut kita jaga. Mudah-mudahan Allah memberkahi usia kita.

Baca Juga: 15 Waktu Mustajab untuk Berdoa, Insya Allah Semua Hajat Dikabulkan

Berikut Tausiyah Habib Umar bin Hafizh diunggah Channel YouTube "Kebaikan for Moslem" 19 Desember 2020:
(rhs)
preload video