Cara Cepat Hafal Surat Al Mulk dan Tips Menghafal Al-Qur'an

loading...
Cara Cepat Hafal Surat Al Mulk dan Tips Menghafal Al-Quran
Salah satu cara cepat hafal baca Surat Al Quran adalah dengan mengulang-ulang (murojaah) bacaannya, yang sebaiknya dilakukan setiap sore dan malam setiap harinya, atau setiap saat pada waktu kita sempat membacanya. Foto ilustrasi/ist
Cara cepat hafal surat Al Mulk yang terdiri dari 30 ayat adalah dengan cara mengulang-ulang bacaannya. Bahkan dianjurkan untuk selalumuraja'ah(mengulang) hafalannya baik di siang hari dan malam hari. Surat Al Mulk ini memiliki arti yang indah. Surat ini berarti kerajaan.

Keutamaan surat Al Mulk ini adalah pembacanya akan diampuni dosanya, dihindarkan dari siksa kubur dan siksa neraka, menjauhkan diri dari maksiat, serta menjadikan pembacanya sebagai orang yang bertawakkal kepada Allah SWT. Karenanya, alangkah lebih baik jika kita mampu menghafalkan 30 ayat tersebut.

Baca juga: Cara Menghafal Al-Qur'an dengan Mudah dan Cepat

Lantas, bagaimana cara menghafal Surat Al-Qur'an yang banyak ayatnya ini?Dalam Tafsir Al Qurthubi,1/20 disebutkan, salah satu hal terpenting dari proses menghafal Al-Qur'an adalah mencurahkan jiwa untuk mempelajari Al-Qur'an baik malam maupun siang hari, dalam sholat maupun di luar sholat, agar tidak lupa.

Dianjurkan untuk selalumuraja'ah(mengulang) hafalan baik di siang hari dan malam hari. Adapun waktu terbaik dalam menghafalAl-Qur'anadalah tengah malam sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur'an:

"Sesungguhnya bangun di waktu malam adalah lebih tepat (untuk khusyu') dan bacaan di waktu itu lebih berkesan." (Al-Muzzammil Ayat 6)

Mengapa surat Al Mulk ini dianjurkan untuk dihafalkan kaum muslim? Dari Abu Hurairah, Rasulullah Saw telah bersabda: "Sesungguhnya di dalam Al-Quran terdapat suatu surat berisikan tiga puluh ayat dapat memberi syafaat bagi pembacanya hingga ia mendapat ampunan, yaitu Tabarakal Lazi Biyadihil Mulku (surat Al-Mulk)".

Ibnu Abbas mengatakan bahwa ia pernah berkata kepada seseorang, "Maukah aku hadiahkan kepadamu suatu hadis yang akan membuatmu gembira?" Lelaki itu menjawab, "Tentu saja mau."

Ibnu Abbas mengatakan, "Bacalah surat Al-Mulk dan ajarkanlah kepada keluargamu serta semua anakmu dan semua ahli baitmu yang masih anak-anak dan juga semua tetanggamu. Karena sesungguhnya surat Al-Mulk ini adalah surat yang menyelamatkan dan yang mendebat atau membela pembacanya kelak di hari kiamat di hadapan Tuhannya, dan memohon kepada-Nya agar menyelamatkannya dari azab neraka dan juga menyelamatkan penghafalnya darisiksa kubur."

Ibnu Abbas mengatakan bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam pernah bersabda: "Sungguh aku menginginkan bila surat ini dihafal di dalam kalbu setiap umatku. Yakni surat Al-Mulk ini."

Rais Syuriah PBNU KH Bahauddin Nursalim atau Gus Baha menjellaskan, dalam Tafsir Ibnu Katsir disebutkan tentang keutamaan Surat Tabarok atau Al Mulk. “Riwayat yang sahih itu Surat tabarok sebagai pelindung siksa kubur. Surat ini juga disebut surat waqiah yang menjaga dan al munjiah yang menyelamatkan siksa,” kata dai yang akrab disapa Gus Baha ini dalam kajian tafsir Surat Al Mulk.

Dengan keutamaannya itu, Gus Baha menganjurkan umat Islam untuk menghafalkan Surat Al Mulk. “Kalau tidak bisa 30 juz, minimal hafal Surat Al Mulk,” katanya.

Tips Menghafal Al-Quran dengan Cepat

BerikutCara Menghafal Al-Qur'an, termasuk Surat Al Mulksebagaimana dijelaskan olehUstaz Adi Hidayat(UAH) dalam satu kajiannya.

1. Niat Ikhlas karena Allah Ta'ala

Niat pertama yang harus dihadirkan adalah ikhlas karena Allah Ta'ala. Apabila niatnya karena Allah (Llillahi Ta'ala) maka akan dimudahkan dalam menghafal dan mempelajari Qur'an.

2. Menghadirkan Motivasi

Apa motivasi kita menghafal Al-Qur'an? Coba niatkan menghafal Al-Qur'an minimal untuk membahagiakan orang tua kita. Nabi Muhammad SAW pernah berkata bahwa ridha Allah itu ridha orangtua. Pada hari kiamat nanti seorang ahli Qur'an akan disampaikan kepada orang tuanya. Ketika akan masuk surga, perintah pertamanya gandeng ayah ibunya. Kalau selama hidup tak bisa membahagiakan orangtua, minimal bacakan Al-Qur'an untuknya. Jadi motivasinya "Saya ingin jadi ahli Al-Qur'an. Saya ingin bahagiakan kedua orang tua. Saya ingin sekeluarga jadi ahli Al-Qur'an."

3. Meningkatkan Takwa

Tingkatkan ketakwaan sebelum menghafal. Kalau sudah bertakwa nanti akan diberi kemampuan menghafal dengan cepat. Imam Bukhari awalnya matanya buta, tapi ibundanya selalu berdoa agar anaknya dijadikan ahli Qur'an. Kesalehan ibunya mengikuti ibunda Imam As-Syafi'i, Imam Ahmad bin Hanbal, dan yang lainnya. Jadi kalau ingin jadi penghafal Qur'an jangan tinggalkan tahajjud, dhuha, rawatib, syuruq, sedekah setiap hari meski Rp1000 atau dengan makanan atau pakaian.
halaman ke-1
preload video