Doa Setelah Membaca Surat Al Kahfi Lengkap Arab dan Latin

Jum'at, 30 September 2022 - 21:58 WIB
loading...
Doa Setelah Membaca Surat Al Kahfi Lengkap Arab dan Latin
Doa setelah membaca Surat Al Kahfi mencakup semua kebaikan dan perlindungan dari segala macam keburukan. Foto/Ist
A A A
Doa setelah membaca Surat Al Kahfi lengkap Arab dan latin perlu diamalkan kaum muslim. Doa ini mencakup segala kebaikan dan perlindungan kepada Allah dari segala macam keburukan serta permohonan keselamatan.

Keutamaan membaca Al Kahfi pada hari Jumat dan malamnya telah disepakati kesahihannya. Amalan ini merupakan sunnah yang sangat dianjurkan Nabi Muhammad shollallohu 'alaihi wasallam. Beliau bersabda:

من قرأ سورة الكهف في يوم الجمعة أضاء له من النور ما بين الجمعتين

Artinya: "Barang siapa yang membaca Surat Al-Kahfi di hari Jumat, maka dia akan diterangi cahaya selama di antara dua Jumat." (HR. Al Hakim, 2/399, Al Baihaqi, 3/249. Shahih. Lihat Shahihul Jaami' No. 6470)

Riwayat lain: "Barangsiapa membaca Surat Al-Kahfi saat malam Jumat, dipancarkan cahaya untuk dia sejauh pada dianya dia serta Baitul 'atiq." (Sunan Ad-Darimi 3273. Juga diriwayatkan oleh al-Nasai dan Al-Hakim)

Berikut doa setelah membaca Surat Al-Kahfi sebagaimana disebutkan oleh Al-Habib Abu Bakar Al-Adni bin Ali Mashyur, ulama dzurriyah Nabi asal Hadhramaut Yaman.

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَ
اللهم صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَاٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ


الْلَّهُمَّ يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ، وَالمَوَاهِبِ العِظَامِ، وَخَالِقِ الحَلَالِ وَالحَرَامِ، وَالمُوَفِّقِ مَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ إِلَىٰ أَسْبَابِ وَمُوجِبَاتِ الاِ لْتِزَامِ ؛ نَسْأَلُكَ الْلَّهُمَّ أَنْ تُحْيِيَنَا عَلَىٰ الإِسْلَامِ، وَتُمِيتَنَا عَلَىٰ الإِيمَانِ، وَتُرَقِّيَنَا بَيْنَهُمَا فِي مَرَاتِبِ الإِحْسَانِ وَالإِيقَانِ وَالعِرْفَانِ ، يَا كَرِيمُ يَا مَنَّانُ

Alllahumma Ya Dzaljalaali wal ikraam, walmawahibil 'izhami, wa khaaliqil halal walharami, walmuwaffiq man Yasyaa-u min 'ibadihi iilaa Asbab wamujibaati iltizaam, Nas aluka Alllahumma an tuhyiyana 'alaal Islami, watumitana 'alal Iimani, waturoqqiyana baynahuma fi maratib al Ihsaani wal iqaani wal 'irfaani, Ya Karim Ya Mannaan!

الْلَّهُمَّ ا حْفَظْنَا مِنْ كُلِّ فِتْنَةٍ مُضِلَّةٍ، وا شْفِنَا مِنْ كُلِّ سَقَمٍ وَعِلَّةٍ، وَا غْفِرْ لَنَا كُلَّ مَعْصِيَةٍ وَزَلَّةٍ، وَثَبِّتْنَا عَلَىٰ الحَقِّ وَالمِلَّةِ، وَا جْعَلْ لَنَا مُذَكِّراً وَمُعِينًا مِنْ عِبَادِكَ الأَدِلَّةِ

Alllahummhfazhnaa min kulli fitnatin mudhillah, wasyfina min kulli saqam wa 'illah, waghfirlana kulla ma'siyatin wazallah, watsabbitna 'alaa alhaqqi walmillati, waj 'allana mudzkkiraan wamu'inan min 'ibadikal adillah.

وَإِذَا أَرَدْتَ بِعِبَادِكَ فِتْنَةً فَا قْبِضْنَا إِلَيْكَ غَيْرَ مَفْتُونِينَ ، وَلا ضَالِّينَ ، وَلَا مُضِلِّينَ ، بِمَنِّكَ وَكَرَمِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينِ

wa idza aratta bi 'ibadika fitnatan faqbidna ilayka ghayro maftuunin, wala dhoolliin, wala mudhillin, bimannika wakaramika Ya Arhamar-Rahimiin.

الْلَّهُمَّ ا عْصِمْنَا بِفَضْلِكَ مِنْ فِتْنَةِ المَسِيخِ الدَّجَّالِ، وَمنْ سُوءِ الأَعْمَالِ وَفَسَادِ الأَحْوَالِ، وَفُضُولِ الأَقْوَالِ، وَا هْدِنَا لِمَا يُرْضِيكَ عَنَّا في كُلِّ حَالٍ، وَا خْتِمْ أَعْمَارَنَا بِالحُسْنَىٰ فِي خَيْرٍ وَعَافِيَةٍ وَسَلَامَةٍ يَا ذَا الجَلَالِ

Alllahumma' shimna bifadlika min fitnatil masiihid-dajjal, waman suu-il a'mali wafasadil Ahwali, wafudhulil 'aqwali, wahdina lima yurdhik 'anna fi kulli haalin, wakhtim a'marana bilhusnaa fi khairi walafiyatin wasalamatin Ya Dzal-Jalaal.

وَصَلَّىٰ ا للّٰهُ عَلَىٰ سَيِّدِنَا وَنَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ ، وَعَلَىٰ آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ ، وَالحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِينَ

Washollallohu 'alaa Sayyidina wa Nabiyyina Muhammadin, wa 'alaa alihi wa shahbihi wasallam, walhamdulillahi Rabbil 'Aalamiin.

Artinya:
"Ya Allah, berilah rahmat dan keselamatan kepada pemimpin kami Nabi Muhammad dan keluarga-Nya serta Sahabat-Nya. Ya Allah, Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan, dan Dzat yang memiliki segala pemberian yang tak terhingga, Dzat pencipta sesuatu yang halal dan yang haram, Dzat yang menunjukkan jalan kepada hamba-hamba-Nya yang dikehendaki-Nya untuk melakukan sebab-sebab dan kewajiban-kewajiban."

"Kami memohon kepada-Mu, agar Engkau memberikan kehidupan kepada kami di atas syari'at Islam dan mengambil kehidupan kami di atas bimbingan keimanan dan meningkatkan taraf kehidupan kami di antara Islam dan Iman dalam segala dimensi kebaikan, keyakinan, pengetahuan wahai Dzat yang Maha Mulia dan Dzat yang Maha menganugerahi."

"Ya Allah, jagalah kami dari segala fitnah (cobaan) yang menyesatkan dan menjatuhkan. Sembuhkan kami dari sakit dan penyakit. Ampuni kami dari segala kedurhakaan dan keteledoran kami dan kokohkanlah hati dan pendirian kami di atas jalan kebenaran dan agama. Jadikan kami orang yang senantiasa mengingat nikmat-Mu dan orang yang selalu memberikan bantuan dari golongan hamba-Mu yang menunjukkan jalan kebaikan."

"Bila Engkau menginginkan fitnah terjadi pada hamba-hamba-Mu, maka selamatkanlah kami dalam keadaan tidak terkena fitnah itu, dan juga dalam keadaan tidak sesat menyesatkan, dengan karunia-Mu dan kedermawanan-Mu wahai Dzat yang paling mengasihi."

"Ya Allah, jagalah kami dengan karunia-Mu dari fitnah Dajjal dan dari buruknya perbuatan dan rusaknya keadaan dan perkataan yang berlebihan dan berilah kami petunjuk untuk melakukan perbuatan yang Engkau ridhai dalam setiap keadaan. Sudahilah umur-umur kami dengan kebaikan dan dalam kebaikan serta kesehatan dan keselamatan wahai Dzat yang Maha Agung."

"Semoga Allah memberi rahmat dan keselamatan kepada Tuan kami dan Nbai kami Muhammad dan keluarga serta shahabtnya segala puji hanya milik Allah, Pengatur alam semesta."

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1988 seconds (0.1#10.140)