Hawa dari Tulang Rusuk Kiri Adam Bukan Bersumber dari Al-Quran?

Senin, 10 Oktober 2022 - 09:10 WIB
loading...
A A A
"Dari pasal-pasal tersebut secara teologis mengesankan kedudukan perempuan, bukan saja sebagai subordinasi laki-laki, tetapi juga memberikan kedudukan yang inferior di dalam masyarakat," ujar Nasaruddin Umar.

Dalam sumber Yahudi, yakni dalam Midras dijelaskan bahwa secara substansial penciptaan perempuan dibedakan dengan laki-laki. Laki-laki diciptakan dengan kognitif intelektual (cognition-by-intellect/hokhmah), sedangkan perempuan diciptakan dengan kognitif instink (cognition-by-instinct/ binah).



Menurut Nasaruddin Umar, jika diperhatikan secara cermat beberapa pernyataan dalam Bible, terutama dalam Kitab Kejadian, pernyataan-pernyataan itu dengan jelas menunjukkan bahwa kedudukan perempuan sangat timpang dibanding kedudukan laki-laki.

Persoalan ini menjadi sangat fundamental karena tersurat di dalam Kitab Suci yang harus diyakini oleh pemeluknya. Hal yang seperti ini sering dijumpai dalam masyarakat, misalnya beberapa mitos destruktif tetap lestari hingga sekarang karena dianggap sebagai bagian dari doktrin agama.

Menurut Nasaruddin Umar, Al-Qur'an memberikan pandangan optimistis terhadap kedudukan dan keberadaan perempuan. Semua ayat yang membicarakan tentang Adam dan pasangannya, sampai keluar ke bumi, selalu menekankan kedua belah pihak dengan menggunakan kata ganti untuk dua orang (dlamir mutsanna). Seperti kata huma, misalnya keduanya memanfaatkan fasilitas surga ( QS al-Baqarah/2 :35), mendapat kualitas godaan yang sama dari setan ( QS al-A'raf/7 :20), sama-sama memakan buah khuldi dan keduanya menerima akibat terbuang ke bumi ( QS al-A'raf/7 :22), sama-sama memohon ampun dan sama-sama diampuni Tuhan ( QS al-A'raf/7 :23).

Setelah di bumi, antara satu dengan lainnya saling melengkapi, "mereka adalah pakaian bagimu dan kamu juga adalah pakaian bagi mereka" ( QS al-Baqarah/2 :187).

(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1189 seconds (0.1#10.140)