Bacaan Doa Mencukur Rambut Saat Ibadah Tahallul

Selasa, 11 Oktober 2022 - 22:10 WIB
loading...
Bacaan Doa Mencukur Rambut Saat Ibadah Tahallul
Momen Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin memotong rambut KSAL Laksamana TNI Yudo Margono saat prosesi ibadah haji 2022. Foto/istimewa
A A A
Tahallul merupakan bagian dari rukun haji dan umrah. Secara bahasa, Tahallul artinya boleh atau dihalalkan. Dalam pengertian lain, dibolehkannya larangan atau pantangan selama berihram dan ditandai dengan memotong rambut.

Bagi jamaah haji wanita, tahallul ini disyaratkan hanya beberapa helai ujung rambut saja. Berbeda dengan jamaah laki-laki yang disunnahkan untuk menggunduli rambutnya, khususnya bagi jamaah yang pertama kali melakukan ibadah haji. Tahallul disimbolkan dengan menggunting rumbut minimal 3 helai.

Adapun dengan mencukur habis rambut di kepala, diyakini para jamaah bisa membuang dosa setelah pelaksanaan ibadah haji.

Mengutip keterangan dari Materi Bimbingan Manasik Haji karya Achmad Rosyidi, Tahallul terdiri dari dua jenis, yakni Tahallul Awal dan Tahallul Tsani.

1. Tahallul Awal
Tahallul Awal merupakan keadaan jamaah yang telah melakukan dua diantara tiga perbuatan (potong rambut, melempar jumrah aqabah, thawaf ifadhah). Setelah melaksanakannya, jamaah diperbolehkan melakukan hal yang sebelumnya dilarang ketika ihram, terkecuali berhubungan suami istri.

2. Tahallul Tsani
Tahallul Tsani adalah keadaan jamaah yang sudah melakukan ketiga perbuatan (potong rambut, melempar jumrah aqabah, thawaf ifadhah). Setelah melakukan tahallul ini, semua larangan ketika ihram sudah diperbolehkan, termasuk berhubungan suami istri.

Berikut Bacaan Doa Tahallul

اللَّهُمَّ اجْعَلْ لِكُلِّ شَعْرٍ نْورًا يَوْمَ القِيَامَةِ

Allahummaj'al likulli sya'ratin nuuran yaumal qiyaamati.

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah cahaya untuk setiap helai rambut yang dipotong ini pada hari kiamat nanti."

Doa Setelah Tahallul

اَلْحَمْدُ للهِ الَّدِى قَضَى عَنَا مَنَاسِكَنَا. اَللَّهُمَّ زِدْنَا اِيْمَانَا وَيَقِيْنَا وَعَوْنَا وَاغْفِرْ لَنَا وَلِوَالِدَيْنَا وَلِسَائِرِ اْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ

Alhamdulillaahil ladzii qadhaa 'annaa manasikana. Allahumma zidnaa iimaanan wa yaqiinan wa 'aunan waghfir lanaa wa li waalidainaa wa lisaa'iri muslimiina wal muslimaati.

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang sudah menyelesaikan manasik kami. Ya Allah, tambahkanlah kepada kami iman, keyakinan dan pertolongan serta ampunilah kami, kedua orangtua kami dan seluruh kaum muslimin dan muslimat."

Demikian ulasan mengenai bacaan doa Tahallul saat melaksanakan ibadah Haji dan Umrah. Semoga bermanfaat.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3688 seconds (0.1#10.140)