Doa Masuk Masjidil Haram Lengkap dengan Artinya

Senin, 10 Oktober 2022 - 12:38 WIB
loading...
Doa Masuk Masjidil Haram Lengkap dengan Artinya
Masjidil Haram sendiri merupakan tempat paling suci bagi umat Islam yang terletak di pusat Kota Makkah, karena itu sebelum menginjakkan kaki di Masjidil Haram setiap umat Islam dianjurkan untuk berdoa terlebih dahulu. Foto : istimewa
A A A
Doa masuk Masjidil Haram ini perlu diketahui oleh setiap umat Islam yang hendak menunaikan ibadah haji atau umrah. Masjidil Haram sendiri merupakan tempat paling suci bagi umat Islam yang terletak di pusat Kota Makkah. Karenanya banyak orang yang ingin berkunjung ke masjid tersebut.



Saat ini, Masjidil Haram telah menjadi tujuan utama bagi para umat muslim bila berkunjung ke tanah suci Mekkah. Bahkan dalam Al Qur'an menyebutkan bahwa Masjidil Haram merupakan masjid paling bersejarah di bumi. Allah Subhanahu wa ta'ala berfirma:

اِنَّ اَوَّلَ بَيْتٍ وُّضِعَ لِلنَّاسِ لَلَّذِيْ بِبَكَّةَ مُبٰرَكًا وَّهُدًى لِّلْعٰلَمِيْنَۚ


Artinya : "Sesungguhnya rumah (ibadah) pertama yang dibangun untuk manusia, ialah (Baitullah) yang di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi seluruh alam." (QS Ali Imran, Ayat : 95)

Kemudian ada pula hadis yang menyebutkan bahwa setiap melaksanakan ibadah sholat di Masjidil Haram bernilai 100.000 kali lipat dibanding sholat di masjid manapun. Hal tersebut diungkapkan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam dalam sebuah hadis :

"Shalat di masjidku ini (Masjid Nabawi) lebih utama 1.000 kali lipat dibandingkan shalat dimanapun, kecuali Masjid Al Haram. Sebab shalat di Masjidil Haram bernilai 100.000 kali lipat dibanding shalat di Masjidku ini.” (HR. Ahmad 3/343 dan Ibnu Majah no. 1406, dari Jabir bin ‘Abdillah. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih. Lihat Shahih At Targhib wa At Tarhib no. 1173.)

Karena itulah sebelum menginjakkan kaki di Masjidil Haram setiap umat Islam dianjurkan untuk berdoa terlebih dahulu. Dikutip dari berbagai sumber, berikut doa masuk Masjidil Haram :

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ وَمِنْكَ السَّلَامُ فَحَيِّنَا رَبَّنَا بِالسَّلَامِ وَأَدْخِلْنَا الْجَنَّةَ دَارَالسَّلَامَ تَبَارَكْتَ وَتَعَالَيْتَ يَا ذَاالْجَلَالِ وَاْلإِكْرَامِ. اَللّٰهُمَّ افْتَحْ لِيْ أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ وَمَغْفِرَتِكَ وَأَدْخِلْنِيْ فِيْهَا. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ ِللهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلٰى رَسُوْلِ اللهِ


Allahumma antassalaam, waminkassalaam fahayyinaa rabbanaa bissalaam wa adkhilnal jannata daarassalaam tabaarakta wata’aalaita yaa dzaljalaali wal ikraam. Allahummaftah lii abwaaba rahmatika wamaghfiratika wa adkhilnii fiihaa. Bismillahi walhamdulillahi wasshalaatu wassalaamu ‘alaa rasuulillaah.

Artinya : "Ya Allah Engkau sumber keselamatan, dan dariMu lah datangnya keselamatan itu semua. Maka sambutlah kami wahai Tuhan dengan selamat sejahtera dan masukanlah kami ke dalam surga negeriMu yang bahagia, Maha Pemberi berkat dan Maha Tinggi lah Engkau wahai Tuhan yang punya keagungan dan kehormatan. Ya Allah bukakanlah untukku pintu rahmat dan ampunan, masukkanlah aku ke dalam ampunanMu. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah shalawat dan salam untuk Rasulullah"

Ketika baru sampai di Masjidil Haram juga dianjurkan untuk membaca doa menurut Syekh Ali Jum’ah, yaitu sebagai berikut :

اللَّهُمَّ زِدْ هَذَا البَيْتَ تَشْريفًا وَتَعْظِيمًا وَتَكْرِيمًا وَمَهَابَةً، وَزِدْ من شَرَّفَهُ وكَرمَهُ مِمَّنْ حَجَّه أو اعْتَمَرَه تَشْرِيفًا وَتَكْرِيمًا وَتَعْظِيمًا وَبِرًّا


Allahumma zid hadzal baita tasyrifan wa ta’dhiman wa takriman wa mahabatan. Wa zid man syarrafahu wa karramahu mimman hajjahu au i’tamarahu tasyrifan wa takriman wa ta’dhiman wa birran.

Artinya, “Ya Allah tambahkanlah kemuliaan, keagungan, kehormatan dan anugerah untuk Masjidil Haram ini. Serta tambahkan kemuliaan, kehormatan, keagungan, dan kebaikan kepada orang yang memuliakan Masjidil Haram ini, baik mereka yang melakukan haji maupun umroh.”

Doa masuk Masjidil Haram ini sebaiknya jangan sampai terlupa, karena bisa saja ini merupakan kesempatan sekali seumur hidup. Sehingga jangan sampai terlewat untuk mendapat pahala sebanyak banyaknya.

Baca Juga: Ingin Dikabulkan, Berdoalah di Tiga Titik Masjidil Haram

Walahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2101 seconds (0.1#10.140)