Ini Daftar Penghinaan Terhadap Nabi Muhammad SAW Sebelum Salman Rushdie

Sabtu, 29 Oktober 2022 - 08:49 WIB
loading...
A A A
Tetapi, dalam pada itu Pierre le Venerable, pengarang pertama yang telah menulis risalah anti-Islam di Barat dalam abad ke-12 telah menterjemahkan Qur'an ke dalam bahasa Latin. Dalam abad ke-14 Peirre Pascal termasuk orang yang mau mendalami studi-studi tentang Islam.

Innocent III pernah melukiskan Muhammad, bahwa dia adalah musuh Kristus (Antichrist). Sedang abad Pertengahan menganggap Muhammad seorang heretik (melanggar ajaran agama Kristen). Orang-orang semacam Raymond Lulle dalam abad ke-14, Guellaume Postel dalam abad ke-16, Roland dan Gagnier dalam abad ke-18, Pendeta de Broglie dan Renan dalam abad ke-19, mempunyai tanggapan yang beraneka ragam.

Sebaliknya orang-orang semacam Comte Boulainvilliers, Scholl, Caussin de Perceval, Dozy, Sprenger, Barthelemy Saint-Hilaire, de Casteries, Carlyle dan yang lain, pada umumnya mereka memperlihatkan sikap jujur terhadap Islam dan Nabi, dan kadang memperlihatkan sikap hormat.

Sungguhpun begitu, dalam tahun 1876 Droughty bicara tentang Muhammad dengan mengatakan: "Itu Arab munafik yang kotor." Sebelum itu, dalam tahun 1822 juga Foster telah mencacinya. Sampai sekarang sebenarnya masih ada musuh-musuh Islam itu yang bersemangat."



Haekal mengatakan kita sudah melihat, bukan, penulis-penulis Barat itu, begitu rendah menyerangnya? "Juga sudah kita lihat kegigihan mereka selama berabad-abad yang mau menanamkan rasa permusuhan dan kebencian di kalangan umat manusia. Padahal di kalangan mereka itu ada orang-orang yang sudah mengalami zaman yang biasa disebut zaman ilmu pengetahuan, zaman riset dan zaman kebebasan berpikir serta adanya deklarasi persaudaraan antara sesama manusia," ujar Haekal.

Menurut Haekal, dengan adanya orang-orang yang jujur dalam batas-batas tertentu telah mengurangi juga adanya pengaruh yang menyesatkan seperti yang diisyaratkan oleh Dermenghem itu.

Di antara mereka ada yang mengakui kebenaran iman Muhammad membawakan risalah itu yang dipercayakan Allah kepadanya melalui wahyu yang harus disampaikan. Ada pula yang sangat menghargai kebesaran Muhammad dalam arti rohani, ketinggian akhlaknya, harga dirinya serta jasanya yang tidak sedikit.

Ada yang melukiskan semua itu dengan gaya yang kuat dan indah sekali. "Meskipun demikian, pihak Barat masih juga berprasangka buruk terhadap Islam dan terhadap Nabi, kemudian demikian beraninya mereka itu sampai-sampai di daerah-daerah Islam sendiri kalangan misionaris melancarkan penghinaan yang begitu rendah, dan berusaha membelokkan kaum Muslimin dari ajaran agamanya," demikian Muhammad Husain Haekal.

(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3922 seconds (0.1#10.140)