Kumpulkan Zakat Karyawan, PT Pupuk Kaltim Raih Penghargaan dari Baznas

Rabu, 02 November 2022 - 00:17 WIB
loading...
Kumpulkan Zakat Karyawan, PT Pupuk Kaltim Raih Penghargaan dari Baznas
UPZ Pupuk Kaltim meraih tiga penghargaan UPZ Award 2022 dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Unit Pengumpul Zakat PT Pupuk Kalimantan Timur (UPZ Pupuk Kaltim) patut diapresiasi karena berhasil mengumpulkan zakat dari karyawan dan kemudian menyalurkannya kepada Mustahik (orang yang berhak menerima zakat).

Berkat usaha dan komitmennya mengumpulkan zakat, UPZ Pupuk Kaltim meraih tiga penghargaan UPZ Award 2022 dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

"Penghargaan ini menjadi kado spesial jelang Milad ke-4 UPZ Pupuk Kaltim, untuk terus berbuat ke depannya. Kami berterima kasih atas dukungan yang diberikan Direksi Pupuk Kaltim bersama manajemen dan karyawan selaku Muzakki yang selama ini mempercayakan penyaluran zakat kepada kami," papar Ketua UPZ Pupuk Kaltim Nur Sahid saat menerima penghargaan dari Ketua Baznas RI Noor Achmad pada Rakornas UPZ Baznas di Jakarta, Kamis (27/10/2022).

Penghargaan ini menjadi motivasi bagi UPZ Pupuk Kaltim untuk terus berbuat bagi masyarakat, utamanya penyaluran zakat karyawan perusahaan kepada Mustahik yang sesuai kategori 8 asnaf penerima zakat.

Nur Sahid mengatakan, pengumpulan dan penyaluran zakat karyawan ini dilakukan secara terbuka dan transparan, karena sejak awal terbentuk UPZ Pupuk Kaltim menerapkan kebijakan untuk tidak menahan dana zakat sebagai kas. Pengelolaan dana zakat ini dilakukan secara disiplin melalui pelaporan berkala kepada para Muzakki.

Penyaluran zakat diarahkan pada lima program utama, berdasarkan arahan Baznas RI yang tertuang dalam Peraturan Baznas Nomor 3 Tahun 2018 tentang Pendistribusian Zakat. Sekaligus wujud implementasi UU Nomor 23 Tahun 2011 tentang Zakat, dengan tujuan mendapatkan kemanfaatan dari dana zakat yang dikelola dan dikumpulkan.

Nur Sahid menambahkan, UPZ Pupuk Kaltim berkomiten mengelola dana umat secara profesional dan transparan, sehingga Mustahik yang kini menerima manfaat zakat bisa menjadi Muzakki ke depannya.

"Semoga ini menjadi ladang amal bagi keluarga besar Pupuk Kaltim dengan pahala yang terus mengalir," kata Nur Sahid.

Ketua Baznas Noor Achmad mengatakan, UPZ Award 2022 merupakan bentuk apresiasi kepada seluruh UPZ Baznas di Indonesia yang terlibat dan mendukung upaya mensejahterakan umat melalui pemanfaatan zakat. Penghargaan ini menjadi motivasi bagi seluruh UPZ agar terus meningkatkan kinerja dalam mengumpulkan dana zakat. Sehingga ke depan mampu memberi manfaat yang jauh lebih besar.

"Kami berharap penghargaan ini dapat mendorong optimalisasi dan profesionalitas pengelolaan zakat dalam mewujudkan kebangkitan zakat Nasional," pungkas Noor Achmad.

Adapun tiga penghargaan yang diterima UPZ Pupuk Kaltim yaitu UPZ BUMN Pengumpulan Terbaik, UPZ BUMN Penyaluran Terbaik dan UPZ BUMN Pelaporan Terbaik Tahun 2022.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3003 seconds (0.1#10.140)