Kematian Tragis Penguasa Zalim Hajjaj bin Yusuf Usai Membunuh Imam Said

Sabtu, 05 November 2022 - 21:39 WIB
loading...
A A A
Ziyad bin Rabi berkata: "Pada malam kematiannya, seluruh penghuni penjara tidak ada yang tidur karena gembiranya. Mereka duduk-duduk hingga terdengar suara (adzan shubuh)."

Setelah kematian Hajjaj, seseorang pernah memimpikannya. Dalam mimpinya itu dia bertanya kepada Hajjaj: "Apa yang Allah perbuat terhadapmu setelah membunuh orang-orang itu, wahai Hajjaj? Ia menjawab:

قتلني بكل رجل قتلته قتلة، وقتلني بسعيد بن جبير اثنتين وسبعين قتلة

"Aku disiksa dengan siksaan yang setimpal atas setiap orang yang pernah aku bunuh, tapi untuk kematian Said bin Jubair aku disiksa 72 kali lipat."

Ayah dari Imam Ashma'i bercerita, "Aku melihat Hajjaj dalam tidurku, maka aku bertanya: "Apa yang Allah lakukan terhadap dirimu? Ia menjawab: 'Allah membalas yang setimpal atas setiap pembunuhanku.'

Lalu beberapa waktu kemudian aku bermimpi lagi dan bertanya kepadanya hal yang sama. Maka ia menjawab dengan kasar:

يا ماص بظر أمه، أما سألت عن هذا عام أول

"Wahai orang yang mencumbui ibunya sendiri, bukankah hal ini sudah pernah engkau tanyakan kepadaku tahun lalu?"
Ketika hal ini diceritakan kepada Harun Ar-Rasyid, ia berkata:

صدقت والله، أنت رأيت الحجاج حقا، ما كان ليدع صرامته حيا وميتا

"Demi Allah benar, yang engkau lihat dalam mimpi adalah dia Hajjaj. Karena orang ini buruk ucapannya ketika masih hidup maupun setelah mati."

Asy'ab al-Hamidi berkata: "Aku melihat Hajjaj dalam mimpiku dalam keadaan yang sangat buruk. Lalu aku mengatakan: "Wahai Hajjaj, Apa yang sudah Allah timpakan kepadamu? Ia menjawab: 'Tidak ada orang yang aku bunuh kecuali aku dibalas dengan semisalnya.'

Aku bertanya lagi: "lalu apa lagi?" Ia menjawab, "Kemudian aku dilemparkan ke dalam neraka." Aku bertanya, "lalu apa lagi?" Ia menjawab: "lalu aku berharap apa yang diharap oleh orang yang mengucapkan la ilaha illallah."

Imam Hasan Al-Bashri ketika diceritakan hal ini berkata: "Demi Allah, Allah tidak akan pernah memberikan apa yang diharapkannya."

Kebaikan Hajjaj bin Yusuf
Dibalik kebengisan dan kejahatan Hajjaj bin Yusuf ternyata ia mempunyai kebaikan dan jasa yang sangat besar bagi kaum muslimin dan masyarakatnya kala itu. Bahkan sebagiannya masih kita rasakan hingga hari ini. Apa saja kebaikan Hajjaj bin Yusuf? Tunggu kisah selanjutnya dari Ustaz Ahmad Syahri Thoriq.

Wallahu A'lam

Referensi:
1. Hajjaj bin Yusuf ats Tsaqafi Mawaqifu wa Hayatihi Hal 97-100
2. Wafayatul A'yan (2/29)
3. Bidayah wa Nihayah (12/464-551)

(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1312 seconds (0.1#10.140)