6 Doa Pendek Memohon Keturunan yang Saleh dan Salihah

loading...
6 Doa Pendek Memohon Keturunan yang Saleh dan Salihah
Sebagai orang tua disarankan agar sering membaca doa minta anak saleh sebab anak tersebut yang akan membawa kebaikan di dunia dan terutama di akhirat. Foto ilustrasi/ist
Di antara doa yang mustajab adalah doa dari ayah dan ibu kepada semua anak-anaknya. Oleh sebab itu kita sebagai orang tua disarankan agar sering membaca doa minta anak saleh dan salihah , sebab anak tersebut yang akan membawa kebaikan di dunia dan terutama di akhirat.

Seperti yang disabda Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam, “Tiga jenis doa mustajab yang tidak diragukan keajaibannya adalah doa orang tua untuk anaknya, doa orang musafir dan doa orang yang dizalimi,” (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca juga: Doa-doa Mustajab Orang Tua untuk Anak-anaknya

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa sallam bersabda, “Apabila mati anak Adam, maka terputuslah segala amalannya melainkan tiga perkara yakni sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak saleh yang mendoakan untuk orang tuanya," (HR Muslim)

Lantas, doa-doa pendek apa saja yang harus kita amalkan untuk mendapatkan keturunan yang saleh ini? Di dalam Al-Qur'an dan sunnah, banyak doa-doa yang disampaikan Allah Subhanahu wa ta'ala dan Rasulullah untuk mendapatkan anak yang saleh. Salah satunya, mungkin sangat sering kita dengar atau bahkan sering pula kita melafalkannya, penggalan ayat atau doa yang berbunyi “Robbi hablii minash shoolihiin”?

Arti dari doa yang kita ucapkan itu yakni, “Ya Rabbi, anugerahkanlah kepadaku (anak) yang termasuk orang-orang yang saleh. Selain itu, banyak doa lainnya yang bisa kita amalkan untuk mendapatkan anak-anak yang saleh dan saleha tersebut. Dirangkum dari berbagi sumber, berikut ini adalah doa untuk memohon kepada Allah Subhanhu wa ta'ala agar diberikan keturunan anak menjadi saleh dan saleha ini, yakni:

1. Doa Pertama :

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا


“ROBBANA HAB LANA MIN AZWAJINA WA DZURRIYATINA QURROTA A’YUN, WAJ’ALNA LILMUTTAQINA IMAMAA.”

(Wahai Robb kami, karuniakanlah pada kami dan keturunan kami serta istri-istri kami penyejuk mata kami. Jadikanlah pula kami sebagai imam bagi orang-orang yang bertakwa) (QS. Al Furqon:74)

2. Doa kedua

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي


“ROBBI AWZI’NI AN ASYKURO NI’MATAKALLATI AN ‘AMTA ‘ALAYYA. WA ‘ALA WAALIDAYYA WA AN A’MALA SHOLIHAN TARDHOH, WA ASHLIH LII FI DZURRIYATIY”

(Wahai Robbku, ilhamkanlah padaku untuk bersyukur atas nikmatmu yang telah Engkau karuniakan padaku juga pada orang tuaku. Dan ilhamkanlah padaku untuk melakukan amal saleh yang Engkau ridhai dan perbaikilah keturunanku) (QS. Al Ahqof:15)

3. Doa Ketiga

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ


(ROBBI HABLII MIN LADUNKA DZURRIYAYATAN THOYYIBAH, INNAKA SAMII'UD DU'AA)

"Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa”.(QS. Ali Imran : 38)

4. Doa Keempat

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ
halaman ke-1
cover top ayah
وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

(QS. An-Nur Ayat 31)
cover bottom ayah
preload video