Rahasia dan Amalan Agar Doa Mustajab Langsung Dikabulkan Allah

Selasa, 15 November 2022 - 19:24 WIB
loading...
Rahasia dan Amalan Agar Doa Mustajab Langsung Dikabulkan Allah
Ustaz Ahmad Syahrin Thoriq menceritakan rahasia amalan orang-orang salih yang doanya mustajab mudah dikabulkan Allah. Foto/ist
A A A
Masih ingat sosok Imam Sa'id bin Jubair (wafat 95 H atau 714 M) rahimahullah yang Syahid di tangan penguaza zalim Hajjaj bin Yusuf? Beliau adalah ulama Tabi'in yang doanya sangat Mustajab, langsung dikabulkan Allah yang Maha Pemurah.

Sebelum Hajjaj memancungnya, Imam Sa'id memanjatkan doa: "Ya Allah, jangan berikan kesempatan orang zalim ini untuk membunuh siapapun lagi setelah aku."

15 hari sejak kematian Imam Sa'id, Hajjaj pun tertimpa penyakit aneh yang mengerikan dan meninggal dengan kondisi tragis. Ada yang bertanya, apa rahasia Imam Sa'id bin Jubair sampai memiliki doa yang begitu mustajabah? Jawaban pastinya wallahu A'lam, tentu hanya Allah yang tahu rahasianya.

Pengasuh Ma'had Subuluna Bontang Kalimantan Timur Ustaz Ahmad Syahrin Thoriq mengemukakan, Imam Sa'id dikenal sebagai ulama yang sangat berbakti kepada ibunya. Hampir orang-orang salih dengan kisah doanya yang ampuh, memiliki riwayat bakti yang luar biasa kepada ibunya.

Misalnya Sayyidina Sa'ad bin Abi Waqqash, sahabat Nabi yang terkenal dengan doa-doanya yang kontan dikabulkan. Beliau punya kisah unik berkaitan dengan bakti kepada ibunya yang sangat ia cintai saat ia akan masuk Islam.

Demikian juga Uwais Al-Qarni, pemuda salih dari Yaman, yang Rasulullah SAW sampai berpesan kepada Abu Bakar dan Umar bin Khattab untuk meminta doa darinya. Kisah baktinya kepada ibunya benar-benar menakjubkan, Uwais pernah menggendong ibunya dari Yaman ke Mekkah.

Demikian juga halnya dengan Imam Sa'id bin Jubair, beliau dikenal sangat berbakti kepada ibunya sejak kecilnya hingga saat beliau menjadi ulama besar pada masa kekhalifahan Dinasti Umayyah.

Ustaz Ahmad Syahrin menceritakan riwayat tentang hal ini seperti yang dituturkan Ibnu Jauzi dalam Kitab Siyar (4/334), bahwa Imam Said pernah di waktu kecilnya disengat kalajengking. Lalu ibundanya membawanya ke ahli Ruqyah, padahal ibunya pernah bersumpah tidak akan mendatangi ahli jampi yang mengobati sengatan hewan berbisa itu.

Ketika diobati, Ibnu Jubair justru menyodorkan jari lainnya yang tidak disengat hewan kepada orang yang mengobatinya, demi agar ibunya tidak melanggar sumpahnya.

"Demikianlah. Jika kita ingin mempunyai doa yang mustajabah, lalu hidup berkah dan mudah meraih cita-cita, muliakanlah dia yang telah bersusah payah melahirkan kita ke dunia," kata Ustaz Ahmad Syahrin Thoriq.


Wallahu A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1582 seconds (0.1#10.140)