Neraka Saqar Tempat Bagi Orang yang Malas Mengerjakan Sholat

Minggu, 27 November 2022 - 13:51 WIB
loading...
Neraka Saqar Tempat Bagi Orang yang Malas Mengerjakan Sholat
Dalam Al-Quran dijelaskan bahwa Neraka Saqar akan dihuni oleh orang-orang yang malas sholat. Tubuh mereka akan dibakar dan tidak satu pun yang tersisa dari daging maupun tulang. Foto ilustrasi/ist
A A A
Ibadah sholat bukan perkara main-main. Dalam Islam, sholat merupakan amalan pertama yang dihisab pada Hari Kiamat.

Mereka yang malas mengerjakan sholat dan sengaja meninggalkannya akan dihukum dengan ancaman neraka Saqar. Neraka Saqar adalah satu dari 8 tingkatan neraka yang penuh penderitaan.

Ancaman meninggalkan ibadah sholat ini sangat dahsyat. Allah langsung mengabarkan jenis siksaannya dalam Al-Qur'an yaiu ditempatkan dalam neraka Saqar. Berikut firman-Nya:

كُلُّ نَفْسٍ بِمَا كَسَبَتْ رَهِينَةٌ (38) إِلَّا أَصْحَابَ الْيَمِينِ (39) فِي جَنَّاتٍ يَتَسَاءَلُونَ (40) عَنِ الْمُجْرِمِينَ (41) مَا سَلَكَكُمْ فِي سَقَرَ (42) قَالُوا لَمْ نَكُ مِنَ الْمُصَلِّينَ (43) وَلَمْ نَكُ نُطْعِمُ الْمِسْكِينَ (44) وَكُنَّا نَخُوضُ مَعَ الْخَائِضِينَ (45) وَكُنَّا نُكَذِّبُ بِيَوْمِ الدِّينِ (46) حَتَّى أَتَانَا الْيَقِينُ (47)

Artinya: "Tiap-tiap diri bertanggung jawab atas apa yang telah diperbuatnya, kecuali golongan kanan, berada di dalam surga, mereka saling menanyakan, tentang (keadaan) orang-orang yang berdosa, "Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)?" Mereka menjawab: "Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan sholat, dan kami tidak (pula) memberi makan orang miskin, bahkan kami biasa membicarakan yang batil, bersama dengan orang-orang yang membicarakannya, dan kami mendustakan hari pembalasan, sampai datang kepada kami kematian." (QS Al-Muddatstsir ayat 38-47)

Seperti Apakah Neraka Saqar itu?
Masih di dalam surat yang sama, Allah berfirman: "Dan tahukah kamu apa (neraka) Saqar itu?" (QS Al-Muddassir ayat 27)

Dalam tafsir Kemenag dijelaskan, Saqar itu tidak meninggalkan dan tidak mengembalikan. Artinya, setiap tubuh manusia yang dibakarnya, tidak satu pun yang tersisa dari daging maupun tulang.

Kemudian tubuh yang telah hangus itu dikembalikan lagi menjadi baru dan segar. Tetapi dibakar lagi sampai hangus untuk kedua kali dan seterusnya. Keterangan seperti itu juga dijelaskan dalam ayat yang lain berbunyi: "Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti dengan kulit yang lain, agar mereka merasakan azab." (QS an-Nisa' ayat 56)

Dalam ayat lain, Allah juga mengingatkan orang yang lalai dalam mengerjakan sholat. Sebagaimana firman-Nya: "Maka celakalah orang yang sholat, (yaitu) orang-orang yang lalai terhadap sholatnya, yang berbuat ria, dan enggan (memberikan) bantuan." (QS. Al-Ma'un ayat 4-7)

Lalai yang dimaksud adalah tidak memenuhi ketentuannya, mengerjakan sholat di luar waktunya. kemudian, bermalas-malasan, tidak ikhlas dan berbuat riya dalam sholatnya maupun perbuatan baik lainnya.

Baca Juga: Sering Menunda Shalat? Ini Bahayanya Bagi Seorang Muslim
(rhs)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2548 seconds (10.55#12.26)