Rasulullah Suka Bercanda dan Tertawa tetapi Tidak Melampaui Batas

Sabtu, 10 Desember 2022 - 13:12 WIB
loading...
A A A
3. Menggoda Ummul Mukminin Aisyah

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga sering kali bercanda dan menggoda Aisyah Radhiyallahu anha.
Suatu kali beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepadanya: “Aku tahu kapan engkau suka kepadaku dan kapan engkau marah kepadaku,” Aku (‘Aisyah) menyahut: “Darimana engkau tahu?”

Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata: “Kalau engkau suka kepadaku engkau akan mengatakan, ‘Tidak, demi Rabb Muhammad,’ dan kalau engkau marah kepadaku engkau akan mengatakan, “Tidak, demi Rabb Ibrahim”.

Aku (‘Aisyah) menjawab: “Benar, demi Allah! Tidaklah aku menghindari melainkan namamu saja.”

4. Bercanda dengan al-Hasan bin Ali Radhiyallahu anhu

Abu Hurairah Radhiyallahu anhu menceritakan: “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah menjulurkan lidahnya bercanda dengan al-Hasan bin Ali Radhiyallahu'anhu. Ia melihat merah lidah beliau, lalu ia segera menghambur menuju beliau dengan riang gembira.”

5. Ummu Sulaim Menghunus Pisau

Diriwayatkan oleh Anas bin Malik radhiyallahu‘anhu, kala Perang Hunain berkecamuk, Abu Thalhah mendatangi Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk bercanda perihal istrinya, Ummu Sulaim. "Tidak kah engkau melihat Ummu Sulaim berkalung pisau?" seru Abu Thalhah.

Lantas Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengonfirmasikan hal itu pada yang bersangkutan. "Apa yang kau lakukan wahai Ummu Sulaim? tanya beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ummu Sulaim menjawab, "Aku bermaksud, jika ada musuh mendatangiku, aku bisa membela diri dengan pisau ini."
(HR. Muslim, Ahmad, Ibnu Hisyam. Shahîh al-Jami’ish-Shaghir)

Ummu Sulaim adalah seorang sahabat wanita dari kalangan sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan beliau adalah ibunda dari sahabat mulia, Anas bin Malik radhiyallahu‘anhu.



Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3383 seconds (0.1#10.140)