3 Keutamaan Membaca Surat At-Tin yang Jarang Diketahui

Jum'at, 23 Desember 2022 - 15:52 WIB
loading...
3 Keutamaan Membaca Surat At-Tin yang Jarang Diketahui
Pada ayat pertama Surat At-Tin, Allah bersumpah dengan buah Tin dan Zaitun menunjukkan surat ini sangat mulia dan memiliki keutamaan. Foto/Ist
A A A
Surat At-Tin (التِّيۡنِ) termasuk golongan surat-surat pendek terdiri 8 ayat. Surat ke-95 dalam Al-Qur'an ini diturunkan sesudah Surat Al-Buruuj. Berikut beberapa keutamaan membaca Surat At-Tin.

Nama At-Tiin diambil dari kata At-Tiin yang terdapat pada ayat pertama surat ini yang artinya buah Tin. Pada ayat pertama surat ini, Allah bersumpah dengan buah Tin dan Zaitun. Tin dan Zaitun adalah buah memliki kelebihan dan keistimewaan karena mengandung banyak manfaat. Buah ini tumbuh di Yerusalem, tempat lahirnya Nabi Isa 'alaihissalam dan menerima wahyu.

Keutamaan Membaca Surat At Tin
Seperti surat Al-Qur'an lainnya, Surat at-Tin juga memiliki keutamaan bagi pembacanya. Surat ini secara singkat menceritakan tentang kuasa Allah menciptakan manusia sebagai ciptaan yang paling sempurna. Setelah bersumpah dengan nama buah-buahan yang bermanfaat atau tempat-tempat yang mulia, Allah menegaskan bahwa Dia menciptakan manusia dengan kondisi fisik dan psikis terbaik.

1. Pembacanya Diganjar Surga dari Allah
Abi Abdullah berkata, "Barangsiapa yang membaca Surat At-Tin di dalam shoat fardu dan sunahnya, maka ia akan diberi surga hingga ia rida. InsyaAllah." (Tsawabul A'mal: 153)

2. Wasilah Agar Makanan Menjadi Berkah
Dalam Tafsirul Burhan, Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang membacanya (Surat At-Tin) atas makanan, maka Allah akan menghilangkan keburukan dari makanan itu, meski terdapat racun di dalamnya, maka ia menjadi obat." (Tafsirul Burhan, Juz 8: 318)

3. Menjadikan Pembacanya Orang yang Bersyukur
Surat At-Tin dapat menjadikan pembacanya menjadi golongan orang yang bersyukur. Surat ini mengandung penegasan Allah menciptakan manusia dengan sempurna dalam bentuk yang sebaik-baiknya. Kemudian disebutkan, orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan akan mendapat pahala yang tidak ada putus-putusnya.

Demikian keutamaan membaca Surat at-Tin yang patut diketahui umat muslim. Semoga bermanfaat.



Wallahu A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1045 seconds (0.1#10.140)