8 Alasan Kitab Riyadhus Shalihin Disukai Umat Muslim di Dunia

Selasa, 27 Desember 2022 - 23:16 WIB
loading...
8 Alasan Kitab Riyadhus Shalihin Disukai Umat Muslim di Dunia
Riyadhus Shalihin merupakan kitab populer dalam dunia Islam. Kitab karangan Imam Nawawi ini paling diterima semua Mazhab dan kelompok Islam sejak dulu hingga sekarang. Foto/Ist
A A A
Semua ulama sepakat bahwa Shahih Al-Bukhari merupakan kitab paling sahih (benar) setelah Al-Qur'an, kemudian disusul Shahih Muslim. Adapun Riyadhus Shalihin merupakan kitab yang sangat disukai umat muslim di dunia.

Kitab Riyadhus Shalihin memiliki keistimewaan sendiri dan paling banyak dibaca oleh umat Islam. Riyadhus Shalihin bermakna "taman orang-orang shalih" berisi kumpulan Hadis-hadis pilihan. Kitab ini ditulis oleh ulama besar bernama Abu Zakariya Muhyiddin bin Syaraf An-Nawawi (Imam Nawawi), wafat 676 Hijriyah.

Ada beberapa alasan yang menjadikan Riyadhus Shalihin sangat populer di kalangan umat muslim. Pengasuh Ma'had Subuluna Bontang Kalimantan Timur, KH Ahmad Syahrin Thoriq mengatakan, Riyadhus Shalihin adalah kitab yang unik, karya yang sangat luar biasa.
8 Alasan Kitab Riyadhus Shalihin Disukai Umat Muslim di Dunia

Berikut 8 alasan yang membuat Riyadhus Shalihin populer dan disukai umat Muslim di dunia:

1. Kitab karangan ulama paling diterima oleh semua Mazhab dan kelompok Islam sejak dulu hingga sekarang.

2. Riyadhus Shalihin juga merupakan kitab rangking kedua paling populer dalam dunia Islam. Kitab ini hanya kalah dari satu kitab, yakni Kitabullah, Al-Qur'an.

3. Kitab ini paling banyak diterjemahkan dalam berbagai bahasa di dunia dan dicetak melebihi kitab karangan ulama manapun.

4. Riyadhus Shalihin hampir bisa dipastikan ada di rak buku para ustaz, kiyai, guru ngaji bahkan yang para santri. Ada ungkapan:

لا يخلو بيت مسلم منه غالبا

Artinya: "Hampir tidak ada rumah seorang muslim yang tidak memilikinya."

5. Yang dicantumkan dalam kitab ini hanyalah ayat dan hadis sesuai tema yang dikemukakan. Itu pun hadits-hadits pilihan. Pengarangnya hanya sesekali menjelaskan beberapa lafadz yang asing dan mencantumkan penjelasan penting. Meskipun kitab ini bukanlah kitab tipis, tidak sedikit orang yang menghafal isinya.

6. Riyadhus Shalihin adalah kitab paling sedikit mendapat kritikan. Sebaliknya ia termasuk kitab yang mendapatkan banyak pujian dari para ulama.

7. Susunan bab demi bab dalam kitab ini sangat mengagumkan. Seperti ditata sedemikian rupa sehingga seakan ia membahas masalah dari awal ke akhir. Atau dari bab yang terpenting dahulu baru menuju ke bab penting berikutnya.

8. Imam Nawawi rahimahullah sebagai penulis kitab ini mendapatkan gelar dari para ulama sebagai Muhyidin (penghidup agama).Beliau dikenal sebagai seorang ulama besar abad ke-7 Hijriyah. Namun sang imam pernah mengancam akan menuntut siapapun yang menggelarinya dengan julukan itu. Ini menunjukkan beliau adalah ulama yang ikhlas, tawadhu dan tidak gila pujian.

Demikian sekilas keistimewaan Riyadhus Shalihin dan alasan mengapa kitab ini disukai semua kalangan muslim di dunia.

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5608 seconds (0.1#10.140)