Keutamaan dan Manfaat Membaca Surat Al-Ghasyiyah

Kamis, 12 Januari 2023 - 22:56 WIB
loading...
Keutamaan dan Manfaat Membaca Surat Al-Ghasyiyah
Surat Al-Ghasyiyah ini sering dibaca oleh Nabi Muhammad SAW pada rakaat kedua pada sholat Jumat dan sholat Id hari raya. Foto/Rusman H Siregar
A A A
Surat Al-Ghasyiyah (لۡغَاشِيَةِؕ) adalah surat ke-88 dalam mushaf Al-Qur'an. Surat yang terdiri 26 ayat ini memiliki keutamaan dan manfaat yang tak banyak diketahui kaum muslim.

Surat ini yang terdapat pada juz 30 ini masuk dalam golongan surat-surat Makkiyah, diturunkan sesudah Surat Adz-Dzaariat. Nama Ghasyiyah (hari pembalasan) diambil dari lafaz "Al-Ghaasyiyah" yang terdapat pada ayat pertama surat ini.

Kandungan Surat Al-Ghasyiyah
Surat ini menceritakan tentang hari Kiamat. Surat ini kerap dibaca Nabi Muhammad SAW pada rakaat kedua pada sholat Jumat dan sholat hari raya. Pada ayat pertama surat ini, Allah berfirman: "Hal ataaka hadiisul ghaashiyah"? yang artinya sudahkah sampai kepadamu berita tentang (hari Kiamat)?

Berikut kandungan Surat Al-Ghasyiyah :
1. Kabar tentang peristiwa hari Kiamat.
2. Peringatan tentang orang-orang durhakan dan azab yang mereka terima.
3. Keterangan tentang orang-orang yang beriman dan balasan surga.
4. Perintah untuk memperhatikan keajaiban pada ciptaan-ciptaan Allah.
5. Perintah kepada Rasulullah SAW untuk memperingatkan kaumnya kepada ayat-ayat Allah.

Keutamaan dan Manfaat Surat Al-Ghasyiyah
Berikut keutamaan dan manfaat membaca Surat Al-Ghasyiyah dikutip dari Abusyuja:

1. Keistimewaan yang Diberikan kepada Nabi Muhammad SAW
Surat Al-Ghasyiyah adalah termasuk dalam Al-Mufashshal yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai tambahan, sehingga beliau memiliki keistimewaan dibandingkan dengan Nabi-Nabi pendahulunya.

2. Pembacanya Dirahmati Allah
Allah menyelubungi pembacanya dengan rahmat-Nya di dunia dan di akhirat. Abi Abdullah berkata: "Barangsiapa yang dengan istiqamah membaca 'Hal ataka haditsul-ghasyiyah' (Surat Al-Ghasyiyah) di dalam sholat fardhu atau sunah, maka Allah akan menyelubunginya dengan rahmat-Nya di dunia dan akhirat dan pada hari Kiamat, Allah akan mendatangkannya denganaman dari siksa neraka." (Tswabul A'mal: 152)

3. Memperoleh Hisab yang Ringan
Orang yang membaca Surat Al-Ghasyiyah akan memperoleh hisab yang ringan. Surat ini dapat dijadikan doa atau wasilah kelahiran, orang yang meminta tolong, dan orang yang melarikan diri. Nabi Muhammad SAW bersabda: "Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Ghasyiyah), maka Allah akan menghisabnya dengan hisab yang mudah. Barangsiapa yang membacanya atas dilahirkan seorang manusia, atau yang lain, orang yang meminta tolong, dan orang yang melarikan diri, maka itu dapat menenangkannya dan membuatnya diam." (Tafsirul Burhan, Juz 8: 267)

Baca Juga: Keutamaan Membaca Surat Al-Insyirah dan Al-Fil Ketika Sholat Qobliyah Subuh
(rhs)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1573 seconds (10.101#12.26)