5 Keutamaan Orang yang Sakit

Senin, 13 Juli 2020 - 17:12 WIB
loading...
A A A
Menjawab (anak cucu adam): "Ya Rab, bagaimana aku memberi-mu minum sedangkan engkau adalah tuhan semesta alam?" Allah menjawab: "Engkau (tahu) hamba-Ku meminta minum kepadamu tetapi tidak engkau berikan kepadanya, tidakkah engkau tahu ketika engkau memberinya minum di sana pun ada aku". (HR Muslim, Ibnu Hibban dan Al-Baihaqi)

Orang yang sakit mendapat nikmat Allah Ta'ala, maka orang yang sakit dekat dengan Allah Ta'ala. Apabila menjenguk orang sakit, Malaikat hadir mendoakan orang sakit. Namun, tidak dianjurkan terlalu lama-lama karena orang yang sakit membutuhkan istirahat. Ada sebagian ulama kalau menjenguk orang sakit dia minta doa kepada orang yang sakit karena doanya mustajab.

5. Allah Ta'ala Memberikan Kebaikan Untuknya.
Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa yang Allah inginkan kebaikan, maka Allah Ta'ala akan memberinya musibah (ujian)". (HR Al-Bukhari). (Baca Juga: Doa Mohon Perlindungan Diri Saat Menjenguk Orang Sakit)

Hikmah Penyakit:
1. Kita diajarkan untuk belajar sabar.
2. Allah Ta'ala menghapus dosa kita.
3. Tanda Allah mencintaimu.
4. Allah mendekatkanmu kepadanya.
5. Belajar sifat ridha kepada Allah.
6. Sadar akan kelalaian kita.
7. Mendapat balasan pahala besar.
8. Allah yang menyembuhkan penyakit.
9. Merasakan orang yang mencintai kita.

Demikian lima keutamaan orang yang sakit. Mudah-mudahan Allah Ta'ala senantiasa merahmati kita, dan yang sedang sakit semoga diangkat penyakitnya oleh Allah Ta'ala. ( )

Wallahu Ta'ala A'lam
(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3273 seconds (0.1#10.140)