alexametrics

5 Keutamaan Orang yang Sakit

loading...
5 Keutamaan Orang yang Sakit
Ketika seseorang ditimpa penyakit kemudian ia ridha dan bersabar maka dosa dan kesalahannya akan diampuni. Foto Ilustrasi/Dok islam kingdom
Penyakit kerap dianggap sebagai hal yang tidak menyenangkan dan dijauhi banyak orang. Padahal dalam perspektif syariat, penyakit merupakan anugerah besar dan menjadi sebab seseorang dekat dengan Allah Ta'ala.

Ketika seseorang ditimpa penyakit lala ia ridha dan bersabar maka ia akan menjadi orang yang beruntung. Ada lima keutamaan orang yang sakit yang perlu diketahui kaum muslimin. (Baca Juga: Dahsyatnya Keutamaan Menjenguk Orang Sakit)

Menurut Syeikh Ahmad Al-Mishri saat kajian di Masjid Permata Qalbu, Perumahan Permata Mediterania Pos Pengumben Jakarta Barat, orang yang terkena penyakit akan ditolong selama dia bertauhid, bersabar, dan memohon. (Baca Juga: Imam Ahmad Menulis Doa Ini untuk Sembuhkan Sakit Panas)

Berikut 5 Fadhillah Orang yang Sakit:



1. Allah Mengeluarkan Sifat Sabar dalam Diri SeseorangSaat Ditimpa Penyakit.
Dari Shuhaib, ia berkata Rasulullah SAW bersabda:

عَجَبًا لأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ



"Sungguh menakjubkan keadaan seorang mukmin. Seluruhnya urusannya itu baik. Ini tidaklah didapati kecuali pada seorang mukmin. Jika mendapatkan kesenangan, maka ia bersyukur. Itu baik baginya. Jika mendapatkan kesusahan, maka ia bersabar. Itu pun baik baginya". (HR Muslim, No. 2999).

Allah Ta'ala memberi kita penyakit agar Allah menanamkan sifat sabar dalam diri kita. Inilah kebaikan yang mendpat ganjaran pahala besar.

2. Menghapus Dosa dan Kesalahan.
Penyakit yang menimpa seseorang menjadi sebab diampuni dosanya. Sifat sabar ini bisa menjadi sebab seseorang masuk surga."Telah menceritakan kepada kami Musaddad telah menceritakan kepada kami yahya dari imran bin abu bakar dia berkata; telah menceritakan kepadaku 'Atha' bin Abu Rabah dia berkata; Ibnu Abbas pernah berkata kepadaku; "Maukah aku tunjukkan kepadamu seorang wanita dari penduduk surga?" jawabku; "tentu." Dia berkata: "Wanita berkulit hitam ini, dia pernah menemui Nabi Muhammad SAW sambil berkata: "Sesungguhnya aku menderita epilepsi dan auratku sering tersingkap (ketika sedang kambuh), maka berdoalah kepada Allah untukku."
halaman ke-1 dari 3
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
cover top ayah
وَهُوَ الَّذِىۡ مَرَجَ الۡبَحۡرَيۡنِ هٰذَا عَذۡبٌ فُرَاتٌ وَّهٰذَا مِلۡحٌ‌ اُجَاجٌ ۚ وَجَعَلَ بَيۡنَهُمَا بَرۡزَخًا وَّحِجۡرًا مَّحۡجُوۡرًا
Dan Dialah yang membiarkan dua laut mengalir (berdampingan); yang ini tawar dan segar dan yang lain sangat asin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang tidak tembus.

(QS. Al-Furqan:53)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak