Doa Agar Musibah di Dunia Terasa Ringan Lengkap Arab dan Latin

Senin, 16 Januari 2023 - 16:35 WIB
loading...
Doa Agar Musibah di Dunia Terasa Ringan Lengkap Arab dan Latin
Siapa yang zuhud terhadap dunia, maka berbagai musibah akan terasa ringan olehnya. Foto/SINDOnews
A A A
Dalam Al-Qur'an disebutkan, tidak ada satu musibah yang menimpa seseorang melainkan atas izin Allah. Musibah merupakan takdir-Nya untuk menguji keimanan manusia.

Musibah juga diartikan sebagai bencana atau malapetaka. Baik berupa kesedihan, hilangnya harta benda, anak, atau keburukan yang menimpa seseorang. Bagi yang ridho dan sabar dengan ujian musibah maka ia mendapatkan kebaikan.

Sebagaimana Nabi shollallohu 'alaihi wasallam pernah bersabda, keadaan orang beriman itu sangat menakjubkan. Jika ia mendapat kesenangan ia bersyukur maka itu baik baginya. Ketika ia ditimpa musibah ia bersabar, maka itu pun baik baginya.

Agar musibah di dunia terasa ringan, seorang mukmin dapat mengamalkan doa yang diajarkan Rasulullah SAW berikut. Dari Ibnu Umar bahwa Nabi shollallohu 'alaihi wasallam pernah bermunajat dalam doanya:

اَللَّهُمَّ اقْسِمْ لَنَا مِنْ خَشْيَتِكَ مَاتَحُوْلُ بَيْنَنَا وَبَيْنَ مَعْصِيَتِكَ وَمِنْ طَاعَتِكَ مَا تُبَلِّغُنَابِهِ جَنَّتَكَ وَمِنَ الْيَقِيْنِ مَاتُهَوِّنُ بِهِ عَلَيْنَا مَصَائِبَ الدُّنْيَا

Allahummaqsim lanaa min khosyatika maa tahuulu bainana wa baina ma'shiyatika, wa min thoo'atika ma tuballighuna bihi jannataka, wa minal-yaqiini ma tuhawwinu bihi 'alainaa mashoo-ibad-dunyaa.

Artinya: "Ya Allah, anugerahkan kepada kami rasa takut kepada-Mu yang membatasi antara kami dengan perbuatan maksiat kepadamu dan berikan ketaatan kepada-Mu yang mengantarkan kami ke surga-Mu. Dan anugerahkan pula keyakinan yang akan menyebabkan ringan bagi kami segala musibah di dunia ini." (HR at-Tirmidzi, An-Nasaai, Al Hakim, Al-Baghawi)

Sayyidina Ali bin Abi Thalib karamallahu wajhah pernah berkata: "Barangsiapa yang zuhud terhadap dunia, maka berbagai musibah akan terasa ringan olehnya."

Demikian doa yang dapat kita amalkan agar musibah di dunia terasa ringan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Doa Agar Hati Tenang Saat Galau Atau Gelisah
(rhs)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2308 seconds (10.101#12.26)