Topik Terkait: Bahasa Jawa (halaman 7)

  • Miliki Pengajar Beragama...
    Santri
    Jum'at, 15 Mei 2020 - 11:08 WIB
    Di semua ponpes, Talimul Mutaallim menjadi semacam kajian wajib santri. Bedanya, di ponpes yang terletak di Desa Meliling, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan, Bali ini, mengaji kitab kuning dilakukan menggunakan bahasa Bali.
  • Bacaan Niat Puasa Senin...
    Tips
    Senin, 03 Juli 2023 - 13:08 WIB
    Bacaan niat puasa Senin-Kamis dalan bahasa Indonesia dan Arab ini, penting diketahui ketika berniat menjalankan ibadah puasa sunah tersebut. Dalam menjalankan Puasa Senin Kamis ini tidak ada yang berbeda seperti puasa sunah.
  • Doa Jeda Tarawih Allahumma...
    Tips
    Selasa, 26 Maret 2024 - 15:02 WIB
    Doa jeda tarawih penting diketahui umat Muslim. Biasanya, doa tersebut akan dibacakan di sela-sela pelaksanaan salat tarawih. Salat tarawih sendiri merupakan salah satu amalan yang bisa dikerjakan pada bulan Ramadan
  • Niat Sholat Idul Fitri...
    Tips
    Senin, 17 April 2023 - 13:57 WIB
    Niat sholat Idul Fitri dapat dilakukan dalam hati sebelum melaksanakan sholat Ied. Bagaimana lafadz niat sholat Iidul Fitri ini dalam bahasa arab dan terjemahannya?
  • Syekh Siti Jenar Dibilang...
    Hikmah
    Rabu, 19 Januari 2022 - 18:09 WIB
    Kisah Syekh Siti Jenar cukup melegenda di tengah masyarakat Jawa. Ia dikisahkan dari mulut ke mulut dan menjadi cerita misteri di tengah masyarakat Jawa sebagai jelmaan cacing
  • Kesultanan Demak Ternyata...
    Dunia Islam
    Kamis, 04 Agustus 2022 - 18:53 WIB
    Buku-buku sejarah di sekolah selalu mengajarkan bahwa kerajaan Islam pertama di Jawa adalah Kesultanan Demak. Agus Sunyoto meralat ini dan mengatakan Kerajaan Lamajang Tigang Juru.
  • Sejarah Ilmu Nahwu Pertama...
    Hikmah
    Rabu, 22 April 2020 - 17:21 WIB
  • 7 Ucapan Isra Miraj...
    Dunia Islam
    Sabtu, 18 Februari 2023 - 21:50 WIB
    Ucapan Isra Miraj dalam Bahasa Inggris dapat digunakan umat muslim yang ingin berbagai pesan tentang perjalanan agung Rasulullah SAW hingga ke Sidratul Muntaha.
  • Usaha Arabisasi Pemerintahan...
    Hikmah
    Senin, 27 Juli 2020 - 08:05 WIB
    Sultan Abdul Hamid II menginginkan Bahasa Arab menjadi bahasa resmi Utsmani. Hanya saja, usul tersebut banyak yang menentang, terutama dari kalangan alumni Barat.
  • Bacaan Talbiyah Haji...
    Tips
    Rabu, 08 Mei 2024 - 08:48 WIB
    Bacaan Talbiyah untuk ibadah haji dan umrah ini perlu diketahui oleh setiap muslim. Talbiyah sendiri merupakan kalimat yang dibacakan Nabi Ibrahim AS setelah selesai membangun Kakbah.
  • Bacaan Surat Yasin dan...
    Tausyiah
    Minggu, 27 Agustus 2023 - 17:44 WIB
    Bacaan Surat Yasin dan Tahlil lengkap bahasa Arab, latin dan terjemahan Indonesia adalah amalan yang dianjurkan karena bertabur pahala dan keutamaan.
  • Abu Nawas dan Gajah...
    Hikmah
    Rabu, 21 Oktober 2020 - 10:05 WIB
    Abu Nawas tak mau ketinggalan. Ia maju ke tengah gelanggang mencoba menaklukkan gajah ajaib itu. Setelah berhadapan dengan gajah, Abu Nawas pun menguji gajah itu.
  • 7 Amalan Rebo Wekasan,...
    Tips
    Rabu, 28 Agustus 2024 - 09:54 WIB
    Rebo Wekasan merupakan sebuah tradisi perayaan yang diadakan pada hari Rabu terakhir di bulan Safar. Biasanya tradisi ini dilakukan oleh masyarakat muslim yang tinggal di daerah Jawa, seperti Kudus dan Banyuwangi
  • Nama Nabi Isa dalam...
    Dunia Islam
    Kamis, 22 Desember 2022 - 23:09 WIB
    Nama Nabi Isa alaihissalam dalam beberapa bahasa menarik untuk diketahui. Dalam perspektif Islam, Nabi Isa merupakan seorang Rasul Allah yang diutus untuk Bani Israil.
  • 6 Contoh Teks Ceramah...
    Dunia Islam
    Rabu, 27 September 2023 - 12:20 WIB
    Beberapa contoh teks ceramah maulid Nabi berikut ini bisa dijadikan materi dalam rangka memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad SAW. Berikut contoh-contoh teks ceramah Maulid Nabi tersebut.
  • Bacaan Maulid Simtudduror...
    Tips
    Jum'at, 29 Maret 2024 - 14:23 WIB
    Bacaan Maulid Simtudduror lengkap ini biasa diamalkan dalam setiap acara keagamaan seperti Maulid Nabi atau di setiap malam Jumat. Maulid Simtudduro sendiri merupakan salah satu kitab berisi sirah Nabi dan selawat.
  • Hati-hati, Kebencian...
    Tausyiah
    Kamis, 24 Juni 2021 - 10:40 WIB
    Para ulama terdahulu mengingatkan kita agar tidak menaruh kebencian kepada sesama saudara muslim. Sebab, kebencian terhadap saudara termasuk perkara maksiat.
  • Lirik Selawat Al Fatih...
    Tips
    Senin, 13 November 2023 - 17:41 WIB
    Selawat Al Fatih termasuk di antara amalan yang memiliki banyak keutamaan. Maka dari itu, umat Muslim perlu mengetahui lirik serta memahami artinya.
  • Bacaan Akad Nikah Arab...
    Tips
    Rabu, 05 Juli 2023 - 07:30 WIB
    Bacaan akad nikah Arab dan Indonesia lengkap di bawah ini bisa menjadi referensi bagi yang hendak melangsungkan pernikahan. Berikut lafaz bacaannya.
  • Bacaan dan Doa Kanzul...
    Tips
    Senin, 28 Agustus 2023 - 15:48 WIB
    Doa kanzul arsy merupakan salah satu doa yang memiliki banyak manfaat bagi umat Islam. Terutama bagi seseorang yang tengah menghadapi masalah dalam hidup.