Topik Terkait: Hafidz Quran

  • Sejarah Nuzulul Quran: Memblokade Paham-Paham Jahiliah
    Tausyiah
    Senin, 18 Maret 2024 - 14:27 WIB
    Sejarah nuzulul Quran atau turunnya Al-Quran terbagi dalam 2 periode. Menurut para ulama Ulum Al-Quran, periode pertama adalah periode sebelum hijrah. Kedua, periode sesudah hijrah.
  • Cinta Quran Foundation Gelar Quranization, Diikuti 100.000 Orang Baca Al-Quran Bersama
    Dunia Islam
    Senin, 18 April 2022 - 18:05 WIB
    Cinta Quran Foundation menyelenggarakan event spektakuler bertajuk Quranization: Bergerak Hapus Buta Aksara Quran, bertepatan dengan momen Ramadan 1443 H pada 17 April 2022.
  • 3 Tujuan Pokok dan Dakwah Menurut Al-Quran
    Tausyiah
    Selasa, 19 Maret 2024 - 03:00 WIB
    Quraish Shihab mengatakan dari sejarah diturunkannya Al-Quran, dapat diambil kesimpulan bahwa Al-Quran mempunyai tiga tujuan pokok. Salah satunya petunjuk akidah dan kepercayaan.
  • 3 Contoh Teks Ceramah Nuzulul Quran, Singkat dan Disertai Dalil
    Hikmah
    Rabu, 27 Maret 2024 - 03:17 WIB
    Teks ceramah Nuzulul Quran seringkali dicari menjelang tanggal 17 Ramadan atau bertepatan dengan hari turunnya kitab suci Al Quran. Karena pada hari tersebut banyak hal yang dapat disampaikan kepada setiap umat muslim.
  • Pandangan Habib Umar Bin Hafidz Terkait Larangan Salat Jumat
    Tausiyah
    Kamis, 09 April 2020 - 09:05 WIB
    Salah satu sahabat di Inggris Raya meminta pendapat kepada ulama besar Yaman, Al-Habib Umar Bin Hafidz terkait pelarangan menghadiri Salat Jumat dan Jamaah akibat wabah Corona.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Membumikan Al-Quran, PKS DKI Gelar Peringatan Nuzulul Quran
    Dunia Islam
    Selasa, 04 Mei 2021 - 04:31 WIB
    Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DKI Jakarta mengadakan peringatan Nuzulul Quran pada akhir fase kedua Ramadhan 1442 H.
  • Hafizh Quran Termuda di Dunia, Ada yang Hafal Saat Usia 3 Tahun
    Dunia Islam
    Selasa, 21 Desember 2021 - 07:45 WIB
    Menjadi hafizh Quran termuda di dunia adalah prestasi yang sangat membanggakan. Berikut beberapa sosok Hafizh Quran termuda yang pernah viral di media sosial.
  • Arab Saudi Gelar Lomba Tilawah Quran dan Adzan Terbesar di Dunia
    Dunia Islam
    Kamis, 14 April 2022 - 20:34 WIB
    Lebih dari 40 ribu peserta dari 80 negara diseluruh ikut mendaftar untuk berpartipasi di dalamnya, 36 di antaranya lolos ke tahap akhir dari beberapa negara.
  • Ayat-Ayat Al-Quran Terkesan Acak, Begini Penjelasan Quraish Shihab
    Tausyiah
    Minggu, 17 April 2022 - 19:09 WIB
    Seringkali pada saat Al-Quran berbicara tentang satu persoalan menyangkut satu dimensi atau aspek tertentu, tiba-tiba ayat lain muncul berbicara tentang aspek atau dimensi lain.
  • 15 Ayat tentang Menuntut Ilmu dalam Al-Quran
    Tausyiah
    Jum'at, 05 April 2024 - 16:08 WIB
    Berikut ini 15 ayat tentang menuntut ilmu dalam Al-Quran antara lain surat Al-Mujadalah ayat 11, Shad ayat 29, At-Taubah ayat 122, Ali Imran Ayat 61 dan lainnya.
  • Begini Contoh Sikap yang Baik bagi Perempuan dalam Ayat-Ayat Al-Quran
    Tausyiah
    Selasa, 29 Agustus 2023 - 13:39 WIB
    Ayat-ayat tentang teladan perempuan di dalam Al-Quran antara lain sikap Ibu Musa dan kepatuhannya terhadap perintah Allah Taala. Juga saudara perempuan Nabi Musa dan kehebatan siasatnya.
  • 9 Ayat Al-Quran tentang Silaturahmi
    Tausyiah
    Rabu, 17 April 2024 - 07:43 WIB
    Berikut ini 9 Ayat Al Quran tentang Silaturahmi antara lain surat An Nisa ayat 1, Surat An Nisa ayat 36, surat Muhammad ayat 22, surat Al Isra ayat 26.
  • 5 Fakta Menarik Umar bin Hafidz, Salah Satu Muslim Paling Berpengaruh di Dunia
    Dunia Islam
    Senin, 29 Januari 2024 - 19:19 WIB
    Sosok Umar bin Hafidz merupakan ulama asal Yaman yang telah beberapa kali melakukan kunjungan ke Indonesia. Tak heran jika namanya sudah tidak asing, lantas siapakah beliau ini?
  • Melahirkan Generasi yang Mencintai Al-Quran Dimulai Sejak dalam Kandungan
    Muslimah
    Selasa, 16 Agustus 2022 - 08:02 WIB
    Jadikan Al-Quran sebagai pegangan sekaligus pedoman hidup dalam keluarga. Karena dengan Al-Quran kita bisa menjadi pribadi yang dicintai Allah Taala.
  • Qari Indonesia Asal Jakarta Raih Juara MTQ Internasional di Dubai
    Dunia Islam
    Rabu, 05 April 2023 - 23:51 WIB
    Fatwa Hadi Maulana, qari asal DKI Jakarta, berhasil mengukir prestasi pada ajang MTQ Ke-26 tingkat internasional, di Dubai, Uni Emirat Arab.
  • Sejarah Singkat Periwayatan Al-Quran
    Hikmah
    Selasa, 24 Desember 2019 - 05:15 WIB
    Syeikh Ahmad At-Tamadi, Ulama Al-Azhar Mesir, mengulas sejarah singkat periwayatan Al-Quran saat mengisi kajian di Masjid Al-Aqsha, Bintaro Jaya Sektor 9, Tangerang Selatan.
  • 7 Contoh Bacaan Tajwid Qalqalah Sugra dalam Al Quran, Pahami dan Pelajari
    Tips
    Selasa, 28 November 2023 - 09:23 WIB
    Qalqalah Sugra merupakan salah satu ilmu tajwid yang perlu dipahami dan wajib diterapkan ketika seorang muslim tengah membaca Al Quran.
  • Apakah Nuzulul Quran Benar Terjadi pada 17 Ramadan? Begini Penjelasannya
    Hikmah
    Selasa, 19 Maret 2024 - 04:00 WIB
    Apakah Nuzulul Quran benar terjadi pada 17 Ramadan? Pertanyaan seperti itulah yang kebanyakan ditanyakan orang-orang tentang waktu turunnya Al-Quran.
  • 4 Hikmah Nuzulul Quran yang Patut Diketahui Umat Muslim
    Tausyiah
    Sabtu, 16 April 2022 - 22:55 WIB
    Al-Quran diturunkan setidaknya melalui dua proses besar. Pertama, Al-Quran diturunkan dari Lauhul Mahfudz ke Baitul Izzah (Langit Dunia). Berikut 4 hikmah Nuzulul Quran.
  • Sejarah Nuzulul Quran, Wahyu Pertama Turun saat Nabi Muhammad SAW Belum Menjadi Rasul
    Tausyiah
    Selasa, 12 April 2022 - 14:43 WIB
    Sejarah nuzulul Quran atau turunnya Al-Quran terbagi dalam 2 periode yang menurut para ulama Ulum Al-Quran, periode itu pertama periode sebelum hijrah dan kedua periode sesudah hijrah.