Topik Terkait: Keutamaan Umat Nabi Muhammad

  • Bersyukurlah! Ini 10 Keistimewaan Umat Nabi Muhammad SAW
    Tausyiah
    Jum'at, 23 April 2021 - 10:00 WIB
    Nikmat terbesar yang patut kita syukuri adalah ketika dipilih menjadi umat Nabi Muhammad. Berkat Beliau Nabi paling mulia, kita pun menjadi umat paling mulia di antara ummat-ummat lain.
  • Keutamaan Membaca Sirah Nabi Muhammad SAW
    Tausyiah
    Kamis, 13 Agustus 2020 - 19:19 WIB
    Hal paling utama dipelajari umat Islam setelah Kitab Suci Al-Quran adalah mempelajari sejarah hidup dan perjuangan Rasulullah SAW atau dikenal dengan Sirah Nabawiyah.
  • Keutamaan Shalawat, Utang Lunas dan Dikenali Nabi Muhammad
    Tausyiah
    Jum'at, 13 November 2020 - 21:47 WIB
    Shalawat adalah zikir terbaik yang menyebabkan turunnya rahmat Allah Taala. Tak hanya melunaskan utang, berkat shalawat kita dapat dikenali baginda Nabi Muhammad.
  • Inilah Nasab Nabi Muhammad yang Tersambung Hingga ke Nabi Adam
    Hikmah
    Senin, 18 November 2019 - 05:15 WIB
    Salah satu keistimewaan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW) adalah memiliki garis keturunan mulia yang nasabnya tersambung hingga kepada manusia pertama Nabi Adam alaihissalam (AS).
  • Kisah Nabi Jirjis, Adakah Nabi Setelah Nabi Isa Selain Nabi Muhammad SAW?
    Hikmah
    Rabu, 19 Januari 2022 - 15:27 WIB
    Jirjis oleh sebagian ulama digambarkan sebagai nabi yang memiliki mukjizat dari Allah SWT. Dia dibunuh sebanyak 70 kali dan selalu hidup kembali. Benarkah dia seorang nabi?
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Kisah Nabi Muhammad SAW Beli Tanah Anak Yatim untuk Bangun Masjid Nabawi
    Dunia Islam
    Jum'at, 06 Januari 2023 - 05:10 WIB
    Kisah Nabi Muhammad SAW membeli tanah dua anak Yatim untuk membangun Masjid Nabawi menarik diketahui. Masjid Nabawi merupakan tempat suci kedua bagi umat Islam.
  • Diselamatkan dari Neraka Berkat Memuliakan Nama Nabi Muhammad
    Hikmah
    Rabu, 13 Desember 2023 - 13:21 WIB
    Tak terhitung banyaknya riwayat-riwayat yang ditulis para Ulama terkait kemuliaan nama Nabi Muhammad atau keberkahan orang yang memiliki nama sama dengan nama Muhammad.
  • Kisah Nabi Muhammad SAW Menyempatkan Bersiwak Jelang Wafat Beliau
    Hikmah
    Senin, 13 Maret 2023 - 23:31 WIB
    Ummul Mukminin Aisyah radhiyallahu anha menceritakan kecintaan Nabi Muhammad shollallahu alaihi wasallam kepada siwak dan ketergantungan beliau dengannya.
  • Kisah Kelahiran Nabi Muhammad SAW Disaksikan 3 Perempuan Mulia, Siapa Saja Mereka?
    Hikmah
    Senin, 18 September 2023 - 20:33 WIB
    Kisah kelahiran Nabi Muhammad SAW pada 12 Rabiul Awal Tahun Gajah diiringi berbagai keajaiban dan peristiwa menakjubkan. Ada tiga perempuan menemani Ibunda Aminah saat proses kelahiran Nabi.
  • Gambaran Ketampanan Baginda Nabi Muhammad SAW
    Tausyiah
    Minggu, 16 Januari 2022 - 18:21 WIB
    Siapakah manusia paling tampan, Nabi Yusuf alahissalam atau Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam? Berikut gambarannya dijelaskan di berbagai kitab.
  • Biografi Nabi Muhammad, Manusia Teragung Sepanjang Masa
    Hikmah
    Minggu, 10 Juni 2018 - 16:27 WIB
    Muhammad bin Abdullah adalah Nabi dan Rasul terakhir yang diutus Allah Swt. Beliau lahir di Mekkah sekitar 570 Masehi atau pada tahun Gajah dan wafat di Madinah 632 Masehi pada usia 63 tahun.
  • Apakah Malam Lailatul Qadar hanya Diberikan Allah pada Umat Islam?
    Hikmah
    Jum'at, 29 Maret 2024 - 11:07 WIB
    Di bulan Ramadan, terutama di 10 hari terakhir Ramadan, akan ada satu malam yang lebih baik daripada 1.000 bulan. Malam itu dinamai sebagai malam Lailatul Qadar. Apakah Lailatul Qadar ini hanya diberikan untuk Umat Nabi Muhammad SAW saja?
  • 3 Marga Arab yang Bukan Keturunan Nabi Muhammad di Indonesia
    Dunia Islam
    Senin, 15 Agustus 2022 - 07:15 WIB
    Marga Arab yang bukan keturunan Nabi Muhammad di Indonesia menarik untuk diulas. Tidak semua marga Arab merupakan keturunan Nabi yang biasa dipanggil Habib.
  • Hikmah di Balik Pertemuan Nabi Musa dengan Nabi Muhammad SAW
    Hikmah
    Sabtu, 14 Januari 2023 - 15:39 WIB
    Kisah pertemuan Nabi Musa alaihissalam dengan Nabi Muhammad SAW saat Isra Miraj menyimpan hikmah dan pelajaran berharga. Simak kisahnya berikut ini.
  • Kelahiran Nabi Muhammad SAW Rahmat Terbesar Allah untuk Alam Semesta
    Tausyiah
    Senin, 18 September 2023 - 16:31 WIB
    Kelahiran Nabi Muhammad SAW bukanlah peristiwa biasa melainkan di dalamnya terdapat hikmah yang sangat agung. Kelahiran beliau merupakan rahmat terbesar Allah untuk alam semesta.
  • Kisah Nabi Muhammad SAW Ditinggal Orang-orang Tercinta Sejak Kecil
    Hikmah
    Senin, 29 Agustus 2022 - 14:41 WIB
    Terlahir sebagai yatim dan ditinggal ibunda tercinta sejak usia dini, tidak menghalangi Nabi Muhammad shollallohu alaihi wasallam untuk menjadi pribadi yang tangguh menjalani hidup.
  • Begini Gambaran Cinta Abdul Muthalib kepada Nabi Muhammad SAW
    Hikmah
    Kamis, 21 September 2023 - 17:59 WIB
    Spontan anak-anaknya menarik Muhammad agar mundur dari tempat tersebut. Ketika hal itu diketahui oleh Abdul Muthalib beliau menegur anak-anaknya. Biarkan cucuku ini, sungguh dia begitu istimewa, katanya.
  • Implikasi Nabi Muhammad Penutup Segala Nabi Menurut Nurcholish Madjid
    Hikmah
    Rabu, 26 Oktober 2022 - 14:12 WIB
    Salah satu implikasi Nabi Muhammad penutup segala nabi adalah manusia terbebas dari keharusan tunduk tidak semestinya kepada sesamanya, dan terbebas pula dari godaan cultic dan mitologi.
  • 8 Kekhususan Nabi Muhammad yang Tidak Dimiliki Manusia di Muka Bumi
    Hikmah
    Minggu, 28 Juni 2020 - 05:15 WIB
    Sosok Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW) layak diagungkan karena memiliki kekhususan yang tidak dimiliki oleh manusia pada umumnya.
  • Apakah Walisongo Keturunan Nabi Muhammad SAW? Berikut Nasab Lengkapnya
    Hikmah
    Selasa, 23 Agustus 2022 - 14:29 WIB
    Apakah Walisongo keturunan Nabi Muhammad SAW? Habib Luthfi bin Yahya menyebut para Walisongo adalah keturunan habaib dari marga Adzmatkhan. Garis keturunan para wali dari Fathimah ra