Topik Terkait: Khalifah Islam

  • Kisah Al-Mustashim Billah, Khalifah yang Syahid Diinjak-injak Kuda Pasukan Mongol
    Dunia Islam
    Senin, 22 November 2021 - 05:15 WIB
    Hulagu Khan mengeluarkan perintah mengeksekusi khalifah dengan cara menggulungnya dengan karpet tebal, lkemudian secara bersama-sama diinjak oleh barisan pasukan kuda Hulagu sampai syahid.
  • Kisah Khalifah Harun Al-Rasyid Angkat Putra Mahkota, Permaisuri Jejalkan Mutiara ke Mulut Penyair
    Dunia Islam
    Jum'at, 10 Juni 2022 - 18:35 WIB
    Pada saat Al-Amin dinobatkan sebagai putra mahkota, seorang penyair bernama Salm Al-Khasir melantunkan syair yang membuat Zubaidah menjejali mulutnya dengan butiran mutiara.
  • Kisah Khalifah Al-Mahdi Taklukkan Konstantinopel, Harun Al-Rasyid Jadi Bintang Abbasiyah
    Dunia Islam
    Minggu, 22 Mei 2022 - 19:25 WIB
    Pada 165 H, Harun diperintahkan ayahnya menyerang Bizantium dengan kekuatan 100.000 prajurit terpilih. Harun berhasil menembus pertahanan Bizantium dan menghancurkan satu persatu kota mereka.
  • Kisah Muawiyah bin Yazid Menolak Menjadi Khalifah karena Trauma
    Dunia Islam
    Rabu, 23 Februari 2022 - 14:56 WIB
    Muawiyah bin Yazid atau Muawiyah II (664684) sedianya menggantikan ayahnya menduduki kursi khalifah. Hanya saja ia menolak kendati akhirnya dibaiat pada tanggal 14 Rabiul Awwal 64 Hijriah.
  • Mengenal Khalifah Abu Abbas As-Saffah, Pendiri Dinasti Abbasiyah
    Dunia Islam
    Sabtu, 28 Januari 2023 - 23:24 WIB
    Berdirinya Dinasti Abbasiyah sebagai kekhalifahan Islam ketiga tak lepas dari sosok Abdullah bin Muhammad atau dikenal dengan Abu Abbas As-Saffah.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Barmak: Memeluk Islam di Era Utsman bin Affan, Berjaya di Era Harun Al-Rasyid
    Dunia Islam
    Rabu, 29 September 2021 - 17:52 WIB
    Barmak, memeluk Islam di era Khalifah Utsman bin Affan. Dalam perjalanan sejarah, anak cucu Barmak menjadi tokoh penting di era Khalifah Harun Al-Rasyid.
  • Kisah Raja Sriwijaya Kirim Surat kepada Khalifah Umar bin Abdul Aziz
    Dunia Islam
    Minggu, 07 Agustus 2022 - 19:37 WIB
    Kisah Raja Sriwijaya mengirim surat kepada Khalifah Umar bin Abdul Aziz menjadi bagian penting teori Arab tentang masuknya Islam ke Nusantara atau Indonesia.
  • Khalifah Abdul Malik dan Kisah Cucu Abu Bakar yang Dipenggal Kepalanya
    Dunia Islam
    Selasa, 01 Maret 2022 - 05:15 WIB
    Abdul Malik bin Marwan adalah khalifah dari Dinasti Umayyah yang berkuasa pada tahun 685 sampai 705. Pada masanyalah Ibnu Zubair, sucu Abu Bakar As-Shiddiq, sahid dengan kepada dipenggal.
  • Ucapan Para Khalifah dan Orang Saleh Jelang Ajalnya (Bagian 6)
    Hikmah
    Selasa, 15 Desember 2020 - 07:30 WIB
    Ketika Abu Sulaiman ad-Darani mendekati ajal, sahabatnya datang menjenguknya dan berkata: Berbahagialah, karena engkau akan menghadap Tuhan yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
  • Kisah Mimpi Al-Mamun Bertemu Aristoteles dan Gerakan Penerjemahan di Bayt al-Hikmah
    Dunia Islam
    Sabtu, 13 Mei 2023 - 10:07 WIB
    Di sini gerakan penerjemahan buku-buku ilmiah gencar dilakukan. Konon, dorongan di balik gerakan ini adalah karena pertemuan Khalifah Al-Mamun dengan Aristoteles dalam mimpi.
  • Belajar dari Umar bin Abdul Aziz Menerapkan Hukum Islam Secara Bertahap
    Tausyiah
    Senin, 05 Juni 2023 - 05:15 WIB
    Sesungguhnya aku khawatir jika aku membawa kebenaran pada manusia secara spontan, maka mereka pun menolaknya secara spontan juga, sehingga dari sinilah munculnya fitnah.
  • Ini Mengapa Byzantium dan Persia Takluk dengan Kekhalifahan Islam
    Dunia Islam
    Jum'at, 30 Desember 2022 - 09:00 WIB
    John Louis Esposito mengatakan dalam waktu seratus tahun setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW, para penggantinya (khalifah-khalifah) mendirikan suatu kerajaan yang lebih besar daripada Roma.
  • Kebijakan Rasulullah SAW Ini Membuat Abu Bakar Yakin, Islam Agama Persamaan
    Hikmah
    Kamis, 28 September 2023 - 12:09 WIB
    Persamaan adalah pola Islam dan oleh karenanya ia merupakan inti kedaulatannya. Sejumlah kebijakan Rasulullah SAW menyadarkan umat Islam bahwa Islam adalah agama persamaan.
  • Peradaban Islam Menurut John Louis Esposito
    Dunia Islam
    Selasa, 27 Desember 2022 - 14:17 WIB
    Secara politis, pemerintah-pemerintah Muslim menyadari keterbatasan mereka dan kemajuan banyak kerajaan dan kebudayaan yang ditaklukkan oleh tentara-tentara mereka.
  • Kendati Banyak yang Memilih, Khalifah Umar Larang Anaknya Jadi Pejabat
    Hikmah
    Senin, 20 Juli 2020 - 17:16 WIB
    Menjelang wafat, Umar bin Khattab menyampaikan wasiat kepada kaum Muslimin soal pemilihan khalifah penggantinya. Beliau melarang anak-anaknya menjadi pejabat apa pun.
  • Kezuhudan Istri Khalifah
    Muslimah
    Minggu, 08 November 2020 - 15:18 WIB
    Dia adalah putri seorang khalifah, memiliki saudara para khalifah, dan dipersunting oleh seorang laki-laki saleh yang juga menjadi khalifah. Anugerah terindah dan juga impian mayoritas kaum perempuan.
  • Kisah Bahlul yang Berani Menasihati Khalifah Harun Ar-Rasyid
    Hikmah
    Senin, 21 Mei 2018 - 16:26 WIB
    Siapa yang tidak kenal dengan istilah &ldquobahlul&rdquo? Istilah yang sangat populer dan seringkali diselipkan saat bercanda, mengejek atau menertawakan orang lain.
  • Keruntuhan Umat Islam Akhir Zaman
    Hikmah
    Rabu, 18 Agustus 2021 - 14:39 WIB
    Indikator keruntuhan Islam ketika lahir generasi yang begitu amat jahilnya mereka dari ilmu-ilmu keislaman. Mereka seakan cinta ilmu, padahal mereka membenci ulama.
  • Ibrahim bin Walid, 70 Malam Menjadi Khalifah Dinasti Umayyah
    Dunia Islam
    Selasa, 15 Maret 2022 - 05:15 WIB
    Ibrahim bin Al-Walid ialah Khalifah Bani Umayyah yang memerintah dalam waktu singkat pada tahun 744 M. Ia turun tahta dan bersembunyi karena ketakutan terhadap lawan-lawan politiknya.
  • Kisah Al-Mutsanna: Perintah Khalifah Abu Bakar setelah Kuasai Irak
    Hikmah
    Senin, 15 Januari 2024 - 05:15 WIB
    Orang-orang Arab di Irak bekerja sebagai petani , tetapi hasil yang menjadi bagiannya sedikit sekali. Sebagian besar hasil bumi itu jatuh ke tangan pejabat-pejabat Persia.