Topik Terkait: Panduan Berteman Seorang Muslim

  • Bagaimana Menjalin Pertemanan Setelah Hijrah?
    Tausyiah
    Senin, 03 Oktober 2022 - 15:34 WIB
    Ketika memutuskan berhijrah, seringkali yang sulit adalah menjaga keistiqamahan hijrah tersebut. Salah satu alasannya, adalah soal pertemanan. Tak bisa dipungkiri, teman-teman di masa lalu bisa menjadi penghambat niat berhijrah
  • Bolehkah Memilih-milih Teman? Bagaimana Dalilnya?
    Tausyiah
    Rabu, 27 September 2023 - 10:16 WIB
    Dalam Islam, seorang muslim dianjurkan selektif dalam memilih teman. Kenapa demikian? karena teman itu layaknya cermin, jika ingin mengetahui dirinya sendiri, maka lihatlah dengan siapa kita berteman.
  • Inilah Hasil Manis dari Keimanan kepada Allah
    Muslimah
    Kamis, 11 November 2021 - 06:30 WIB
    Sebagai muslim, kita wajib beriman kepada Allah Taala dan rukun iman yang lainnya. Dari keimanan ini, banyak buah yang bisa kita petik. Buah-buah iman itu banyak berserakan di dalam firman Allah Azza wa Jalla dalam Al-Quran.
  • Harga Nyawa Seorang Muslim Amatlah Mahal
    Tausyiah
    Rabu, 28 Juli 2021 - 18:11 WIB
    Nyawa adalah anugerah Allah SWT yang begitu dijaga dan dilindungi dalam Islam. Tidak ada agama yang begitu menghargai dan melindungi nyawa manusia melebihi Islam.
  • 3 Hal yang Mengangkat Derajat Seseorang di Sisi Allah
    Tausyiah
    Selasa, 07 November 2023 - 20:19 WIB
    Setiap muslim pasti mendambakan kemuliaan di sisi Allah. Perlu diingat, kemuliaan di sisi Allah berbeda dengan kemuliaan dalam pandangan manusia.
  • Hadis Arbain: Terjaganya Darah dan Harta Seorang Muslim
    Tips
    Rabu, 15 November 2023 - 10:52 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-8 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi. Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • Panduan Lengkap Puasa Ramadhan Berikut Keutamaan dan Niatnya
    Tausyiah
    Minggu, 20 Maret 2022 - 15:24 WIB
    Sebelum memasuki Ramadhan 1443 Hijriyah yang insya Allah jatuh Sabtu 2 April 2022, ada baiknya kita mengkaji kembali Bab tentang puasa Ramadhan. Berikut panduannya.
  • Nasehat Seorang Perempuan dan Sang Alim
    Hikmah
    Rabu, 30 Juni 2021 - 14:40 WIB
    Apakah seorang perempuan tidak boleh memberio nasehat? Kisah hikmah berikut menunjukkan bahwa kaum Hawa pun dapat memberikan andil dalam ber- amar maruf nahi munkar sesuai dengan kemampuan mereka.
  • Agar Anak Muslim Bangga dengan Islam
    Muslimah
    Rabu, 30 Juni 2021 - 09:00 WIB
    Selain dengan Islam anak mengenal Rabb-nya, dia juga akan mengenal syariat (tata aturan) Islam untuk hidupnya. Syariat Islam hadir dalam pembiasaan melakukan amal shaleh di dalam keluarga.
  • Inilah Gambaran Seorang Istri Shalehah yang Disebutkan Rasulullah SAW
    Muslimah
    Rabu, 23 Maret 2022 - 17:05 WIB
    Istri shalehah akan memberi andil keberhasilan seorang suami di dunia dan juga dapat menolongnya di akhirat. Bisa dikatakan bahwa peran istri dan doanya, akan menjadi jembatan emas bagi suami untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.
  • Kisah Muslim Amerika Serikat Prof Sohail Humayun Hashmi  Mengajarkan Islam di Rumah
    Dunia Islam
    Kamis, 17 November 2022 - 08:23 WIB
    Sohail H. Hashmi adalah Profesor Hubungan Internasional di Alumnae Foundation dan Profesor Politik di Mount Holyoke College. Dia Sohail mengungkap pengalaman beragama dirinya yang sungguh berbeda.
  • Al Battani : Astronom Muslim yang Tepat Menghitung Jumlah Waktu dan Hari
    Dunia Islam
    Selasa, 21 November 2023 - 13:02 WIB
    Al Battani menjadi ilmuwan pertama yang berhasil menentukan s ecara tepat perhitungan waktu dalam satu tahun yang terdiri dari 365 hari, 5 jam, 46 menit dan 24 detik.
  • Jangan Bersedih, Kematian Adalah Istirahat bagi Seorang Mukmin
    Tausyiah
    Kamis, 15 Juli 2021 - 16:42 WIB
    Sesungguhnya kematian adalah hal yang baik karena dunia adalah ibarat penjara bagi seorang Mukmin. Ini artinya, jika seorang Mukmin meninggal dunia berarti dia terbebas dari penjara tersebut.
  • 5 Alasan Mengapa Seorang Muslim Diharuskan Selalu Bersyukur
    Hikmah
    Sabtu, 19 November 2022 - 05:15 WIB
    Sebagai seorang muslim, sering kita mendengar kewajiban untuk selalu bersyukur dalam segala kondisi, baik susah maupun senang. Sebenarnya, mengapa kita harus bersyukur? Apa alasannya?
  • Harapan kepada Biden: Hentikan Muslim Ban dan Muslim Bom!
    Hikmah
    Rabu, 18 November 2020 - 15:32 WIB
    Sejak revolusi Iran, perang Afghanistan, hingga perang Irak pertama, komunitas Muslim berada dalam situasi yang kurang menyenangkan.
  • Ini Perbedaan Muslim dan Mukmin, Kamu Pilih Mana?
    Tausyiah
    Minggu, 22 November 2020 - 07:05 WIB
    Golongan muslim dan mukmin tidaklah sama. Seorang mukmin sudah pasti seorang muslim, namun seorang muslim belum tentu menjadi mukmin. Lantas, apa makna seorang muslim dan mukmin?
  • Kemuliaan Sejati Bagi Para Pemaaf
    Muslimah
    Rabu, 11 Mei 2022 - 12:24 WIB
    Di antara akhlak mulia kekasih Allah adalah, kala mereka bermuamalah dengan sesama manusia, mereka ridha dengan apa yang mereka terima. Tidak akan merampas hak-hak orang lain.
  • 5 Ilmuwan Muslim, Peletak Ilmu Dasar Teknologi Kecantikan Masa Kini
    Dunia Islam
    Jum'at, 18 Juni 2021 - 17:03 WIB
    Di era modern saat ini, tak dipungkiri kaum wanita yang melakukan perawatan kecantikan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada seperti sulam alis, extension bulu mata, sedot lemak hingga operasi plastik.
  • Nasib Imigran Muslim di Italia: Tidak Boleh Mendirikan Tempat Ibadah
    Dunia Islam
    Selasa, 07 Mei 2024 - 06:25 WIB
    Di antara mereka adalah Rejaul Haq, pemilik properti, yang mengungkapkan rasa frustrasinya atas apa yang dia dan banyak Muslim lainnya anggap sebagai pelecehan oleh kota yang mereka sebut rumah.
  • Kisah Muslim Pakistan di Amerika, Ibadah Bersama McDonalds
    Dunia Islam
    Jum'at, 23 Desember 2022 - 14:54 WIB
    Keluarganya hidup dalam kebudayaan Islam. Ketika dia menyatakan minatnya untuk sekolah ke luar negeri, dia diperingatkan tentang kebobrokan moral yang harus dihindarinya di Amerika.