Topik Terkait: Pemimpin Amanah

  • Doa untuk Pemimpin yang Menyusahkan Rakyat dan Pemimpin yang Amanah
    Tips
    Kamis, 16 Mei 2024 - 08:37 WIB
    Rasulullah SAW berdoa: Ya Allah, siapa yang menjabat suatu jabatan untuk mengurusi umatku lalu dia mempersulit mereka, maka persulit jugalah dia.
  • Kisah Hikmah : Amanah Berutang Seribu Dinar
    Muslimah
    Minggu, 27 Februari 2022 - 05:14 WIB
    Ketika kita menyampaikan kisah kepada anak-anak, tentunya ada makna yang ingin kita sampaikan. Misalnya tentang pentingnya menjaga amanah dan menanamkan sifat amanah kepada anak.
  • Kriteria Pemimpin dalam Islam Sesuai Tuntunan Nabi SAW
    Tausyiah
    Jum'at, 26 Januari 2024 - 17:50 WIB
    Kriteria pemimpin dalam Islam, tidak terlepas dari akhlak dan perilaku Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam, sebagai pemimpin tertinggi umat serta pemimpin terbaik sepanjang masa.
  • Doa Ketika Memilih Pemimpin, Yuk Amalkan agar Tidak Salah Pilih!
    Tips
    Rabu, 14 Februari 2024 - 08:43 WIB
    Doa memilih pemimpin ini penting diketahui, apalagi bagi Bangsa Indonesia yang sebentar lagi akan mencari dan memilih pemimpin-pemimpin bangsa yang baru.
  • Tanda Akhir Zaman, Sifat Amanah Akan Hilang Sedikit Demi Sedikit
    Hikmah
    Minggu, 23 Juli 2023 - 05:10 WIB
    Rasulullah shallallahu alaihi wasallam mengabarkan satu kedaaan yang akan menimpa umat di akhir zaman. Yaitu, hilangnya sifat amanah sedikit demi sedikit.
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Amanah, Perkara Kecil yang Tidak Boleh Diremehkan Seorang Muslim
    Muslimah
    Selasa, 18 Oktober 2022 - 11:26 WIB
    Seorang muslim diajarkan untuk menjaga amanah, bahkan Islam mewajibkan kita untuk memelihara amanah, yaitu dengan bersikap jujur dan bisa dipercaya.
  • Tentang Menjaga Amanah yang Wajib Diketahui Para Istri
    Muslimah
    Minggu, 25 September 2022 - 14:39 WIB
    Ketaatan seorang istri pada suami termasuk sebab yang menyebabkannya masuk surga. Taat kepada suami merupakan amanah terbesar yang harus dipegang secara kuat oleh istri yang salihah.
  • Perintah Tegas Menjaga Amanah dalam Surat Al Mukminun Ayat 8
    Hikmah
    Kamis, 18 Januari 2024 - 05:15 WIB
    Dalam Al Quran surat Al Muminun ayat 8, Allah Subhanahu wa taala memerintahkan tentang menjaga amanah. Segala amanah harus dapat dikerjakan dengan sebaik-baiknya.
  • Doa agar Diberi Pemimpin Terbaik, Yuk Amalkan!
    Tips
    Selasa, 02 Januari 2024 - 06:40 WIB
    Doa agar diberi pemimpin terbaik ini, penting untuk diketahui dan diamalkan seorang muslim. Karena pemimpin adalah komponen yang penting dalam kehidupan bermasyarakat.
  • 2 Hadis tentang Fadhilah Menjadi Pemimpin yang Baik
    Tausyiah
    Minggu, 18 Februari 2024 - 07:52 WIB
    Rasulullah SAW bersabda: Tidaklah seorang hamba diberikan oleh Allah suatu jabatan publik sementara pada hari wafatnya ia menipu rakyatnya sungguh Allah haramkan surga baginya.
  • Hati-hati! Ini Doa Rasulullah untuk Para Pejabat yang Menyusahkan Umatnya
    Tausyiah
    Kamis, 08 Oktober 2020 - 14:41 WIB
    Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam telah mengingatkan umatnya agar menjauhi perkara zhalim. Beliau menyampaikan pesan khusus kepada para pejabat agar berlaku adil dan amanah dalam sabdanya.
  • Khotbah Jumat: Menjadi Pemimpin yang Disenangi Rakyatnya
    Tausyiah
    Jum'at, 08 Maret 2024 - 10:06 WIB
    Berikut ini adalah naskah khotbah Jumat yang dinukil dari laman Pimpinan Pusat Muhammadiyah berjudul Menjadi Pemimpin yang Disenangi Rakyatnya.
  • 4 Bekal bagi Orang yang Menasihati Pemimpin
    Tausyiah
    Selasa, 20 Februari 2024 - 10:54 WIB
    Bagi setiap individu yang ingin memberikan nasihat kepada pemimpin, maka ia harus memperhatikan hal-hal, pertama harus ikhlas. Kedua, menjahui segala macam ambisi pribadi.
  • Pesan Rasulullah untuk Pejabat dan Ganjaran Bagi Pemimpin Adil
    Hikmah
    Selasa, 22 Oktober 2019 - 14:02 WIB
    Barangsiapa yang memimpin dengan adil dan menjaga amanah yang dibebankan padanya maka ia akan mendapat naungan Allah Taala.
  • Sesendok Madu dan Kisah Simbolik bagi Seorang Pemimpin
    Hikmah
    Selasa, 14 April 2020 - 15:11 WIB
    Ini sebuah kisah simbolik yang cukup menarik untuk kita simak. Kisah ini adalah tentang seorang raja yang ingin menguji kesadaran warganya. Hasilnya?
  • Rasulullah  SAW Tidak Akui Umatnya yang Mendukung Pemimpin Zalim
    Hikmah
    Rabu, 07 Februari 2024 - 10:08 WIB
    Dalam Islam, seorang pemimpin harus memiliki moral, akhlak, dan kemampuan yang mumpuni. Ia harus bisa bersikap adil, jujur, dan tidak semena-mena. Pemimpin tidak boleh mencelakai rakyat dan bangsanya. Pemimpin tidak boleh dzalim.
  • Doa Berlindung dari Pemimpin Kekanak-kanakan dan Bodoh
    Tips
    Jum'at, 09 Februari 2024 - 12:43 WIB
    Berikut ini doa berlindung dari pemimpin kekanak-kanakan dan bodoh berdasar hadis Nabi Muhammad SAW yang kita dapati tuntunannya dalam Adabul Mufrad, yakni salah satu kumpulan hadis riwayat Imam Bukhari.
  • Contoh Nabi Muhammad SAW, Sosok Pemimpin Amanah
    Tausiyah
    Sabtu, 26 Juli 2014 - 07:53 WIB
    Indonesia membutuhkan pemimpin yang amanah dan adil. Sosok Nabi Muhammad SAW adalah satu-satunya contoh sosok pemimpin yang patut diikuti.
  • Tanda-Tanda Kiamat: Ketika Allah Menjadikan Orang-Orang Bodoh sebagai Pemimpin
    Tausyiah
    Rabu, 21 Februari 2024 - 16:16 WIB
    Di antara tanda-tanda Kiamat adalah lenyapnya orang-orang saleh, sedikitnya orang-orang pilihan, dan banyaknya kejahatan sehingga yang ada hanyalah seburuk-buruknya manusia.
  • Islam Memuliakan Pemimpin yang Adil, Ini Syarat Utamanya
    Tausyiah
    Senin, 16 November 2020 - 10:30 WIB
    Dalam Hadis Nabi disebutkan bahwa Allah Taala memasukkan pemimpin adil sebagai salah satu dari tujuh golongan manusia yang akan dinaungi-Nya pada Hari Kiamat.