Topik Terkait: Piala Dunia (halaman 2)

  • Fatimah al-Fihri: Janda Kaya Pendiri Universitas Pertama di Dunia
    Dunia Islam
    Sabtu, 23 Oktober 2021 - 13:59 WIB
    Fatimah al-Fihri adalah wanita muslim yang mendirikan universitas pertama di dunia. Tidak hanya sekadar pendiri, ide mengenai Universitas ini dan penentuan lokasinya pun semuanya berasal dari dia.
  • Baghdad Berubah Jadi Metropolitan Terbesar di Dunia pada Era Khalifah Harun Al-Rasyid
    Dunia Islam
    Rabu, 08 Juni 2022 - 16:26 WIB
    Pada masa pemerintahan Khalifah Harun Al-Rasyid, Baghdad berubah menjadi metropolitan paling besar di dunia. Kemegahannya bahkan mengalahkan Bizantium Romawi.
  • Waspada, Bahaya Memprioritaskan Dunia Menurut Al-Quran dan Hadis
    Hikmah
    Minggu, 31 Maret 2024 - 04:11 WIB
    Islam menegaskan bahwa terlalu tamak terhadap dunia dan memprioritaskan dunia adalah hal yang harus diwaspadai dan dihindari. Al-Quran juga menyebutkan dunia adalah fitnah bagi manusia
  • Tadabur Ayat Al-Quran: Surat Al-Kahfi Ayat 7 tentang Dunia dan Perhiasannya
    Tausyiah
    Kamis, 10 Agustus 2023 - 23:56 WIB
    Tadabur ayat Al-Quran kali ini mengulas tentang ujian menyikapi dunia dan perhiasannya dalam Surat Al-Kahfi Ayat 7. Berikut tafsirnya.
  • 3 Balasan Amal Shaleh di Dunia, Nomor 3 Terbebas dari Kesusahan
    Tips
    Kamis, 17 Februari 2022 - 19:17 WIB
    Balasan amal shaleh seorang mukmin, akan diberikan Allah Subhanahu wa Taala baik di dunia maupun di akherat kelak. Khusus di dunia, ada beberapa balasan yang Allah janjikan langsung atas perbuatan amal shaleh ini.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Suharja, Jemaah Haji yang Hilang Ditemukan Meninggal Dunia
    Dunia Islam
    Minggu, 16 Juli 2023 - 22:11 WIB
    Satu dari dua jemaah haji yang hilang, Suharja Wardi Ardi (69) ditemukan meninggal dunia. Kabar tersebut disampaikan Direktur Jenderal (Dirjen) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief, Minggu (16/7/2023) WAS.
  • 5 Bentuk Ujian Manusia di Dunia, Salah Satunya Kesusahan yang Harus Disabari
    Hikmah
    Kamis, 10 Agustus 2023 - 18:23 WIB
    Ujian manusia di dunia diberikan lantaran kasih sayang Allah amat besar untuk mengetahui siapa yang imannya benar sehingga layak baginya surga dan siapa yang imannya dusta sehingga layak baginya neraka.
  • 4 Jenis Balasan Dunia dan Akhirat bagi yang Suka Meninggalkan Salat
    Hikmah
    Minggu, 12 November 2023 - 14:51 WIB
    Ibadah salat fardhu 5 waktu, merupakan perintah Allah Taala dan kewajiban untuk seluruh umat Islam. Apabila kewajiban ini tidak dilaksanakan, selain dosa ada konsekuensi bagi pelakunya
  • Umar Bin Abdul Aziz kepada Yazid II: Kau Takkan Hidup Lama di Dunia Ini
    Dunia Islam
    Selasa, 08 Maret 2022 - 05:15 WIB
    Umar bin Abdul Aziz kepada Yazid bin Abdul Malik menasehati, Kau harus takut kepada Allah, dan membuka dirimu untuk menusia. Kaupun tak akan hidup lama di dunia ini setelah aku wafat.
  • Menyelami Dunia Malaikat Berdasarkan Nash yang Ada di Quran dan Hadis
    Tausyiah
    Minggu, 06 November 2022 - 09:09 WIB
    Malaikat termasuk makhluk ghaib yang keberadaannya harus diimani. Tidak beriman seseorang jika tidak percaya adanya malaikat, sebab para malaikat adalah hamba Allah Subhanahu wa Taala yang dibebani untuk melaksanakan ibadah.
  • Abu Rahyan alias Al-Biruni, Ilmuwan Jenius yang Dikagumi Dunia Barat
    Dunia Islam
    Jum'at, 17 November 2023 - 11:25 WIB
    Muhammad bin Ahmdan atau Abu Rahyan atau dikenal Al Biruni atau Al Bairuni (973-1048) adalah sosok ilmuwan muslim yang diakui kehebatan dan kejeniusannya oleh para ilmuwan barat modern.
  • Masjid Agung Sheikh Zayed, Landmark Dunia Termuda
    Dunia Islam
    Kamis, 11 Mei 2023 - 17:08 WIB
    Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi sungguh megah. Bukan hanya penduduk setempat yang terpikat oleh kemegahannya. Wisatawan asing pun terpana.
  • Pandangan para Ulama tentang Hukum Bermain Sepak Bola
    Tausyiah
    Rabu, 23 November 2022 - 16:21 WIB
    Pandangan para ulama tentang hukum bermain sepak bola dalam Islam menarik untuk diketahui. Tak hanya di Eropa, masyarakat muslim juga menggeluti olah raga yang satu ini.
  • Tipu Daya Duniawi (1): Banyak Ayat Al-Quran dan Hadits yang Mencela Dunia
    Tausyiah
    Minggu, 22 Agustus 2021 - 19:20 WIB
    Banyak ayat Al-Quran dan hadits-hadits yang mencela dunia. Bahkan al-Quran lebih sering mencela kehidupan dunia dan mengajak manusia agar berpaling dari dunia dan kembali kepada kampung akhirat.
  • Perang Tiga Raja: Runtuhnya Imperium Portugal di Tangan Muslim Maroko
    Dunia Islam
    Sabtu, 10 Desember 2022 - 07:30 WIB
    Laga Maroko vs Portugal mengingatkan kita pada sejarah masa lalu. Kedua negara ternyata pernah terlibat perang besar yang dikenal dengan Perang Tiga Raja (Battle of Three Kings) pada Abad 15.
  • Innalillahi, 3 Jemaah Haji Asal Bekasi Meninggal Dunia di Tanah Suci
    Dunia Islam
    Selasa, 13 Juni 2023 - 15:03 WIB
    Sebanyak tiga jemaah haji asal Kota dan Kabupaten Bekasi meninggal dunia di Tanah Suci. Ketiga meninggal saat menjalankan ibadah haji pada tahun ini.
  • Syafruddin Dikukuhkan Jadi Wakil Presiden Dunia Melayu Dunia Islam
    Dunia Islam
    Rabu, 13 April 2022 - 18:02 WIB
    Presiden DMDI Tun Sri Setia (DR) H Mohd Ali bin Mohd Rustam mengukuhkan jabatan Wakil Presiden DMDI kepada mantan Wakapolri Komjen Pol Purn Dr (HC) H Syafruddin di Melaka, Rabu (13/4/2022).
  • Bahaya Memprioritaskan Dunia Menurut Al-Quran dan Hadis
    Tausyiah
    Senin, 26 September 2022 - 11:15 WIB
    Islam menegaskan bahwa terlalu tamak terhadap dunia dan memprioritaskan dunia adalah hal yang harus diwaspadai dan dihindari. Al-Quran juga menyebutkan dunia adalah fitnah bagi manusia.
  • Taman, Karpet, Lengkungan dan Menara Gereja Meniru Arsitektur Dunia Islam
    Dunia Islam
    Senin, 27 September 2021 - 16:33 WIB
    Ehsan Masood menulis banyak kenikmatan yang kita dapatkan sehari-harinya ditemukan di dunia Islam tetapi sejarahnya tidak diketahui banyak orang.
  • Kisah Khalifah Harun Al-Rasyid Membagi Dunia kepada 3 Putranya di Kaki Kakbah
    Dunia Islam
    Kamis, 23 Juni 2022 - 09:31 WIB
    Harun Al-Rasyid membuat sebuah piagam perjanjian yang mengikat kesepakatan di antara anak-anaknya. Kemudian menggantung piagam tersebut di dinding Kakbah.