Topik Terkait: Sikap Berbaik Sangka

  • Pentingnya Berbaik Sangka Kepada Sesama Muslim
    Muslimah
    Minggu, 03 Januari 2021 - 06:01 WIB
    Berbaik sangka (husnudzan) merupakan cerminan kebersihan hati. Salah satu bentuk kebersihan hati seorang muslim adalah dalam hubungannya dengan sesama manusia, terlebih lagi dengan sesama muslim.
  • Hadis Qudsi: Berbaik Sangka kepada Allah Taala
    Hikmah
    Rabu, 22 November 2023 - 05:57 WIB
    Hadis qudsi disebut juga hadis illahi dan hadis rabbani. Hadis qudsi adalah pesan dari Allah SWT yang diwahyukan kepada Rasulullah SAW dan diriwayatkan kepada perawi atau narasumber terpercaya
  • Parenting Islami : Sikap Adil Orang Tua dan Perasaan Anak
    Muslimah
    Rabu, 30 November 2022 - 10:18 WIB
    Dalam Islam, setiap orang tua dituntut untuk berlaku adil terhadap semua anak-anak mereka. Karena perlakuan tidak adil yang dirasakan oleh anak akan membekas dalam jiwa.
  • Inkonsisten Ternyata Sikap Buruk yang Berdampak Hingga Akhirat
    Tausyiah
    Rabu, 17 Agustus 2022 - 17:19 WIB
    Sikap inkonsisten (tidak konsisten) merupakan salah satu sifat tidak terpuji dalam Islam. Karena sifat ini, tidak hanya merepotkan orang lain, tetapi juga memberi kejiwaan yang buruk dalam diri seseorang.
  • Efek Dahsyat dari Sikap yang Rendah Hati
    Muslimah
    Rabu, 07 Oktober 2020 - 06:57 WIB
  • Ngerinya Berburuk Sangka
    Muslimah
    Senin, 15 Februari 2021 - 15:17 WIB
    Buruk sangka itu adalah melemparkan tuduhan kepada orang lain tanpa dasar yang benar. Yaitu seperti seorang menuduh orang lain melakukan perbuatan jahat, akan tetapi tanpa disertai bukti-bukti yang membenarkan tuduhan tersebut.
  • Manfaat dan Hikmah Selalu Berbaik Sangka dalam Kehidupan
    Hikmah
    Senin, 29 April 2024 - 13:07 WIB
    Sikap husnuzan (berbaik sangka) dalam menjalani kehidupan sangat penting. Mengapa setiap muslim harus bersikap husnuzan dan apa manfaatnya?
  • Sikap-sikap  Manusia yang Membuat Harta Menjadi Tercela
    Muslimah
    Senin, 26 Oktober 2020 - 07:03 WIB
    Harta itu tidak tercela karena harta itu sendiri. Celaan itu tidak tertuju kepada harta namun tertuju kepada sikap manusia terhadap harta. Dan ternyata ada lima sikap manusia yang membuat harta menjadi tercela. Apa saja?
  • Saat Istri Cemburu, Bagaimana Sikap Suami?
    Muslimah
    Kamis, 08 April 2021 - 08:36 WIB
    Sifat dasar wanita adalah sangat mudah cemburu, dan mereka sangat sensitif. Jika telah cemburu maka akalnya hilang. Hilang dalam artian tertutup akal sehatnya, berkurang daya nalar dan logikanya.
  • Mendidik dan  Mengajarkan Anak Karakter Ikhlas
    Muslimah
    Selasa, 27 Oktober 2020 - 12:30 WIB
    Mendidik karakter ikhlas kepada anak juga butuh kesungguhan, latihan, dan difahamkan terus menerus agar anak ikhlas dalam menuntut ilmu dan juga ikhlas dalam beribadah.
  • Hubbud Dunya, Sikap Umat Islam di Akhir Zaman yang Dikhawatirkan Rasulullah
    Muslimah
    Rabu, 02 Juni 2021 - 21:11 WIB
    Salah satu yang dikabarkan Rasulullah kepada umatnya adalah datangnya sikap hubbud dunya, yakni sikap bersenang-senang dengan dunia. Cinta pada kehidupan dunia , melebihi ingatannya pada akhirat.
  • Inilah Keutamaan dari Pribadi yang Rendah Hati
    Muslimah
    Senin, 03 Agustus 2020 - 17:49 WIB
    Muslimah, tawadhu atau sifat rendah hati merupakan sebuah akhlak dalam Islam yang tergolong ke dalam akhlak terpuji. Tawadhu dalam Islam berarti seseorang menempatkan dirinya lebih rendah di hadapan Allah dan hamba-Nya.
  • Kenapa Allah SWT Memberi Cobaan Bertubi-tubi? Jangan Salah Sangka Dulu
    Hikmah
    Jum'at, 29 Maret 2024 - 03:05 WIB
    Kenapa Allah SWT memberi cobaan bertubi-tubi? Jangan salah sangka terlebih dahulu, karena bisa jadi dosa kita semua sedang diampuni atau diri kita tengah dinaikkan derajatnya.
  • Hakikat Pujian adalah Ujian, Hati-hati Saat Menerimanya
    Muslimah
    Senin, 27 Juni 2022 - 09:53 WIB
    Fitrah manusia pasti senang dipuji, namun Islam mengingatkan bahwa pujian pada hakikatnya adalah ujian. Kenapa demikian? Karena ujian itu bisa berupa ujian kebaikan maupun keburukan.
  • Mengapa Islam Melarang Berbisik-bisik Ketika Berkumpul, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Sabtu, 19 November 2022 - 14:43 WIB
    Islam adalah agama yang sempurna , yang mengatur segala hal sampai pada hal-hal yang bahkan dianggap sepele, seperti adab makan, adab minum, dan lain-lain, termasuk di antaranya adab bergaul.
  • Allah Menciptakan dan Mengelola Alam Raya Ini dengan Keadilan
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Januari 2024 - 09:01 WIB
    Allah menciptakan dan mengelola alam raya ini dengan keadilan, dan menuntut agar keadilan mencakup semua aspek kehidupan. Akidah, syariat atau hukum, akhlak, bahkan cinta dan benci.
  • Tafsir Surat Al-Anbiya Ayat 35 Tentang Ujian
    Tips
    Sabtu, 15 Oktober 2022 - 13:17 WIB
    Dalam Surat Al-Anbiya ayat 35 Allah Subhanahu wa Taala menegaskan tentang ujian. Dan apa yang sudah ditetapkan Allah Subhanahu wa Taala kepada hamba-Nya pasti terjadi.
  • Pentingnya Berlaku Adil pada Anak agar Tidak Muncul Penyakit Hasad
    Muslimah
    Selasa, 06 Juni 2023 - 17:15 WIB
    Setiap orang tua dituntut untuk berlaku adil terhadap semua anak-anak mereka. Karena perlakuan tidak adil yang dirasakan oleh anak akan membekas dalam jiwa.
  • Sikap Tawadhu Cerminan Pribadi Muslimah, Ini Keutamaannya
    Muslimah
    Minggu, 16 Januari 2022 - 15:35 WIB
    Tawadhu adalah sifat yang amat mulia, namun sedikit orang yang memilikinya. Ia adalah hati yang ikhlas, memperuntukkan ibadah hanya kepada Allah semata tidak ada sekutu bagi-Nya.
  • 4 Wasiat Salafus Saleh Agar Bersikap Tawadhu
    Tausyiah
    Rabu, 23 Juni 2021 - 11:34 WIB
    Salafus Saleh (tiga generasi Muslim awal yaitu para sahabat, tabiin dan tabiut tabiin) memberi wasiat agar kita termasuk seorang yang tawadhu. Berikut wasiatnya: