Topik Terkait: Surah Al Baqarah (halaman 10)

  • Arti Surat Al Maun dan...
    Tips
    Kamis, 05 Agustus 2021 - 18:05 WIB
    Arti surat Al Maun adalah barang atau hal-hal yang berguna, yang diambil dari ayat terakhir dari surat ini. Surat al Maun juga dinamakan Surat Ad Din, Surat At Takdzib, Surat Al Yatim, dan Surat Araaita
  • 5 Khasiat Surat Al Mulk,...
    Tips
    Rabu, 06 Desember 2023 - 11:05 WIB
    Dengan mengetahui khasiat surat Al Mulk Ayat ke-14 mungkin dapat menjadi inspirasi umat Islam untuk selalu mengamalkannya. Surat Al Mulk juga merupakan surat yang ke-67 dalam Al-Quran dan memiliki 30 ayat.
  • Hukum Tajwid Surat Al...
    Tips
    Kamis, 01 Februari 2024 - 09:36 WIB
    Hukum Tajwid Surat Al Maidah ayat 8 ini perlu dipahami oleh setiap muslim supaya mengetahui kapan harus membaca dengan panjang, dengung, atau jelas.
  • Biografi Syaikh Yasin...
    Dunia Islam
    Selasa, 29 November 2022 - 14:06 WIB
    Syaikh Yasin Al-Fadani bernama lengkap Muhammad Yasin bin Muhammad Isa Al-Fadani (1915-1990). Beliau ulama besar asal Padang, ahli sanad Hadis yang dijuluki Musnid Dunia.
  • Keutamaan Membaca Surat...
    Tausyiah
    Kamis, 10 Agustus 2023 - 21:49 WIB
    Keutamaan membaca Surat Al-Kahfi dapat mendatangkan manfaat dan pahala berlipat ganda. Apalagi jika dibaca setiap hari atau pada malam dan Hari Jumat.
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • Al-Biruni, Ilmuwan Muslim...
    Dunia Islam
    Sabtu, 15 Oktober 2022 - 14:37 WIB
    Sosok ilmuwan muslim satu ini dikenal sebagai guru dari segala ilmu. Ilmuwan barat modern mengakui kehebatannya karena beliau menguasai banyak disiplin ilmu.
  • Al Qur’an Surat Al...
    Tips
    Jum'at, 05 Juli 2024 - 17:33 WIB
    Surat Al Mulk full Arab ayat 1-30 penting dipelajari umat Muslim. Kita bisa menjadikannya amalan bermanfaat dengan membacanya secara rutin.
  • Beginilah Kehancuran...
    Dunia Islam
    Sabtu, 20 Januari 2024 - 12:30 WIB
    Dalam Al-Quran, Allah Taala memberikan solusi paling sempurna untuk memberi petunjuk kepada manusia dalam menghadapi masalah, termasuk salah satunya masalah perang Yahudi dan Palestina.
  • Inilah Cara Cerdas Bersedekah...
    Tausyiah
    Senin, 28 Agustus 2023 - 10:55 WIB
    Sedekah merupakan amalan yang dicintai Allah Subhanahu wa taala. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya ayat Al-Quran yang menyebutkan tentang sedekah
  • Surat Al-Insyirah: Bersama...
    Tausyiah
    Kamis, 12 Agustus 2021 - 23:29 WIB
    Surat Al Insyirah, bersama kesulitan ada kemudahan. Surat ini dikenal sebagai surat penghibur Rasulullah sekaligus menguatkan hati beliau ketika mengemban misi dakwah.
  • Tadabbur Surat Al-Anam...
    Tausyiah
    Sabtu, 07 Oktober 2023 - 22:22 WIB
    Tadabbur ayat kali ini mengulas tentang penciptaan manusia dari tanah dan ketetapan ajalnya yang ditentukan Allah Maha Pencipta (Al-Khaliq).
  • Asbabun Nuzul Surat...
    Tips
    Minggu, 28 Juli 2024 - 07:25 WIB
    Asbabun nuzul Surat Al-Ikhlas ayat 1 menjadi ulasan menarik untuk diketahui. Ketika mencoba memahaminya, umat Muslim bisa mengetahui asal-usul atau sejarah turunnya ayat tersebut.
  • Kisah Jin yang Pertama...
    Hikmah
    Sabtu, 09 Oktober 2021 - 16:58 WIB
    Kisah Jin yang pertama kali mendengar Al-Quran mengingatkan kita kepada salah satu surat dalam Al-Quran. Allah menceritakan kisah jin yang mendengarkan bacaan Al-Quran.
  • Baca Rutin di Malam...
    Muslimah
    Sabtu, 03 April 2021 - 19:41 WIB
    Para ulama mengatakan, barang siapa yang membaca 2 ayat terakhir surat Al-Baqarah di malam hari, maka ia akan mendapat keutamaan luar biasa untuk urusan dunia dan akhiratnya.
  • Kisah Ahli Qiraat Diampuni...
    Hikmah
    Selasa, 07 Februari 2023 - 21:06 WIB
    Mengajarkan anak-anak membaca Surat Al-Fatihah ternyata memiliki keutamaan dan faedah luar biasa. Berikut kisahnya diceritakan Ustaz Amru Hamdany.
  • Surat Al-Quran untuk...
    Tips
    Rabu, 21 Agustus 2024 - 07:31 WIB
    Surat Al-Quran untuk orang yang sakaratul maut adalah surat Yasin dan surat al-Radu. Ulama menyebut bahwa membaca kedua surat tersebut di dekat orang yang tengah sakaratul maut adalah sunah
  • Situasi Sekolah di Palestina...
    Dunia Islam
    Selasa, 10 Oktober 2023 - 16:21 WIB
    Berita itu sampai ke telinga guru matematika, Sirine, di tengah ujian kelas sembilan. Pikiran pertamanya adalah ketakutan terburuknya menjadi kenyataan bahwa anak-anaknya juga akan hidup dalam perang.
  • Hukum Membaca Al-Quran...
    Tips
    Rabu, 06 Oktober 2021 - 21:17 WIB
    Di era teknologi saat ini, banyak di antara umat Islam memanfaatkan HP untuk beraktivitas termasuk urusan ibadah. Bagaimana hukum membaca Al-Quran di HP?
  • Hukum Tajwid Surat Al...
    Tips
    Jum'at, 15 Desember 2023 - 11:00 WIB
    Hukum Tajwid Surat Al Maidah ayat 99 ini ada beberapa macam, mulai dari Mad Tabii hingga Mad Arid Lissukun. Setiap hukum tajwid ini perlu diketahui oleh setiap muslim supaya tidak menimbulkan salah tafsir ketika membaca Al Quran.
  • Faedah Membaca Surat...
    Muslimah
    Jum'at, 04 Juni 2021 - 15:22 WIB
    Salah satu amalan sunnah di hari Jumat bagi seorang muslim adalah membaca surat Al-kahfi, yang faidahnya akan diterangi oleh cahaya pada dua Jumat. Apa sebenarnya maksud dari cahaya dua Jumat ini?