Topik Terkait: Tahun Ajaran Baru (halaman 7)

  • Muhammad Quthub: Islam...
    Tausyiah
    Senin, 19 Agustus 2024 - 05:41 WIB
    Ayat itu bukan berarti bahwa wanita tidak boleh bekerja karena Islam tidak melarang wanita bekerja. Hanya saja Islam tidak mendorong hal tersebut.
  • Imam Shamsi Ali Sampaikan...
    Hikmah
    Kamis, 02 Januari 2020 - 05:15 WIB
    Pergantian tahun itu adalah bagian dari sunnah Allah dalam ciptaan-Nya (sunnatullah fil-kaun). Asal-usulnya karena semua yang ada di alam semesta mengalami pergerakan.
  • Dasar Hukum Nikah: Lebih...
    Hikmah
    Selasa, 28 November 2023 - 14:25 WIB
    Kedua sumber inilah yang menjadi dasar atas legalisasi praktik pernikahan. Dengan demikian nikah baru dianggap sah atau tidak tergantung kepada harmonisasi nikah itu sendiri.
  • Setiap Agama Menuntut...
    Tausyiah
    Minggu, 07 Januari 2024 - 11:49 WIB
    Yang paling berharga buat agama adalah agama itu sendiri. Karenanya setiap agama menuntut pengorbanan apa pun dari pemeluknya demi mempertahankan kelestariannya.
  • Kisah Tujuh Bersaudara...
    Hikmah
    Senin, 31 Oktober 2022 - 08:18 WIB
    Kisah tujuh orang bersaudara ini diyakini sebagai salah satu materi yang mewakili instruksi dan tradisi Chisytiyah, sebuah tarekat yang didirikan Khwaja (Guru) Abu Ishaq Chisyt.
  • Prinsip Ahlus Sunnah...
    Tausyiah
    Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:30 WIB
    Syaikh Shalih bin Fauzan Al-Fauzan menjelaskan iman kepada malaikat, yakni membenarkan adanya para malaikat, dan bahwasanya mereka itu adalah makhluk dari sekian banyak makhluk Allah.
  • Mengenal Ajaran Sufi...
    Hikmah
    Senin, 07 November 2022 - 16:36 WIB
    Pada masa hidupnya, Sadi adalah seorang Darwis yang senantiasa berkelana. Ia pernah ditangkap bala tentara Perang Salib dan disuruh menggali parit sedemikian dalam.
  • Wabah Covid-19, Quraish...
    Hikmah
    Senin, 13 April 2020 - 10:35 WIB
    Menurut Quraish Shihab, corona ini bukan siksa, tapi peringatan. Peringatan supaya kita menjadi lebih baik, supaya kita menjadi lebih eling, supaya kita lebih banyak menjalin hubungan antarsesama.
  • Debat Capres Cawapres:...
    Hikmah
    Selasa, 23 Januari 2024 - 15:30 WIB
    Menurut Al-Baqi dalam al-Mujam al-Mufahras, di dalam al-Quran, kata yang terbentuk dari akar kata na-za-ra dengan berbagai derivasinya disebut sebanyak 129 kali
  • 3 Hal yang Dapat Mengeluarkan Muslimah...
    Tausyiah
    Selasa, 13 Agustus 2024 - 21:47 WIB
    Pertama, ghadh-dhul Bashar (menundukkan pandangan), sebab perhiasan perempuan yang termahal ialah malu, sedang bentuk malu yang lebih tegas ialah: menundukkan pandangan.
  • Cerita Ajaran: Domba...
    Hikmah
    Selasa, 22 Desember 2020 - 08:53 WIB
    Laki-laki itu berpikir: Ketika satu pintu tertutup, seratus pintu mungkin terbuka. Kesempatan ini sepuluh kali lebih berharga daripada dombaku yang telah hilang.
  • Penyakit Jiwa: Ini Mengapa...
    Tausyiah
    Sabtu, 27 Juli 2024 - 16:30 WIB
    Al-Quran Al-Karim memang banyak berbicara tentang penyakit jiwa. Mereka yang lemah iman dinilai oleh Al-Quran sebagai orang yang memiliki penyakit di dalam dadanya.
  • Bacaan Talqin Sakaratul...
    Tips
    Jum'at, 23 Agustus 2024 - 18:08 WIB
    Bacaan talqin sakaratul maut adalah kalimat tahlil, lailaha illaallah. Rasulullah SAW menganjurkan kepada keluarga atau orang terdekat untuk menalqin atau menuntun kalimat tauhid secara perlahan di telinga orang sekarat.
  • Doa dan Wirid Akhir...
    Tips
    Senin, 17 Juli 2023 - 14:13 WIB
    Doa dan wirid akhir tahun hijriah ini hendaknya diamalkan sebelum salat Magrib akhir bulan Zulhijjah (29 Dzulhijjah atau malam 1 Muharram).
  • Siyasah atau Politik...
    Tausyiah
    Senin, 08 Januari 2024 - 11:49 WIB
    Kata ini terambil dari akar kata sasa-yasusu yang biasa diartikan mengemudi, mengendalikan, mengatur, dan sebagainya. Dari akar kata yang sama ditemukan kata sus yang berarti penuh kuman, kutu, atau rusak
  • Hijrah, Pilar Peradaban...
    Tausyiah
    Selasa, 25 Agustus 2020 - 10:40 WIB
    Penanggalan Islam dimulai dengan berpindahnya Rasulullah SAW dari Mekah ke Madinah. Perpindahan Rasulullah SAW ini yang dikenal dalam sejarah Islam sebagai Hijratur Rasulullah SAW.
  • Islam Tidak Melarang...
    Tausyiah
    Kamis, 06 Juni 2024 - 15:08 WIB
    Berburu itu sendiri pada hakikatnya adalah bersenang-senang, olahraga dan bekerja, baik dengan menggunakan alat seperti tombak dan panah, atau dengan melepaskan binatang berburu seperti anjing dan burung.
  • Syaikh Al-Qardhawi:...
    Tausyiah
    Rabu, 10 Mei 2023 - 16:28 WIB
    Tidak boleh harta, kedudukan, nasab atau status sosial atau apa pun menjadi penyebab sombongnya sebagian manusia atas sebagian yang lain, ujar Al-Qardhawi.
  • Kematian Menurut Al-Quran:...
    Tausyiah
    Sabtu, 07 September 2024 - 09:45 WIB
    Ayat-ayat Al-Quran dan hadis Nabi menunjukkan bahwa kematian bukanlah ketiadaan hidup secara mutlak, tetapi ia adalah ketiadaan hidup di dunia, dalam arti manusia yang meninggal hakikatnya masih hidup.
  • Hadis Rasulullah SAW:...
    Tausyiah
    Senin, 16 September 2024 - 05:27 WIB
    Seorang ayah harus adil terhadap anak-anaknya. Seorang ayah harus menyamakan antara anak-anaknya dalam pemberian, sehingga dengan demikian mereka akan senantiasa berbuat baik kepada ayah