Topik Terkait: Kisah Sedih

  • Kisah Sedih dan Takjub Nenek Nabi Isa Alaihis Salam
    Muslimah
    Minggu, 23 Oktober 2022 - 11:23 WIB
    Adalah Hannah bin Faqud bin Qobil, seorang wanita yang ahli ibadah. Dia adalah Ibunda Maryam yang berarti pula nenek dari Nabi Isa alaihis salam. Dia adalah istri Imran bin Basyim bin Amun...bin Mutsam bin Azira...bin Sulaiman bin Daud.
  • Kisah Sedih Siti Hajar Ditinggal Nabi Ibrahim di Lahan Tandus Tak Berpenghuni
    Hikmah
    Rabu, 30 Maret 2022 - 05:15 WIB
    Pada saat itu di Mekkah belum berpenghuni. Daerah itu tandus. Tak ada mata air. Nabi Ibrahim meninggalkan begitu saja Siti Hajar dan Ismail di sini.
  • Kisah Hikmah, Seorang Putri Pengusaha Jatuh Cinta kepada Budak Ayahnya
    Hikmah
    Senin, 24 Juli 2023 - 20:53 WIB
    Banyak kisah dan peristiwa aneh penuh hikmah bisa dijadikan penghibur sekaligus pelajaran berharga. Berikut kisah seorang putri pengusaha jatuh cinta kepada budak ayahnya.
  • Kisah Kurban Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail Berdasar Al-Quran
    Tausyiah
    Kamis, 16 Juni 2022 - 17:39 WIB
    Peristiwa penyembelihan Nabi Ismail dan asal-usul ibadah kurban ini dimulai dari surah as-Saffat ayat 99-100 yang berisi kisah penantian panjang Nabi Ibrahim akan kehadiran seorang anak.
  • Kisah Sufi Mencari Makna Merak dan Ular
    Hikmah
    Sabtu, 13 November 2021 - 15:19 WIB
    Kisah ini, yang melegenda, menunjukkan bagaimana guru-guru darwis membentuk aliran-aliran-nya berdasarkan berbagai lambang, yang dipilih sebagai contoh dalam ajaran-ajarannya.
  • Kisah Sufi Saiful Muluk Sang Pencari Kebenaran
    Hikmah
    Minggu, 05 Desember 2021 - 10:52 WIB
    Di samping hal lainnya, tema kesukaan sufi bahwa kebenaran mencoba mewujudkan dirinya sendiri bagi manusia dan bahwa kebenaran itu muncul lagi dan lagi bagi setiap orang secara tersamar.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Sifat Murid
    Hikmah
    Selasa, 07 Juli 2020 - 06:26 WIB
    Kisah ini menggarisbawahi secara dramatis perbedaan antara apa yang calon murid pikirkan tentang hubungan yang seharusnya dengan sang guru dan seperti apa pada kenyataannya.
  • Kisah Sufi: Orang yang Mudah Marah
    Hikmah
    Sabtu, 31 Desember 2022 - 15:36 WIB
    Kisah berikut ini dinukil dari buku berjudul Tales of The Dervishes karya Idries Shah yang diterjemahkan oleh Ahmad Bahar menjadi Harta Karun dari Timur Tengah - Kisah Bijak Para Sufi.
  • Kisah Sufi Salim Abdali: Penunggang Kuda dan Ular
    Hikmah
    Selasa, 30 November 2021 - 16:18 WIB
    Mungkin tidak banyak orang yang akan mengakui pernyataan yang tersirat dalam kisah ini. Namun, pernyataan ini telah diterima, dalam bentuk yang berbeda-beda, oleh semua sufi.
  • Kisah Sufi Tarekat Asaaseen: Orang Berjalan di Atas Air
    Hikmah
    Senin, 27 Desember 2021 - 11:49 WIB
    Selain terdapat dalam sastra populer masa kini di Timur, kisah ini juga ditemukan dalam naskah-naskah ajaran darwis, beberapa di antaranya merupakan naskah yang besar.
  • Kisah Salman Al-Farisi, Sempat Menjadi Penjaga Api Agama Majusi
    Hikmah
    Jum'at, 25 Maret 2022 - 17:23 WIB
    Kisah heroik perjalanan Salman meninggalkan agama nenek moyangnya bangsa Persia, masuk ke dalam agama Nasrani dan dari sana pindah ke dalam Agama Islam.
  • Kisah Bathil? Ketika Mimpi Dijadikan Landasan Hukum Syar’i
    Hikmah
    Rabu, 10 Maret 2021 - 07:49 WIB
    Kisah ini adalah munkar dan bathil karena menyelisihi Al-Quran dan hadits. Kendati demikian sering dinukil sejumlah pihak untuk membolehkan meminta syafaat kepada Nabi SAW.
  • Kisah Haman Patih Firaun yang Membangun Menara untuk Melihat Tuhan
    Hikmah
    Minggu, 11 September 2022 - 11:51 WIB
    Haman adalah pelaksana proyek pembangunan menara sebagai tempat Firaun melihat Tuhan. Proyek ini melibatkan 50.000 pekerja, belum termasuk tukang untuk membuat kuil-kuil.
  • Kisah Khalifah Umar Menaklukkan Sungai Nil
    Hikmah
    Rabu, 30 Mei 2018 - 16:33 WIB
    Kisah Khalifah Umar bin Khattab RA (sahabat setia Rasulullah SAW) membebaskan sungai nil dari tradisi syirik telah diceritakan dalam banyak kitab.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Bendungan
    Hikmah
    Senin, 29 Juni 2020 - 05:55 WIB
    Cerita ini menggambarkan asal-usul pelik dari ajaran-ajaran Sufi, tetapi tampaknya datang dari tempat lain, sebab pikiran manusia tak dapat merasakan sumber yang sejati.
  • Kisah Nabi Musa dan Kebinasaan Firaun
    Hikmah
    Selasa, 21 Mei 2019 - 16:16 WIB
    Kisah Nabi Musa alaihissalam (AS) diabadikan oleh Allah SWT di 4 surah dalam Alqur&rsquoan yaitu Surah Al-Baqarah, Al-A&rsquoraf, Thaha, dan Al-Qashas.
  • Kisah Wanita yang Memakai Sepasang Kaki dari Kayu
    Muslimah
    Senin, 22 Juni 2020 - 10:28 WIB
    Kisah yang terjadi pada saat Bani Israel sibuk dengan penampilan palsu sehingga menyebabkan mereka celaka dan binasa. Ketakwaan dan kesalehan pada diri mereka telah menipis.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Timur Agha dan Bahasa Binatang
    Hikmah
    Senin, 13 Juli 2020 - 06:08 WIB
    Kisah seorang Turki bernama Timur Agha, yang mencari ke berbagai desa dan kota, dusun dan negeri, orang yang bisa mengajarinya bahasa binatang dan burung.
  • Kisah Sufi: Air Surga dan Khalifah Harun al-Rasyid
    Hikmah
    Selasa, 12 Desember 2023 - 08:38 WIB
    Harun Sang Terus-terang mencicipi air itu dan, karena ia memahami rakyatnya, ia menyuruh penjaga membawa Harith pergi dan mengurungnya sampai ia mengambil keputusan.
  • Kisah Sayyidah Fathimah dan Asal-usul Keranda Mayat
    Tausyiah
    Sabtu, 24 Oktober 2020 - 07:30 WIB
    Ada satu kisah Sayyidah Fathimah radhiyallahu anha yang sangat berharga dan penuh hikmah. Kisah ini berkaitan dengan akhlak beliau dalam menjaga kehormatan diri.