Kumpulan Artikel: Ramadhan (halaman 2)

  • Puasa Ramadan dan Lima Hikmah di Dalamnya
    Tausyiah
    Minggu, 24 Maret 2024 - 04:05 WIB
    Puasa Ramadan memiliki lima pelajaran. Antara lain, puasa diawasi dan dinilai sendiri Allah, miniatur kehidupan, melatih berbagi, melatih kejujuran dan puasa mencetak orang takwa.
  • Tindakan-tindakan yang Mengurangi Pahala Puasa Ramadan
    Tausyiah
    Sabtu, 23 Maret 2024 - 04:10 WIB
    Dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan, ternyata ada tindakan-tindakan yang kita lakukan bisa mengurangi bahkan menghilangkan pahala puasa. Tindakan apa saja itu?
  • Perbuatan Sehari-hari yang Bisa Membatalkan Puasa Ramadan
    Hikmah
    Jum'at, 22 Maret 2024 - 09:14 WIB
    Menunaikan puasa Ramadan, selain sebagai kewajiban umat Islam salah satu fungsinya adalah menahan hawa nafsu. Namun dalam praktiknya, ternyata ada perbuatan-perbuatan yang tanpa sadar dilakukan justru bisa membatalkan puasa
  • Ini Reaksi Will Smith Setelah Khatamkan Al Quran, Memberi Banyak Pelajaran Baru
    Dunia Islam
    Kamis, 21 Maret 2024 - 14:31 WIB
    Aktor Will Smith baru-baru ini sempat membuat pernyataan menarik tentang dirinya yang telah membaca 30 juz atau meng-khatam Al Quran. Hal ini lantas membuat aktor populer Hollywood ini mendapat banyak perhatian, utamanya dari umat muslim.
  • Amalan Wanita Haid di Bulan Ramadan Sesuai Sunnah
    Muslimah
    Kamis, 21 Maret 2024 - 09:04 WIB
    Wanita yang tengah haid pasti sedikit kecewa tidak dapat menjalani kegiatan amal ibadah di bulan Ramadan. Kekecewaan seperti itu, juga pernah dialami ummul mukminin Aisyah radhiyallahuanha
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Kumpulan Doa Penambah Pahala di Bulan Ramadan, Yuk Amalkan!
    Tips
    Kamis, 21 Maret 2024 - 04:05 WIB
    Kumpulan doa penambah pahala di bulan Ramadan penting diketahui umat Muslim. Terlebih, memperbanyak doa menjadi salah satu amalan yang dianjurkan dalam menjalani bulan Ramadan.
  • Dalil-dalil Tentang Ramadan Bulan Penghapusan Dosa
    Hikmah
    Rabu, 20 Maret 2024 - 10:43 WIB
    Bulan Ramadan dikenal sebagai bulan ampunan dan bulan penghapusan dosa. Mengapa disebut demikian? Karena bulan Ramadan merupakan bulan di mana Allah Subhanahu wa Taala mengampuni hamba-hambaNya.
  • Puasa Ramadan Mengajarkan Banyak Hikmah, Salah Satunya Menjauhkan dari Ketamakan
    Hikmah
    Selasa, 19 Maret 2024 - 10:12 WIB
    Puasa Ramadan adalah rangkaian amal terbaik setelah syahadat dan salat. Banyak sekali manfaat dan hikmah ketika seseorang melaksanakan ibadah puasa.
  • Hidayah Ramadan, Bule Kanada Ucap 2 Kalimat Syahadat di Masjid Al Akbar Surabaya
    Dunia Islam
    Selasa, 19 Maret 2024 - 09:53 WIB
    Ramadan selalu penuh hikmah bagi kehidupan seseorang, tak terkecuali bagi warga asing. Sean Adam Duplessis (53) misalnya. Warga Kanada itu, akhirnya memilih menjadi mualaf.
  • Hal-hal yang Tidak Dapat Ampunan di Bulan Ramadan
    Tausyiah
    Senin, 18 Maret 2024 - 10:55 WIB
    Bulan Ramadan adalah bulan ampunan dan penghapusan dosa, namun ternyata ada 3 hal atau perkara yang dilakukan manusia justru tidak mendapat ampunan. Perkara apa saja itu?
  • Tadarus Al Quran : Ada  Sahabat Nabi yang Khatam Hanya dalam Satu Rakaat Salat Saja
    Hikmah
    Kamis, 14 Maret 2024 - 11:50 WIB
    Ada kisah menarik yang penuh hikmah dari para sahabat Nabi Shalallahu alaihi wa sallam. Di bulan Ramadan mereka tidak pernah absen mengisi waktunya untuk tadarus AlQuran bahkan mengkhatamkannya berkali-kali.
  • 10 Amalan Sunnah di Bulan Ramadan yang Diganjar Pahala Ibadah Wajib
    Tausyiah
    Kamis, 14 Maret 2024 - 11:30 WIB
    Pahala amal ibadah di bulan Ramadan akan dilipatkangandakan pahalanya. Bahkan melaksanakan ibadah sunnah pun pahalanya diganjar pahala ibadah wajib.
  • Inilah Asal-usul dan Sejarah Salat Tarawih di Malam Ramadan
    Tausyiah
    Rabu, 13 Maret 2024 - 09:21 WIB
    Malam-malam di bulan Ramadan diramaikan dengan amalan salat tarawih. Mengapa salat tarawih hanya ada di bulan Ramadan, dan bagaimana asal usul serta sejarahnya?
  • Beragam Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh
    Hikmah
    Rabu, 13 Maret 2024 - 09:04 WIB
    Bersamaan dengan perintah Allah SWT tentang kewajiban untuk melaksanakan puasa di Bulan Ramadan, Allah telah menyiapkan berbagai keutamaannya didalamnya.
  • 5 Tips Melatih Anak Berpuasa Ramadan Sejak Dini
    Muslimah
    Selasa, 12 Maret 2024 - 11:17 WIB
    Si kecil ingin belajar puasa Ramadan? Orang tua wajib mendukung dan melatihnya, apalagi bagi anak kecil yang belum mukallaf (baligh) untuk turut beribadah puasa wajib di bulan suci tersebut.
  • Hikmah Ramadan Memberikan Berbagai Kemudahan
    Hikmah
    Selasa, 12 Maret 2024 - 10:04 WIB
    Islam akan membawa kemudahan pada umatnya. Kemudahan ini dapat dibuktikan dalam syariat puasa Ramadan yang tengah dijalankan kaum muslim saat ini.
  • Marhaban ya Ramadan: Mengapa bukan Ahlan wa Sahlan? Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Senin, 11 Maret 2024 - 16:28 WIB
    Walaupun keduanya berarti selamat datang tetapi penggunaannya berbeda. Para ulama tidak menggunakan ahlan wa sahlan untuk menyambut datangnya bulan Ramadan, melainkan marhaban ya Ramadhan.
  • Mustajabnya Doa di Waktu Buka Puasa dan Waktu Sahur, Jangan Lupa Amalkan!
    Tausyiah
    Senin, 11 Maret 2024 - 12:51 WIB
    Semua waktu di bulan Ramadan adalah waktu mustajab untuk berdoa. Namun ada dua waktu yang jangan dilewatkan untuk berdoa terlebih dahulu, yang doanya langsung menembus langit, yakni waktu saat berbuka puasa dan waktu sahur
  • Bacaan Niat Puasa Ramadan 2024 Lengkap
    Tips
    Senin, 11 Maret 2024 - 10:35 WIB
    Bacaan niat puasa Ramadan 2024 ini penting diketahui kaum muslim yang akan menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Berikut lafaz niat puasa Ramadan 2024 lengkap-bacaan latin dan artinya.
  • Asal Usul dan Sejarah Disyariatkannya Puasa Ramadan
    Hikmah
    Senin, 11 Maret 2024 - 10:10 WIB
    Bagaimana sebenarnya asal usul dan sejarah disyariatkannya puasa Ramadan? Berikut penjelasannya yang dikutip dari buku Bekal Ramadhan dan Idul Fitri : Menyambut Ramadhan.