Kumpulan Artikel: Kisah Siti Hajar

  • Kisah Hikmah : Belajar...
    Muslimah
    Minggu, 27 November 2022 - 11:02 WIB
    Kehadiran Siti Hajar dalam kehidupan Nabi Ibrahim Alaihissalam, berkat istri pertamanya Sarah. Siti Hajar pada awalnya merupakan budak yang membantu Sarah, istri Nabi Ibrahim tersebut.
  • Kisah Siti Hajar Berlari...
    Hikmah
    Rabu, 22 Juni 2022 - 05:15 WIB
    Kisah Siti Hajar berlari bolak-balik dari Shafa ke Marwah hingga 7 kali, kini menjadi salah satu rukun haji yang wajib dilaksanakan umat Islam yang melaksanakan haji, yaitu sai.
  • Kisah Sedih Siti Hajar...
    Hikmah
    Rabu, 30 Maret 2022 - 05:15 WIB
    Pada saat itu di Mekkah belum berpenghuni. Daerah itu tandus. Tak ada mata air. Nabi Ibrahim meninggalkan begitu saja Siti Hajar dan Ismail di sini.
  • Meneladani Ibrahim (3):...
    Tausyiah
    Kamis, 29 Juli 2021 - 19:45 WIB
    Ibrahim alaihissalam meninggalkan tanah kelahirannya dan menetap di kota baru yang Allah tetapkan. Kota itulah yang belakangan dikenal sebagai kota suci yang mulia.
  • Begini Kisah Nabi Ibrahim...
    Hikmah
    Selasa, 06 Oktober 2020 - 11:39 WIB
    Apa yang disebutkan di dalam hadis tentang keadaan Hajar, habisnya air, sai Hajar di antara Shafa dan Marwah, datangnya Jibril yang memancarkan air, dan perincian-perincian lain tidaklah disinggung dalam Taurat.
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Kisah Pilu Tatkala Siti...
    Hikmah
    Selasa, 06 Oktober 2020 - 07:21 WIB
    Rasulullah SAWmenyampaikan kepada kita bahwa dalam kepergiannya Hajar menyeret bajunya di belakangnya untuk menghapus jejak kakinya agar Sarah tidak mengetahui ke mana dia pergi.
  • Idul Adha, Kurban, dan...
    Hikmah
    Rabu, 05 Agustus 2020 - 08:10 WIB
    Nabi Ibrahim AS adalah yang meletakkan fondasi bagi kebangkitan Khaer Ummah yang menjadi representasi para nabi dan rasul dalam mengemban amanah risalah samawi ini.
  • Cobaan Nabi Ibrahim...
    Hikmah
    Sabtu, 25 April 2020 - 15:30 WIB
    Cobaan Nabi Ishaq, dalam hal keturunan, amatlah mirip dengan ayahandanya, Nabi Ibrahim. Nabi Ibrahim dikaruniai putra dari istrinya, Siti Sarah, pada saat usianya hampir 100 tahun.
  • Tatkala Siti Sarah Bersumpah...
    Hikmah
    Jum'at, 24 April 2020 - 07:54 WIB
    Siti Hajar seringkali berani menentang omongan Siti Sarah. Saking jengkelnya, Siti Sarah mengucapkan sumpah yang berat, yaitu akan memotong daging Siti Hajar.
  • Raja Mesir Memaksa Menikahi...
    Hikmah
    Kamis, 23 April 2020 - 10:55 WIB
    Setelah raja mendekati Sarah dan hendak meraba dengan tangannya, tangan itu jadi kaku. Raja pun bertaubat sehingga tangannya bisa digerakkan kembali.
  • Begini Cara Ibrahim...
    Hikmah
    Rabu, 15 April 2020 - 13:41 WIB
    Istri Ismail bercerita ada lelaki tua datang. Dia bertanya ihwal kehidupan mereka. Aku pun menceritakannya bahwa kita hidup dalam kepayahan dan kesusahan.