Topik Terkait: Bunuh Diri

  • Meruqyah Diri Sendiri dan Tata Caranya
    Muslimah
    Senin, 15 Februari 2021 - 08:48 WIB
    Ruqyah seharusnya menjadi pilihan pertama pengobatan tatkala seorang muslim tertimpa penyakit. Sebagai sarana penyembuhan, ruqyah tidak boleh diremehkan keberadaannya.
  • 3 Tahapan Memperbaiki Diri, Nomor Terakhir Lingkungan Pergaulan Ikut Menentukan
    Tips
    Rabu, 20 Juli 2022 - 17:36 WIB
    Dalam Islam, ada beberapa cara untuk memperbaiki hidup. Cara tersebut sebagai bentuk ikhtiar kita untuk kehidupan yang lebih baik. Sebab Allah Taala juga tidak akan mengubah kondisi hamba-Nya hingga ia berusaha mengubah dirinya sendiri.
  • 4 Cara Mengetahui Aib Diri Sendiri
    Tips
    Senin, 29 November 2021 - 09:10 WIB
    Jangan pernah sibuk mencari-cari aib orang lain, namun sibukkan diri ini untuk memeriksa dan menghitung aib sendiri saja. Niscaya hal itu sudah menghabiskan waktu tanpa sempat memikirkan dan mencari tahu aib orang lain
  • Bercermin, Berdialog dengan Diri Sendiri
    Muslimah
    Jum'at, 04 Desember 2020 - 16:03 WIB
    Bercermin. Setiap orang pasti senang melakukannya, apalagi kaum perempuan. Saat becermin, kita merasakan nikmat dan tidak pernah bosan. Sekali pun wajah yang kita lihat di cermin, tetap itu-itu juga.
  • Pengetahuan Tentang Diri Kunci Pengetahuan Tentang Tuhan (3-Habis)
    Tausyiah
    Senin, 22 Juni 2020 - 04:40 WIB
    Suatu bagian penting dari pengetahuan kita tentang Tuhan timbul dari kajian dan renungan atas jasad kita sendiri yang menampakkan pada kita kebijaksanaan, kekuasaan, serta cinta Sang Pencipta.
  • Akhlak Muslim, Pentingnya Mengenal Diri Sendiri
    Hikmah
    Kamis, 09 November 2023 - 10:28 WIB
    Seringkali kita pandai menilai orang lain, namun sebaliknya justru tidak mengenal akan diri sendiri. Padahal, sebagai bagian dari akhlak muslim, kita perlu mengetahui siapa diri kita dan bagaimana sebenarnya jati diri kita sendiri.
  • Pentingnya Tafakuri Diri
    Muslimah
    Minggu, 08 November 2020 - 07:24 WIB
    Manusia mudah sekali terpukau dengan keindahan alam. Sehingga menafakuri alam menjadi hal termudah untuk menemukan keagungan Allah Taala, Sang Pencipta Alam Semesta. Namun, manusia sering sekali lalai menafakuri penciptaan dirinya
  • Salamah bin Al-Akwa: Saudaranya Dianggap Mati Bunuh Diri Padahal Penghuni Surga
    Hikmah
    Kamis, 09 September 2021 - 13:19 WIB
    Salamah bin al-Akwa sempat uring-uringan karena omongan sahabat nabi lainnya yang menganggap saudaranya tewas dalam perang sebagai tewas karena bunuh diri sehingga tidak mendapatkan pahala syahid.
  • 4 Cara Memperbaiki Diri Sendiri Menurut Imam Al-Ghazali
    Tausyiah
    Kamis, 28 April 2022 - 22:35 WIB
    Hari-hari terakhir Ramadhan ini hendaknya dimanfaatkan untuk memperbanyak muhasabah dan memperbaiki hubungan kita kepada Allah dan sesama manusia.
  • Kimia Kebahagiaan Al-Ghazali: Pengetahuan tentang Diri Kunci Pengetahuan tentang Tuhan
    Tausyiah
    Senin, 09 Mei 2022 - 05:15 WIB
    Pengetahuan tentang diri adalah kunci pengetahuan tentang Tuhan, sesuai dengan Hadis: Dia yang mengetahui dirinya sendiri, akan mengetahui Tuhan,
  • Pengetahuan tentang Diri yang Sebenarnya Menurut Imam Al-Ghazali
    Tausyiah
    Kamis, 16 Februari 2023 - 13:58 WIB
    Tidak ada yang lebih dekat kepada anda kecuali diri anda sendiri. Jika anda tidak mengetahui diri anda sendiri, bagaimana anda bisa mengetahui segala sesuatu yang lain.
  • Ayat-ayat Al-Quran tentang Anjuran Muhasabah Diri
    Muslimah
    Jum'at, 23 Desember 2022 - 19:30 WIB
    Allah Subhanahu wa taala memerintahkan hamba-hambanya untuk selalu mawas diri dan menjauhi larangan-laranganNya. Caranya dengan selalu melakukan muhasabah diri
  • Pahala Luar Biasa dari Menyibukkan Diri dengan Allah di Waktu Pagi dan Petang
    Muslimah
    Minggu, 18 April 2021 - 15:00 WIB
    Sebagai muslim, kita dianjurkan untuk selalu berzikir terutama di setiap pagi dan petang. Ada pahala luar biasa, bila kita rutin melakukan zikir di waktu tersebut dan betul-betul zikir seorang hamba kepada Allah semata.
  • Akhir Tragis Pemimpin Israel yang Membantai Warga Palestina, Ada yang Koma Hingga Bunuh Diri
    Dunia Islam
    Selasa, 07 November 2023 - 19:16 WIB
    Masih ingat Ariel Sharon, mantan Perdana Menteri Israel yang mati mengenaskan setelah koma delapan tahun. Tak hanya menderita stroke, Sharon juga dihantui mimpi buruk selama hidupnya.
  • Pengetahuan Tentang Diri Kunci Pengetahuan Tentang Tuhan (1)
    Tausyiah
    Sabtu, 20 Juni 2020 - 12:52 WIB
    Tidak ada yang lebih dekat kepada anda kecuali diri anda sendiri. Jika anda tidak mengetahui diri anda sendiri, bagaimana anda bisa mengetahui segala sesuatu yang lain?
  • Jelang Pergantian Tahun, Lakukan 4 Hal ini Sebagai Muhasabah Diri
    Hikmah
    Sabtu, 09 Desember 2023 - 20:57 WIB
    Saat ini kita berada di akhir 2023 yang sebentar lagi akan memasuki Tahun Baru 2024. Momentum ini hendaknya dijadikan sebagai Muhasabah untuk menjadi pribadi yang lebih baik.
  • Surat Yasin Ayat 45-46: Pentingnya Introspeksi Diri untuk Menatap Masa Depan
    Tausyiah
    Jum'at, 07 Januari 2022 - 07:50 WIB
    Surat Yasin ayat 45-46 membicarakan tentang bagaimana al-Quran mengajarkan manusia untuk selalu introspeksi diri melalui dua hal untuk menatap masa depan.
  • Anjuran Muhasabah Diri Setiap Hari dan Cara Melakukannya
    Tips
    Selasa, 24 Mei 2022 - 17:40 WIB
    Allah Subhanahu wa taala memerintahkan setiap hamba-Nya untuk selalu bertakwa, caranya dengan selalu melakukan muhasabah diri setiap hari. Merenungi bahwa Allah Taala tidaklah menciptakan manusia tanpa ada tujuan.
  • Pengetahuan Tentang Diri Kunci Pengetahuan Tentang Tuhan (2)
    Tausyiah
    Minggu, 21 Juni 2020 - 04:34 WIB
    Menurut Imam Ghazali, sementara hati para nabi dan wali, meskipun mereka juga mempunyai nafsu seperti kita, sangat peka terhadap segenap kesan-kesan ilahiah
  • Berhias Diri dengan Sifat Tawadhu
    Muslimah
    Senin, 20 Juli 2020 - 18:42 WIB
    Agar dapat tampil cantik secara jasmani, muslimah perlu memperhatikan kebersihan tubuh, menutup aurat, dan menggunakan pakaian yang sopan. Sedangkan cantik secara rohani yaitu, menjaga ketaatan hati pada Allah Taala dan amalnya.