Topik Terkait: Intropeksi Diri

  • Akhlak Muslim, Pentingnya Mengenal Diri Sendiri
    Hikmah
    Kamis, 09 November 2023 - 10:28 WIB
    Seringkali kita pandai menilai orang lain, namun sebaliknya justru tidak mengenal akan diri sendiri. Padahal, sebagai bagian dari akhlak muslim, kita perlu mengetahui siapa diri kita dan bagaimana sebenarnya jati diri kita sendiri.
  • Meruqyah Diri Sendiri dan Tata Caranya
    Muslimah
    Senin, 15 Februari 2021 - 08:48 WIB
    Ruqyah seharusnya menjadi pilihan pertama pengobatan tatkala seorang muslim tertimpa penyakit. Sebagai sarana penyembuhan, ruqyah tidak boleh diremehkan keberadaannya.
  • 3 Tahapan Memperbaiki Diri, Nomor Terakhir Lingkungan Pergaulan Ikut Menentukan
    Tips
    Rabu, 20 Juli 2022 - 17:36 WIB
    Dalam Islam, ada beberapa cara untuk memperbaiki hidup. Cara tersebut sebagai bentuk ikhtiar kita untuk kehidupan yang lebih baik. Sebab Allah Taala juga tidak akan mengubah kondisi hamba-Nya hingga ia berusaha mengubah dirinya sendiri.
  • Pentingnya Tafakuri Diri
    Muslimah
    Minggu, 08 November 2020 - 07:24 WIB
    Manusia mudah sekali terpukau dengan keindahan alam. Sehingga menafakuri alam menjadi hal termudah untuk menemukan keagungan Allah Taala, Sang Pencipta Alam Semesta. Namun, manusia sering sekali lalai menafakuri penciptaan dirinya
  • Muhasabah Diri dan Dalil-dalilnya dalam Al-Quran
    Muslimah
    Jum'at, 31 Desember 2021 - 19:40 WIB
    Seorang muslim diperintahkan untuk selalu mawas diri untuk melaksanakan segala perintah Allah Subhanahu wa ta ala dan menjauhi larangan-Nya. Caranya dengan selalu melakukan muhasabah diri
  • Penyakit Rendah Diri
    Muslimah
    Rabu, 11 November 2020 - 09:00 WIB
    Sungguh kasihan orang-orang yang terjebak dalam cara berpikir salah, sehingga membuahkan suatu penyakit yang sangat merugikan dirinya. Lantas penyakit apakah itu?
  • 4 Cara Mengetahui Aib Diri Sendiri
    Tips
    Senin, 29 November 2021 - 09:10 WIB
    Jangan pernah sibuk mencari-cari aib orang lain, namun sibukkan diri ini untuk memeriksa dan menghitung aib sendiri saja. Niscaya hal itu sudah menghabiskan waktu tanpa sempat memikirkan dan mencari tahu aib orang lain
  • Pengetahuan tentang Diri yang Sebenarnya Menurut Imam Al-Ghazali
    Tausyiah
    Kamis, 16 Februari 2023 - 13:58 WIB
    Tidak ada yang lebih dekat kepada anda kecuali diri anda sendiri. Jika anda tidak mengetahui diri anda sendiri, bagaimana anda bisa mengetahui segala sesuatu yang lain.
  • Muhasabah Diri Setiap Hari
    Muslimah
    Rabu, 24 Maret 2021 - 17:32 WIB
    Setiap muslim dan muslimah, diperintahkan selalu mawas diri untuk melaksanakan segala perintah Allah Taala dan menjauhi larangan-Nya. Caranya dengan selalu melakukan muhasabah diri setiap hari
  • 3 Macam Rasa Malu yang Perlu Melekat Pada Diri
    Muslimah
    Sabtu, 03 April 2021 - 16:04 WIB
    Rasa malu adalah benteng pertahanan bagi seluruh akhlak. Ia merupakan keutamaan yang agung dan karenanya perilaku manusia menjadi terarah. Ia adalah pagar yang melindungi tatatnan nilai dan moral.
  • Jemaah Memisahkan Diri dari Imam Saat Sholat Berjamaah, Bolehkah?
    Tausyiah
    Selasa, 04 Juli 2023 - 21:20 WIB
    Memisahkan diri dari Imam saat sholat berjamaah dalam ilmu fiqih disebut Mufaraqah. Bolehkah seorang jemaah memisahkan diri dari Imam ketika sholat berjamaah?
  • Larangan Mengumbar Aib Diri dan Orang Lain, Begini Penjelasanya
    Muslimah
    Sabtu, 13 Agustus 2022 - 06:31 WIB
    Islam mengajarkan kita untuk menutup aib diri sendiri, begitu juga menutup aib orang lain. Bahkan, perintah untuk tidak mengumbar aib dan keburukan menjadi salah satu penyebab turunnya ayat Al-Quran, yakni Surat Al Hujurat ayat 12.
  • Inilah Cara Melihat Aib Diri Sendiri
    Muslimah
    Minggu, 13 September 2020 - 09:00 WIB
    Setiap manusia, pasti memiliki kekurangan, aib, cacat, dan cela. Maka sibukkan diri ini untuk memeriksa dan menghitung aib sendiri saja, niscaya hal itu sudah menghabiskan waktu tanpa sempat memikirkan dan mencari tahu aib orang lain.
  • Kesempatan Muhasabah Diri di Waktu Akhir Ramadhan
    Muslimah
    Minggu, 09 Mei 2021 - 14:22 WIB
    Ada kekhawatiran yang sangat ketika Ramadhan yang akan usai, namun amal-amal yang telah dikerjakan ini teryata ditolak oleh Allah subhanahu wa taala. Bagaimana bila hal ini terjadi?
  • Islam Menganjurkan Umatnya Percaya Diri, Ini Dalilnya!
    Hikmah
    Kamis, 23 November 2023 - 09:48 WIB
    Dalam Islam, seorang muslim dianjurkan mempunyai rasa kepercayaan diri yang baik. Sebab, kepercayaan diri ini adalah salah satu sifat orang bertakwa.
  • Inilah Perawatan Diri Muslimah yang Disunnahkan
    Muslimah
    Jum'at, 06 November 2020 - 18:06 WIB
    Salah satu perawatan kecantikan pada unsur jasmani ini, ada beberapa sunnah yang bisa dilakukan kaum muslimah untuk menjaga kecantikan raga dan jasmaninya
  • Profil Aaron Bushnell, Tentara AS yang Bakar Diri di Depan Kedubes Israel
    Dunia Islam
    Senin, 04 Maret 2024 - 16:30 WIB
    Aaron Bushnell, anggota Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) membakar dirinya sendiri di depan Kedutaan Besar Israel di Washington, Minggu (25/2/2024). Siapa sebenarnya Aaron Bushnell ini?
  • Jauhi Pesta Malam Tahun Baru, Saatnya Muhasabah dan Perbaiki Diri
    Tausyiah
    Sabtu, 31 Desember 2022 - 14:58 WIB
    Pesta malam tahun baru bukanlah tradisi Islam. Seorang muslim hendaknya menyikapi pergantian tahun baru dengan cara yang bijak yaitu memperbanyak muhasabah dan memperbaiki diri.
  • Pahala Luar Biasa dari Menyibukkan Diri dengan Allah di Waktu Pagi dan Petang
    Muslimah
    Minggu, 18 April 2021 - 15:00 WIB
    Sebagai muslim, kita dianjurkan untuk selalu berzikir terutama di setiap pagi dan petang. Ada pahala luar biasa, bila kita rutin melakukan zikir di waktu tersebut dan betul-betul zikir seorang hamba kepada Allah semata.
  • Beginilah Tata Cara Meruqyah untuk Diri Sendiri Sesuai Syariat
    Tips
    Rabu, 05 Januari 2022 - 08:36 WIB
    Ruqyah bukan merupakan pengobatan alternatif, namun salah satu metode pengobatan yang dianjurkan Rasulullah SAW. Karenanya, sebagai sarana penyembuhan, ruqyah tidak boleh diremehkan keberadaannya.