Topik Terkait: Dasar Tahlil

  • Susunan Bacaan Tahlil Beserta Artinya Sesuai Sunnah
    Tips
    Minggu, 24 Juli 2022 - 07:30 WIB
    Susunan bacaan Tahlil beserta artinya sesuai sunnah sering dibaca untuk mendoakan ahli kubur atau orang yang baru meninggal dunia. Tahlil merupakan dzikir paling afdhol (utama).
  • Bacaan Surat Yasin dan Tahlil Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Terjemahan
    Tausyiah
    Minggu, 27 Agustus 2023 - 17:44 WIB
    Bacaan Surat Yasin dan Tahlil lengkap bahasa Arab, latin dan terjemahan Indonesia adalah amalan yang dianjurkan karena bertabur pahala dan keutamaan.
  • Surat Yasin dan Tahlil Arab Lengkap dengan Latinnya
    Tips
    Sabtu, 14 Agustus 2021 - 17:22 WIB
    Surat Yasin dan Tahlil Arab lengkap bacaan latinnya perlu diketahui dan diamalkan oleh kaum muslimin. Berikut bacaan Yasin dan Tahlil lengkap dengan latinnya.
  • Bacaan Tahlil, Tasbih, Tahmid, dan Takbir untuk Zikir
    Tips
    Senin, 22 April 2024 - 15:16 WIB
    Berzikir merupakan amalan untuk selalu mengingat Allah SWT sekaligus bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan. Bacaan zikir yang dianjurkan adalah tahlil, tasbih, tahmid dan takbir.
  • Bacaan Tahlil Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Terjemahannya
    Tips
    Selasa, 19 Maret 2024 - 16:28 WIB
    Bacaan Tahlil ini merupakan bacaan tertentu yang dilakukan secara bersama-sama dan dipimpin oleh seorang pemuka agama. Kegiatan membaca bacaan ini sendiri sudah menjadi tradisi keagamaan di sejumlah wilayah di Indonesia.
  • Seputar Tahlil: Beda Pendapat Para Ulama dan Bacaan Lengkap
    Tausyiah
    Rabu, 09 Desember 2020 - 18:15 WIB
    Ulama berbeda pendapat tentang hukum menghadiahkan bacaan Al-Quran dan kalimat thayyibah kepada mayit. Sebagian ulama mazhab Maliki, misalnya, melarang praktik semacam itu.
  • Bacaan Tahlil Singkat dan Lengkap Sesuai Sunnah
    Tips
    Selasa, 25 April 2023 - 12:48 WIB
    Bacaan tahlil singkat dan lengkap ini sesuai sunnah yang diajarkan Nabi Shallallahu alaihi wa sallam. Bacaan tahlil ini sering dibaca untuk mendoakan ahli kubur atau orang yang baru meninggal dunia.
  • Rangkaian Bacaan Tawassul Tahlil Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya
    Tips
    Rabu, 20 September 2023 - 09:39 WIB
    Bacaan tawasul tahlil ini kerap dilantunkan dalam rangkaian tahlil. Tujuan dibacakannya adalah supaya segala bentuk doa dan zikir yang dipanjatkan nantinya akan sampai pada orang yang sudah meninggal.
  • Tahlilan Sesat dan Bikin Kafir? Begini Jawaban Gus Baha
    Tausyiah
    Rabu, 06 Oktober 2021 - 15:48 WIB
    Benarkah tahlilan sebagai amalan yang sesat bahkan menjadikan seseorang kafir? Gus Baha menganggap mereka yang berpendapat demikian sebagai orang yang aneh.
  • PBNU Gelar Tahlil Buya Syafii, Gus Ulil: Ini Peristiwa Tak Biasa
    Dunia Islam
    Jum'at, 03 Juni 2022 - 17:22 WIB
    Lakpesdam PBNU dan Lajnah Talif wan Nasyr (LTN) PBNU menggelar tahlil dan doa bersama untuk dua tokoh penting yakni KH Abbas Muin dan Buya Ahmad Syafii Maarif.
  • Bacaan Tahlil dan Doa Arwah, Lengkap Arab dan Terjemahannya
    Hikmah
    Selasa, 08 Agustus 2023 - 16:39 WIB
    Bacaan tahlil dan doa arwah biasanya diamalkan oleh masyarakat Islam untuk mendoakan jenazah dan ahli kubur yang sudah meninggal. Umumnya, pembacaan tahlil dilakukan dalam peringatan 1-7 hari, 15 hari, 40 hari, 100 hari, dan 1000 hari.
  • Bacaan Hadoroh Tahlil Arab dan Latin
    Tips
    Senin, 27 November 2023 - 09:32 WIB
    Bacaan hadoroh tahlil dalam bahasa Arab dan latin ini, bisa diamalkan umat muslim dengan mudah. Istilah hadoroh, merujuk pada bacaan yang biasa dilantunkan umat Muslim sebelum membaca Surat Yasin
  • Bacaan Tahlil dan Doa Arwah Lengkap
    Tips
    Senin, 27 November 2023 - 09:13 WIB
    Bacaan tahlil dan doa arwah biasanya diamalkan oleh masyarakat Islam untuk mendoakan jenazah dan ahli kubur yang sudah meninggal. Umumnya, pembacaan tahlil dilakukan dalam peringatan 1-7 hari, 40, 100 dan 1.000 hari.
  • 5 Ilmuwan Muslim, Peletak Ilmu Dasar Teknologi Kecantikan Masa Kini
    Dunia Islam
    Jum'at, 18 Juni 2021 - 17:03 WIB
    Di era modern saat ini, tak dipungkiri kaum wanita yang melakukan perawatan kecantikan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada seperti sulam alis, extension bulu mata, sedot lemak hingga operasi plastik.
  • Amalan Penghapus Dosa dan Pembuka Pintu Surga
    Tips
    Senin, 26 Juli 2021 - 21:24 WIB
    Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam mengajarkan satu kalimat agung yang fadhillahnya dapat menghapus dosa dan membuka pintu surga. Berikut amalannya.
  • Cara Menghitung 1.000 Hari Orang Meninggal Beserta Hukum Tahlilan
    Tips
    Rabu, 17 April 2024 - 19:27 WIB
    Panduan lengkap mengenai cara menghitung 1000 hari orang meninggal, beserta rumus yang diperlukan dan prinsip tahlilan yang menarik, akan dijelaskan dengan cermat dalam artikel ini.
  • Sejumlah Hadis yang Menjadi Dasar Wajibnya Sujud Sahwi
    Tausyiah
    Kamis, 21 Januari 2021 - 13:10 WIB
    Secara istilah, sujud sahwi adalah sujud yang dilakukan di akhir salat untuk menutupi cacat dalam salat karena meninggalkan sesuatu yang diperintahkan.
  • Pandangan Islam Terhadap Tradisi Tahlilan dan Yasinan, Bolehkah?
    Tausyiah
    Minggu, 07 Februari 2021 - 17:46 WIB
    Di berbagai daerah di Indonesia, kalangan muslim sering menggelar Tahlilan, Yasinan, ulang tahun, haul atau selamatan dan ritual lainnya. Bagaimana pandangan Islam terhadap hal ini?
  • Makna Syaiun Lillah Sebelum Membaca Al-Fatihah
    Tausyiah
    Kamis, 04 Mei 2023 - 22:53 WIB
    Dalam bertawasul kita sering mendengar ucapan Syaiun lillah lahumul fatihah. Apakah ada landasannya dan seperti apa artinya? Berikut penjelasannya.
  • Inilah 5 Dasar Akhlak Mulia
    Muslimah
    Kamis, 05 Agustus 2021 - 13:14 WIB
    Seorang muslim dituntut untuk selalu memperbaiki akhlak serta kondisi keilmuan pribadi masing-masing. Bukan hanya sekedar ilmu duniawi, lebih dari itu, yakni ilmu agama.