Surat Yasin dan Tahlil Arab Lengkap dengan Latinnya

Sabtu, 14 Agustus 2021 - 17:22 WIB
loading...
Surat Yasin dan Tahlil Arab Lengkap dengan Latinnya
Yasinan dan Tahlilan merupakan tradisi yang baik karena di dalamnya membaca serangkaian ayat Al-Quran dan kalimat thayyibah. Foto/dok SINDOnews
A A A
Surat Yasin dan Tahlil Arab lengkap bacaan latinnya perlu diketahui dan diamalkan oleh kaum muslimin sebagai ikhtiar untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Sebagaimana lazimnya di kalangan muslim Indonesia, sering menggelar Tahlilan, Yasinan, haul atau acara selamatan dan hajatan lainnya. Membaca Yasin dan tahlilan merupakan bagian dari dzikir dan amal saleh. Apalagi yang dibaca berasal dari Al-Qur'an dan kalimat dzikir yang biasa dibaca Nabi dan para Sahabat.

Salah satu keutamaan Yasin disebutkan dalan Hadis berikut: Al-Hafizh Abu Ya’la berkata, Ishaq bin Abi Isra’il meriwayatkan kepada kami, Hajjaj bin Muhammad meriwayatkan kepada kami, dari Hisyam bin Ziyad, dari al-Hasan, ia berkata, 'Saya mendengar Abu Hurairah berkata, '‘Rasulullah SAW bersabda: "Siapa yang membaca Surat Yasin pada suatu malam, maka pada pagi harinya ia diampuni. Dan siapa yang membaca Surat Ha Mim yang di dalamnya ada ad-Dukhan, maka pada pagi harinya ia diampuni". Imam Ibnu Katsir memberikan komentar: جيد إسناد [Sanad Jayyid] artinya baik.

Rasulullah SAW juga bersabda: "Bacakanlah Surat Yasin kepada orang yang sudah mati di antara kamu". Maksudnya adalah bacakanlah Surat Yasin. (Diriwayatkan oleh Abu Daud, an-Nasa’i dalam al-Yaum wa alLailah, Ibnu Majah dari Abdullah bin al-Mubarak

Berikut bacaan Surat Yasin dan Tahlil lengkap dengan tulisan latinnya.

Surat Yasin

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ


يسٓ

Yā Sīn
1. Yaa Siin

وَٱلْقُرْءَانِ ٱلْحَكِيمِ
wal-qur`ānil-ḥakīm

2. Demi Al Quran yang penuh hikmah,

إِنَّكَ لَمِنَ ٱلْمُرْسَلِينَ
innaka laminal-mursalīn

3. Sesungguhnya kamu salah seorang dari rasul-rasul,

عَلَىٰ صِرَٰطٍ مُّسْتَقِيمٍ
‘alā ṣirāṭim mustaqīm

4. (yang berada) diatas jalan yang lurus,

تَنزِيلَ ٱلْعَزِيزِ ٱلرَّحِيمِ
tanzīlal-‘azīzir-raḥīm

5. (sebagai wahyu) yang diturunkan oleh Yang Maha Perkasa lagi Maha Penyayang,

لِتُنذِرَ قَوْمًا مَّآ أُنذِرَ ءَابَآؤُهُمْ فَهُمْ غَٰفِلُونَ
litunżira qaumam mā unżira ābā`uhum fa hum gāfilụn

6. Agar kamu memberi peringatan kepada kaum yang bapak-bapak mereka belum pernah diberi peringatan, karena itu mereka lalai.

لَقَدْ حَقَّ ٱلْقَوْلُ عَلَىٰٓ أَكْثَرِهِمْ فَهُمْ لَا يُؤْمِنُونَ
laqad ḥaqqal-qaulu ‘alā akṡarihim fa hum lā yu`minụn

7. Sesungguhnya telah pasti berlaku perkataan (ketentuan Allah) terhadap kebanyakan mereka, karena mereka tidak beriman.
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2373 seconds (0.1#10.140)