Kumpulan Artikel: Mengenal Takdir

  • Dialog tentang Takdir antara Imam Chirri dan Prof Wilson
    Tausyiah
    Selasa, 26 Desember 2023 - 14:55 WIB
    Prof Wilson mengatakan ayat-ayat ini menunjukkan pertentangan dengan ayat-ayat yang anda kutip. Ini menyebabkan keragu-raguan dan melahirkan sebuah dilemma (masalah).
  • Islam Menganjurkan Kebebasan Manusia, Begini Penjelasan Imam Chirri
    Tausyiah
    Senin, 25 Desember 2023 - 13:43 WIB
    Pertentangan lama masih ada dan membagi manusia menjadi dua bagian: ada yang berpegang pada kebebasan manusia, dan yang lain berpegang pada takdir.
  • Sikap Muslim Menghadapi Takdir Buruk Menurut Imam Ibnu Qayyim
    Hikmah
    Minggu, 27 Agustus 2023 - 10:40 WIB
    Segala takdir bagi seorang muslim hendaknya dipercaya hanya dari Allah semata. Baik takdir baik maupun takdir yang buruk. Lantass bagaimana menyikapi takdir ini, terutama bila terjadi takdir yg buruk?
  • Apakah Rezeki Telah Ditulis di Lauh Mahfudz? Begini Penjelasan Syaikh Al-Utsaimin
    Tausyiah
    Jum'at, 18 Agustus 2023 - 09:09 WIB
    Apakah rezeki dan jodoh juga telah tertulis di Lauh Mahfudz? Syaikh Al-Utsaimin menjelaskan segala sesuatu sejak awal terciptanya qalam sampai tiba hari kiamat telah tertulis di Lauh Mahfudz.
  • 4 Macam  Penulisan Takdir Manusia yang Penting Diketahui
    Hikmah
    Selasa, 06 Juni 2023 - 13:58 WIB
    Ada 4 macam penulisan takdir yang perlu diketahui manusia sebagaimana diterangkan dalam ringkasan Hadis Arbain An-Nawawi yang disyarah oleh Syekh Sholeh Alu Sayikh dan disusun Ustaz Abu Isa Abdulloh bin Salam
  • Doa Memohon Takdir yang Baik Lengkap dengan Artinya
    Tips
    Selasa, 23 Mei 2023 - 18:30 WIB
    Sebagai muslim, kita selalu berharap mendapatkan takdir yang baik serta mendapatkan pertolongan dari Allah taala. Dan, takdir seseorang dapat diubah menjadi lebih baik, bila kita selalu menyelipkan doa-doa yang tulus dan terus berikhtiar.
  • Mengimani Qadha dan Qadar, Mengenal 5 Jenis Takdir Manusia
    Hikmah
    Sabtu, 11 Maret 2023 - 05:15 WIB
    Salah satu dari rukun iman adalah percaya dan yakin terhadap takdir yang telah Allah tetapkan, yakni qadha dan qadharnya. Lalu bagaimana dengan takdir? Adakah perbedaannya?
  • Pendapat Ibnu Qayyim tentang Penetapan Takdir Sebelum Bumi Diciptakan
    Tausyiah
    Selasa, 13 Desember 2022 - 16:04 WIB
    Salah satu prinsip dasar keimanan dari agama Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam adalah beriman kepada al-qadar atau mempercayai takdir Allah Subhanahu wa Taala.
  • Makna Ucapan Umar bin Khattab, Lari dari Takdir Tuhan kepada Takdir-Nya yang Lain
    Tausyiah
    Selasa, 26 Juli 2022 - 14:15 WIB
    Muhammad Quraish Shihab mengatakan peristiwa-peristiwa yang terjadi di alam raya ini, dan sisi kejadiannya, dalam kadar atau ukuran tertentu, pada tempat dan waktu tertentu, disebut takdir.
  • Ketika Takdir Menjadi Komoditas Politik Muawiyah
    Tausyiah
    Senin, 25 Juli 2022 - 18:45 WIB
    Tatkala Muawiyah bin Abi Sufyan menggantikan Ali ibn Abi Thalib sebagai khalifah, ia menulis surat kepada salah seorang sahabat Nabi, menanyakan, Apakah doa yang dibaca Nabi setiap selesai sholat?
  • Takdir Manusia di Lauhul Mahfuzh dan Doa Umar Bin Khattab
    Hikmah
    Minggu, 23 Januari 2022 - 20:37 WIB
    Semua kejadian di alam ini termasuk takdir manusia telah ditetapkan dan tertulis di Lauhul Mahfuzh. Setiap hari Allah memeriksanya sebanyak 360 kali pemeriksaan.
  • Nasib Manusia Sudah Ditetapkan, Ada 4 Macam Penulisan Takdir
    Tausyiah
    Sabtu, 31 Juli 2021 - 14:52 WIB
    Nasib manusia sudah ditetapkan oleh Allah sebagai Zat pencipta alam semesta. Ada 4 macam penulisan takdir yang perlu diketahui dan diimani oleh seorang muslim.
  • Pengertian Takdir Mubram dan Contohnya, Bisakah Diubah?
    Santri
    Jum'at, 28 Mei 2021 - 13:57 WIB
    Pengertian takdir mubram secara bahasa adalah sesuatu yang tidak dapat dielakkan atau sudah pasti. Jadi, takdir mubram adalah ketentuan mutlak dari Allah SWT yang pasti berlaku.
  • Mengenal dan Memahami Macam-Macam Takdir
    Muslimah
    Rabu, 24 Februari 2021 - 18:04 WIB
    Salah satu dari rukun iman ini, adalah percaya dan yakin terhadap takdir yang telah Allah tetapkan, yakni qhada dan qadarnya Allah Taala. Lalu apa beda qadha dengan qadar dan bagaimana dengan takdir itu sendiri?